Travel  

11 Tempat Wisata di Cibodas, Cianjur Terbaru, Terindah & Paling Hits

11 Tempat Wisata di Cibodas, Cianjur Terbaru, Terindah & Paling Hits

tribunwarta.com – Warga Jakarta dan sekitarnya sering menjadikan Cianjur sebagai tujuan untuk menghabiskan waktu liburan. Anda bisa singgah ke daerah Cibodas, karena ada banyak tempat keren yang bisa anda kunjungi. Memiliki keindahan pemandangan yang akan membuat siapapun terpesona dan juga udaranya yang sejuk, akan membuat liburan anda semakin menyenangkan. Berikut rekomendasi tempat wisata di Cibodas, Cianjur yang dapat membuat liburan Anda lebih seru.

1. Kebun Raya Cibodas

Jika membahas daerah Cibodas, rasanya memang tidak lengkap apabila tidak singgah di Kebun Raya Cibodas. Taman yang memiliki luas sekitar 80 hektar ini memang menawarkan pesona yang luar biasa. Lokasinya yang berada di bawah kaki Gunung Gede Pangrango, membuat suasana yang dihadirkan sangat sejuk juga segar.

Daya tarik kebun raya ini tidak hanya dari areanya yang luas tetapi juga memiliki ribuan koleksi pohon. Koleksi pohonnya tidak hanya tanaman yang baru namun juga pohon pohon yang sudah tua. Setidaknya ada sekitar 5831 tanaman dengan seribuan jenis. Bukan hanya itu kondisi lingkungannya juga bergelombang dengan tambahan danau sampai air terjun.

Tidak hanya bisa melepas penat, pengunjung juga bisa wisata edukasi tentang pendidikan lingkungan. Kebun Raya Cibodas juga sering dijadikan sebagai lokasi untuk berkumpul atau gathering. Karena memiliki banyak spot menarik, anda juga bisa berburu foto instagramable di wisata satu ini. Yang jelas, anda bisa menikmati panorama indah sekaligus udara yang sejuk.

2. Taman Sakura

Spot wisata yang wajib anda kunjungi ketika berada di kawasan Kebun Raya. Layaknya namanya, anda memang akan menemukan taman bunga sakura yang cantik. Anda bisa mengunjunginya di Indonesia terlebih dahulu sebelum pergi ke Jepang atau negara lainnya. Mungkin anda penasaran kenapa bunga sakura bisa tumbuh di negara kita.

Bunga Sakura memang biasanya akan tumbuh di negara yang memiliki empat musim. Namun karena Kebun Raya Cibodas berada di ketinggian sekitar 1400 mdpl, menjadikan salah satu faktor mengapa bisa tumbuh subur di Indonesia. Untuk menikmati indahnya bunga sakura, anda harus mengetahui waktu yang tepat untuk berkunjung.

Dimana dalam satu tahun bunga cantik ini akan berbunga selama 2 kali. Untuk itu anda bisa datang ketika bulan Januari sampai Februari ataupun pada Bulan Juli hingga Agustus. Bunga warna pink cantik berpadu dengan alam hijau yang luas membuat suasananya memanjakan penglihatan anda. taman Sakura juga cocok untuk berburu foto foto yang cantik.

3. Canopy Trail Ciwalen

Melanjutkan perjalanan anda di Kawasan Cibodas makin menarik, anda bisa menjadikan Canopy Trail Ciwalen sebagai tujuan. Wisata ini merupakan sebuah jembatan gantung dengan ketinggian sekitar 45 meter dan panjang sekitar 130 meter. Di ujung nya terdapat dua pohon besar yang juga menopang jembatan megah satu ini.

Bagi anda yang penasaran dengan keberadaan jembatan gantung ini, anda bisa masuk dari air terjun Cibeureum. Hanya saja pengunjung harus menggunakan guide untuk sampai di wisata ini. Sebelum dijadikan sebagai wisata seperti saat ini, jembatan ini berfungsi untuk memudahkan kegiatan observasi alam.

Hingga akhirnya banyak yang menjadikannya sebagai spot berburu foto kekinian. Apalagi setelah fotonya tersebar di media sosial, semakin banyak yang penasaran. Jembatan ini di kanan dan kirinya memiliki area pepohonan rindang yang membuat suasananya begitu asri. Udaranya yang sejuk juga semakin menambah daftar panjang pesona yang dimilikinya.

4. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Untuk anda yang suka berpetualang mengunjungi tempat indah, Gunung Gede Pangrango juga bisa anda jadikan sebagai tujuan. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango merupakan hutan hujan tropis dan termasuk kawasan konservasi. Antara Gunung Pangrango dan Gunung Gede sendiri akan dihubungkan oleh gigi gunung yang dikenal dengan Kandang Badak.

Mengunjungi wisata alam ini, anda akan disuguhkan panorama memanjakan mata dengan udaranya yang khas. Bukan hanya itu, anda juga bisa menemukan berbagai Flora maupun fauna yang beragam. Bahkan anda juga bisa menemukan bunga edelweis yang termasuk tanaman indah nan langka saat ini. Ada juga Pohon raksasa yang dikenal dengan nama Rasamala.

Tidak ketinggalan juga tanaman pemangsa, kantong semar sampai berbagai jenis bunga anggrek. Anda juga berkesempatan untuk menikmati jamur bercahaya yang belum juga diketahui nama ilmiahnya. Kekayaan hayati yang dimiliki memang begitu kaya, pengunjung juga bisa mendaki untuk berburu indahnya sunrise di puncak Gunung Gede Pangrango.

5. Air Terjun Cibogo

Selain bisa mengunjungi wisata yang berbau pegunungan, di kawasan Cibodas anda juga bisa menemukan air terjun yang megah. Air terjun Cibogo masih menjadi bagian dari Kebun Raya Cibodas. Anda bisa menemukannya berdekatan dengan jalan Air dan Taman Sakura. Sehingga anda bisa sekalian mengunjungi tempat wisata ini.

Kehadiran air terjun ini memang tidak terlalu tinggi, namun pemandangan yang disuguhkan sangat cantik. Airnya yang jernih juga segar, membuat siapapun tak sabar untuk bermain di area air terjunnya. Sekelilingnya memiliki panorama hijau yang sangat apik ketika berpadu dengan air terjun ini. Anda juga bisa mengambil beberapa foto di setiap sudut air terjun ini.

6. Jalan Air dan Taman Rhododendron

Memang Kebun Raya Cibodas memiliki banyak spot wisata yang menarik untuk anda jelajahi. Jika anda belum puas anda bisa mengunjungi taman Rhododendron dan juga Jalan Air. Keduanya memang masuk dalam daftar wisata yang wajib untuk dikunjungi. Anda bisa menemukan berbagai koleksi bunga dari berbagai negara apabila ke taman Rhododendron.

Sementara jika berada di Jalan Air, anda bisa menjajal berbagai wahana permainan yang seru. Jalan Air menjadi destinasi yang sangat cocok apabila dikunjungi bersama anak anak. Aliran air ini berasal dari Sungai Cibogo yang mata airnya dari Gunung Gede. Sehingga airnya begitu jernih juga segar. sangat cocok jika anda ingin basah basahan dengan keluarga.

7. Bumi Perkemahan Mandalawangi

Menikmati alam terbuka indah rasanya memang tidak puas jika hanya sebentar. Maka dari itu anda yang ingin menikmati kemolekan Cibodas, anda bisa camping. Dan bumi perkemahan yang bisa dipilih adalah Bumi Perkemahan Mandalawangi. Lokasinya bersebelahan dengan Kebun Raya, sehingga akan mudah bagi anda menjangkau.

Area perkemahannya cukup luas dan bisa menampung banyak tenda. Anda juga bisa melakukan berbagai kegiatan seru seperti mencoba outbound ataupun menjelajah hutan. Lokasinya yang strategis dan memiliki suasana yang alami membuat area perkemahan ini menjadi favorit. Kegiatan ini tentu akan semakin seru jika dilakukan bersama rombongan anda.

8. Telaga Biru

Liburan anda akan semakin seru jika anda menjadikan Telaga Biru sebagai tujuan liburan anda. Lokasinya akan anda lewati ketika anda menuju Air terjun Cibeureum. Layaknya namanya, anda akan menemukan air yang warnanya biru jernih. Jernihnya air ini akan semakin mempesona dengan alam sekitar yang ditawarkan.

Sebenarnya Telaga Biru ini bisa berubah ubah warna airnya. Hal ini dikarenakan alga yang berada pada telaganya. Warnanya akan berubah dramatis tergantung cahaya matahari yang menimpanya. Tak heran jika para pendaki akan menyempatkan untuk singgah di telaga ini, karena masih satu jalur dan panoramanya juga sangat cantik.

9. Air Terjun Cibeureum

Air Terjun Cibeureum tidak boleh anda lewatkan ketika anda sedang berada di Cibodas. Lokasinya yang berada di kaki Gunung Gede Pangrango, membuat wisata ini masih sangat terjaga. Anda akan disuguhkan panorama air yang jatuh dari ketinggian dengan begitu jernih. Debit airnya cukup deras dan dibingkai alam hijau yang menawan.

Untuk bisa menikmati kemolekan dari air terjun ini, pengunjung memang harus trekking terlebih dahulu. Kendati demikian, rasa lelah anda tak akan terasa karena sepanjang jalan disuguhkan panorama menawan. Setidaknya butuh waktu sekitar 2 jam sampai lokasi. Dan akan dibalas dengan air terjun indah dengan tebing megah yang jadi penawar rasa lelah anda.

10. Taman Lumut

Taman Lumut berada di Kebun Raya Cibodas dan baru diresmikan di tahun 2006 silam. Dengan luas lahan sekitar 1500 meter, taman ini memang sengaja dirancang mirip dengan habitat lumutnya. Hamparan lumut hijau ini justru memberikan pesona yang berbeda. Selain itu juga ada pepohonan lain yang bisa anda temukan di sekitar taman.

11. Rumah Kaca

Destinasi yang bisa dikunjungi berikutnya adalah rumah Kaca. Anda bisa menemukan tanaman anggrek dan juga kaktus cantik di sini. Membuat para wisatawan perempuan lebih banyak singgah di sini. Tidak hanya itu, anda juga berkesempatan untuk melihat bungai bangka yang langka dengan ukuran raksasa.

Itulah beberapa destinasi wisata di Cibodas, Cianjur yang menarik untuk Anda kunjungi. Kebanyakan memang masih berada di area Kebun Raya, karena memang ada banyak spot yang bisa diekspor. Namun anda juga bisa menemukan wisata alam lainnya yang tak kalah menarik. Yang jelas, Cibodas adalah pilihan tepat untuk melepas penat dari segala aktivitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!