Travel  

12 Daftar Pilihan Makanan Khas Daerah Makassar Yang Enak dan Paling Wajib Buat Kamu Coba

12 Daftar Pilihan Makanan Khas Daerah Makassar Yang Enak dan Paling Wajib Buat Kamu Coba

tribunwarta.com – Indonesia memang terkenal sebagai salah satu destinasi wisata paling populer di dunia. Tidak hanya kaya akan adat, budaya dan tempat wisata, negara ini juga ditaburi segudang kuliner khas daerah yang sangat menggoda.

Sama halnya dengan Jogja, Tangerang, Bandung, Malang, Jakarta, Bekasi, Medan serta Surabaya, kota Makassar di provinsi Sulawesi Selatan juga mempunyai sederet makanan tradisional yang enak.

Mau tahu apa saja makanan khas Makassar yang terkenal? Nah, pada artikel berikut ini JejakPiknik telah sajikan daftar nama kulinernya lengkap beserta dengan resepnya, cara pembuatannya dan penjelasannya.

1. Coto Makassar

Nah, makanan khas pertama adalah coto Makassar, salah satu kuliner favorit suku Bugis yang konon katanya merupakan hidangan khusus buat kalangan istana di kerajaan Gowa.

Bahan utama kuliner tradisional ini terbuat dari jeroan dan daging sapi, dimana keduanya diolah dengan cara direbus menggunakan cucian beras serta kacang tanah yang sudah dihaluskan.

Setelah direbus, masakan ini diracik kembali menggunakan resep bumbu pilihan agar citarasanya semakin nikmat. Menu tersebut paling enak bila disantap bersama ketupat ataupun buras.

Seperti apakah rasanya? Nah, agar tidak penasaran, langsung saja datang ke warung Coto di jalan Nusantara No.32, Makassar dekat pantai Losari. Disini, seporsi menu ini biasanya dibanderol sekitar Rp.15.000 saja.

2. Kapurung

Makanan khas Makassar berikutnya ini, jika sekilas dilihat dari foto ataupun gambar teksturnya mirip sekali dengan papeda yakni kuliner tradisional kota Maluku dan Papua.

Ciri khasnya sajian tersebut terletak pada bahan dasarnya yang terbuat dari tepung sagu kemudian dimasak dengan aneka macam sayuran ataupun ikan dan daging.

Walaupun termasuk masakan tradisional tapi hidangan ini banyak dijual di warung kaki lima ataupun restoran, salah satu contoh adalah Rumah Makan Aroma Palopo di jalan Kasuari, kota Makassar.

Rumah makan yang menyajikan kapurung bercitarasa top ini tidak perlu lagi diragukan kelezatannya. Selain enak, harganya juga murah berkisar Rp.16.000-Rp.19.000/porsinya, tergantung campurannya.

3. Sop Konro

Selanjutnya ada sop konro, sejenis masakan berkuah berbahan dasar iga sapi dan memiliki citarasa tajam namun tekstur dagingnya begitu lembut.

Menurut keterangan resepnya, cara membuat kuliner hewani satu ini cukup unik dimana iga sapinya terlebih dahulu dibakar kemudian disajikan bersama dengan kuah sop konro.

Dan untuk menikmati citarasa paling top,R.M Sop Konro Karebosi di Jalan Gunung Lompobattang No.41-43 adalah tempatnya. Rumah makan ini sudah sangat terkenal tak hanya terkenal di Makassar dan Sulsel, bahkan kini telah buka cabang di kawasan Bintaro serta Kelapa Gading,Jakarta.

Selain karena citarasa sop konronya enak, harga yang ditawarkan untuk seporsi menu ini juga relatif terjangkau berkisar Rp.38.000-Rp.40.000/porsinya.

4. Pisang Epe

Nah, kuliner khas Makassar berikutnya ini sangat pas buat dijadikan sebagai cemilan ataupun oleh-oleh buat keluarga di rumah.

Makanan ringan ini terbuat dari pisang kepok setengah matang. Untuk membuatnya cukup mudah, jadi pisangnya dibakar secara bolak-balik sampai berwarna kecoklatan lalu disajikan diatas piring dan kemudian disiram gula merah cair.

Pisang epe paling banyak ditemukan di sekitar kawasan pantai Losari dan untuk harganya dibanderol hanya Rp.10.000 hingga Rp.15.000 seporsinya.

5. Es Pisang Ijo

Masih menggunakan bahan yang sama dengan kuliner ke-empat, bedanya sajian tersebut pisangnya dibalut dengan tepung berwarna hijau kemudian dikukus lalu disajikan bersama kuah santan kental.

Es pisang ijo yang merupakan ikon kuliner kota Makassar satu ini kerap disajikan sebagai menu buka puasa atau hidangan saat lebaran oleh orang-orang Makassar.

Nah, untuk mencicipi citarasa paling top, Sahabat JejakPiknik silahkan singgah ke Warung Bravo di jln. Sultan Alauddin No.27, Mangasa, Kab.Tamalate, kota Makassar. Disini harga seporsi menu ini dibanderol sekitar Rp.22.500/porsinya.

6. Jepa

Merujuk Wikipedia sebagai sumber, jepa ini adalah salah satu makanan pokok suku Mandar berupa lingkaran dalam lembaran tipis yang terbuat dari ubi serta parutan kelapa dan dimasak dengan cara dibakar.

Meskipun kuliner langka namun ada satu rumah makan tradisional di dekat kawasan bandara Tampa Padang, Mamuju yang menyajikannya. Soal harga jepanya sendiri dibanderol hanya sekitar Rp.5.000 per lembarnya.

7. Barobbo

Barobbo adalah salah satu makanan khas Tanah Bone yang terbuat dari jagung halus dan dimasak dengan cara dicampur bersama aneka macam rempah-rempah.

Sepintas, kuliner nabati tersebut mirip dengan bubur khas Manado, hanya saja bahan utama yang digunakan bukan beras melainkan jagung.

Nah, ada yang tertarik ingin mencicipinya? RM.Kapolo di jln. Faisal XII No.06, kota Makassar adalah tempat paling tepat buat dituju. Mengenai harganya, sangat ekonomis hanya Rp.13.000/porsinya.

8. Barongko

Selanjutnya ada barongko, sejenis kue tradisional khas Pinrang berbahan dasar pisang yang sudah dihaluskan kemudian dicampur dengan bahan lainnya, lalu dibungkus menggunakan daun pisang.

Penasaran kan seperti apa citarasanya? Nah, Sahabat JejakPiknik bisa membelinya di pusat oleh-oleh Baronis di Jln.Sultan Alauddin No.98,Ruko Pabaeng-baeng, kota Makassar. Di tempat ini, barongko biasanya dibanderol sekitar Rp.27.000/bungkusnya.

9. Pallubasa

Berbicara tentang makanan khas kota Makassar memang tidak akan pernah ada habisnya. Pasalnya, ada banyak sekali kuliner enak yang bisa disantap di daerah ini, salah satunya adalah Pallubasa.

Pallubasa ialah sejenis penganan mirip coto Makassar yang terbuat dari jeroan sapi ataupun kerbau dan kemudian dimasak bersama bumbu khusus dalam waktu cukup lama. Kuliner tersebut biasanya disajikan bersama nasi putih.

Untuk menikmatinya, Pallubasa Serigala di Mamajang Dalam, Makassar adalah tempat paling pas dikunjungi. Rumah makan ini buka mulai 09.00-20.00 WITA dan soal harga, menu ini dibanderol sekitar Rp.13.000-Rp.15.000 seporsinya.

10. Mie Titi

Tertarik mencoba kuliner ala Tionghoa di kota Makassar? Nah, mie titi adalah salah satu hidangan yang harus Sahabat JejakPiknik coba.

Bukan hanya rasanya saja yang gurih, kombinasi aneka lauk yang dihidangkan bersama sajian ini juga begitu melimpah mulai dari daging, seafood hingga sayuran segarnya.

Tertarik ingin mencicipinya, langsung saja datang ke Mie Panakukkang di jalan Boulevard No.25, Kec. Masale. Lapak ini biasanya buka pukul 10.00-02.00WITA. Dan soal harga mi titinya sendiri hanya dibanderol Rp.15.000 seporsinya.

11. Biji Nangka

Kuliner berikutnya ini bentuk persis seperti biji nangka. Penganan tersebut adalah sejenis kue yang disajikan dalam bosara dan menjadi menu wajib saat pesta adat orang Bugis di Makassar.

Meskipun dinamakan demikian, namun bahan dasar kue ini tidak terbuat dari biji nangka melainkan adonan kentang, kenari serta air gula. Tak heran jika makanan tersebut rasanya cukup manis.

Dan penganan ini banyak dijumpai di pasar-pasar tradisional di Makassar. Mengenai harganya,pada umumnya dijual Rp.4.000/bijinya.

12. Juku Pallu Ce’la

Terakhir ada juku pallu ce’la, salah satu jenis kuliner berbahan dasar ikan cakalang atau layang dan lainnya yang dimasak dengan bumbu sederhana yakni garam serta kunyit.

Tertarik ingin mencobanya? Nah, Sahabat JejakPiknik bisa mencicipinya di RM.Seafood Apung di Jln. P.Diponegoro No.95, Melayu, Wajo, Makassar. Disini harga seporsi juku hanya dibanderol sekitar Rp.15.000 seporsinya.

Nah, selain daftar diatas, sebenarnya masih ada banyak lagi jenis kuliner khas Makassar lainnya yang patut buat Sahabat JejakPiknik cobain seperti:

    cucuru bayao,

    bubur bassang,

    gogos,

    Pallu Butung,

    Songkolo Bagadang,

    Kue Sikaporo,

    Toppa Lada dan

    Jalangkote yang mirip pastel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!