Travel  

11 Tempat Menarik di Iran Untuk Dikunjungi Ketika Lebaran Tiba

11 Tempat Menarik di Iran Untuk Dikunjungi Ketika Lebaran Tiba

tribunwarta.com – Idul Fitri bagi kita warga Indonesia yang beragama islam sudah pasti menjadi hari yang paling di nantikan. Hari kemenangan setelah sebulan penuh menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadhan akan menjadi hari yang memberikan kesan atas setiap pribadi seseorang.

Begitu juga dengan umat muslim yang ada di Iran, negara yang penduduknya mayoritas islam ini sudah pastinya akan merayakan hari raya Idul Fitri.

Namun perayaan lebaran di Iran sangat berbeda jauh dengan perayaan lebaran di negara kita. Tidak seperti kita yang menyambut hari lebaran dengan sangat meriah dan dirayakan dengan berbagai cara seperti pulang kampung, rekreasi, makan besar secara bersama-sama.

Warga iran merayakan hari raya ini dengan cara sederhana dan tidak meriah. Hal ini disebabkan mayoritas penduduk islam adalah pengikut ajaran Syiah. Mereka hanya merayakan dengan cara salat Id di lapangan atau masjid, kemudian bersilaturahmi dengan keluarga.

Setelah silaturahmi, mereka yang memiliki materi berlebih membagi-bagikan makanan kepada orang yang kurang mampu. Tradisi yang cukup sederhana untuk sebuah negara bermayoritas islam.

Selain tradisi diatas, mereka juga merayakan ramadhan dengan membebaskan salah satu tahanan mereka yang baik untuk kembali kerumahnya dan berkumpul bersama keluarganya.

Bagi anda yang ingin menghabiskan libur lebaran di negara tersebut, anda dapat berwisata religi dengan mengunjungi beberapa tempat menarik berikut ini.

1. Tehran

Tehran merupakan jantung kota negara iran, dimana setiap dinding-dinding kota memiliki sejarah tentang revolusi islam Iran sampai rekam jejak peperangan dengan Irak.

Di Tehran, anda juga dapat mengunjungi sebuah istana Golestan yang mana istana ini merupakan peninggalan kerajaan Qatar di Iran. Dan bangunan ini termasuk bangunan tertua di Iran.

Bagi para pecinta arsitektur wajib datang ke tempat ini karena bangunan ini menampilkan dekorasi mozaik beraneka bentuk dan warna.

2. Jembatan Tabiat

Jika anda sudah menikmati suasana kota Tehran dan ingin melihat bagaimana keindahan kota Tehran dari atas , Jembatan Tabiat menjadi jawabannya. Dari jembatan tersebut para turis dapat melihat pemandangang kota Tehran yang menakjubkan di sore hari.

3. Shiraz

Di Shiraz para wisatawan dapat mengunjungi salah satu masjid terindah yaitu Masjid Nasir Ol Molk. Masjid ini merupakan bangunan bersejarah yang menjadi target para turis untuk dijadikan objek foto mereka karena arsitekturnya sangat indah, dan juga masjid ini diberi semburat merah muda sehingga mereka menyebut masjid ini sebagai masjid Pink.

Selain masjid, Shiraz termasuk kota pusat kuliner di Iran. Di sini para wisatawan dapat menikmati Faloodeh, sejenis makanan dari mie beku dan makanan ini dijadikan sebagai makanan pencuci mulut.

Shiraz juga terkenal dengan pusat perbelanjaan untuk berbelanja kain yang berkilauan yang merupakan bahan pakaian adat tradisional.

4. Isfahan

Isfahan merupakan salah satu destinasi wisata yang paling populer di Iran. Para wisatawan dapat mengunjungi beberapa bangunan peninggalan Shah Abbas pada abad ke 17 masehi.

Salah satu bangunan megah dari kota Isfahan adalah Naghshe Jahan Square dimana bangunan tersebut memiliki kubah yang dibuat dengan sangat indah.

Untuk melihat keindahan dari kota Isfahan, para turis dapat mengunjungi Gunung Sofe. Dan dari atas gunung tersebut, sering diadakan kegiatan untuk menatap bintang-bintang di langit.

5. Persepolis

Bangunan yang masuk dalam salah satu warisan budaya UNESCO tersebut merupakan bangunan seremonial yang dibangun pada masa kerajaan Dairus pada tahun 518 sebelum masehi. Bangunan ini dapat anda kunjungi dari kota Shiraz.

6. Museum Nasional Iran

Apabila anda tidak memiliki waktu libur yang banyak, anda dapat mengunjungi sebuah Museum Nasional di Iran. Museum sejarah ini berada di kota Tehran.

7. Menara Milad

Di Tehran terdapat sebuah menara yang dikenal dengan Menara Milad, salah satu dari enam menara tertinggi di dunia. Objek wisata ini memiliki ketinggian 435 meter dan dari ketinggian tersebut para turis dapat memandang perkotaan dan pegunungan disekitarnya.

8. Menara Azadi

Selain Menara Milad ada juga Menara Azadi dengan bentuk yang sangat unik dengan taman hijau yang membentang disekitarnya. Bagi anda yang ingin bersantai di taman dapat berkunjung ke tempat ini.

9. Gunung Tochal

Gunung Tochal memiliki ketinggian 3.993 meter dari atas permukaan laut. Pada musim dingin, tempat ini menjadi salah satu tempat favorit para turis.

10. Badab E-Surt

Objek wisata tersebut mirip seperti persawahan bertingkat yang ada di Ubud Bali. Tidak seperti yang di Ubud, objek wisata ini tidak ditanami oleh padi tetapi terdapat kubangan mineral dengan kontur kenyal dimana minyak ini berasal dari sumber mata air panas prasejarah. Dan dari jauh pemandangan tampak seperti sawah kaca.

11. Katedral Vank

Meskipun Iran terkenal dengan mayoritas islam dan terdapat banyak masjid namun terdapat juga sebuah gereja Katedral Vank dengan sentuhan arsitektur Iran yang megah. Gereja tersebut juga salah satu objek yang banyak dikunjungi oleh para turis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!