Travel  

10 Tips Liburan Seru ke Labuan Bajo Ala Backpacker, Kamu Pasti Puas!

10 Tips Liburan Seru ke Labuan Bajo Ala Backpacker, Kamu Pasti Puas!

tribunwarta.com

Siapa tak kenal dengan Labuan Bajo, sebuah kota yang dikembangkan menjadi destinasi wisata dan diminati oleh banyak orang. Kota yang terletak di provinsi Nusa Tenggara Timur, Kabupaten Manggarai Barat Kecamatan Komodo ini dikenal dengan keelokan tempat wisatanya seperti taman nasional komodo, pantai di pulau sekitar, dan sebagainya.

Teruntuk kamu yang sudah lama ingin berlibur ke daerah Timur Indonesia, selain Sumba, Kupang, Sumbawa, dan Lombok, Labuan Bajo akan menjadi pilihan tepat dengan liburan ala backpacker. Ada banyak pilihan rute dapat kamu pilih sesuai budget.

Perjalanan darat, laut atau udara akan membawamu ke libutan murah, menyenangkan dan tidak terlupakan. Dimulai penerbangan dari Jakarta atau berlayar dari Surabaya, tahun 2022 ini adalah waktu yang tepat untuk kamu tentukan tanggal perjalanannya menuju Labuan Bajo.

Berikut ini adalah 10 tips untuk liburan ke Labuan Bajo ala backpacker dengan pilihan rute menguntungkan.

1. Pilihlah waktu dimana orang lain tidak juga sedang liburan

Pemilihan waktu adalah hal penting untuk berlibur. Mengapa? Karena akan berdampak pada cost yang akan dikeluarkan. Tahun 2022 ini sudah memasuki pertengahan tahun, dan sebaiknya carilah bulan dimana tidak banyak orang berpergian keluar pulau.

Jika ingin mendapatkan yang istimewa bisa pesan tiket untuk bulan November atau sebelumnya. Desember biasanya akan menjadi bulan panjang untuk liburan dan banyak orang akan berpergian di bulan tersebut.

Apalagi jika kita ingin menempuh jalur laut, bulan Desember biasanya rawan dengan gelombang tinggi di tengah laut dan curah hujan cukup tinggi.

2. Pilih transportasi untuk ke Labuan Bajo, sesuaikan dengan budget

Untuk transportasi, kamu punya banyak pilihan agar bisa sampai di Labuan Bajo. Rute pertama yaitu melalui jalur darat dan laut yang memang cukup memakan waktu lama dan tenaga lebih. Jika ingin jalur darat, biasanya kita menggunakan kereta api dengan tujuan stasiun Banyuwangi Baru. Tarif yang dikeluarkan untuk kereta api biasanya Rp100.000,-.

Setelah itu kamu menuju pelabuhan Ketapang Banyuwangi dan membeli tiket bus menuju Terminal Ubung dengan harga Rp60.000,- dan masih harus menuju pelabuhan Padang Bai Bali sampai akhirnya kamu sampai di Pelabuhan Lembar Lombok.

Dari pelabuhan Lembar Lombok, carilah jalan menuju Pelabuhan Khayangan Lombok Timur di terminal Mandalika. Rute kedua, kamu bisa menggunakan jalur udara yang cukup praktis namun harganya pun lumayan tinggi.

Atau cara mudah, mencari tiket penerbangan murah memang tidak mudah, namun harus cukup pintar mencari harga promo di beberapa maskapai. Harganya yaitu kurang lebih Rp1000.000,- untuk sekali perjalanan. Namun jika tidak promo harga bisa mencapai Rp3000.000,- dalam sekali perjalanan dari Jakarta.

3. Pilih penginapan murah dan dekat dengan tempat wisata

Carilah penginapan yang juga memberikan kenyamanan saat sedang berada di Labuan Bajo. Ada beberapa penginapan ternyata menghadirkan pemandangan laut lepas namun juga sangat ringan di kantongmu.

Ada juga penginapan dengan gaya uniknya memberikan pengalaman berbeda saat kamu berlibur di sana. Jika kamu ingin hotel menghadap laut yaitu Ciao Hostel, De Chocholate Hostel dan Sunset Hill Hotel. Harga berkisaran diatas Rp100.000m- sampai dengan Rp600.000,-.

Sedangkan jika kamu ingin pengalaman unik dan berbeda dari penginapan lainnya, kunjungi Bajo View. Bajo View mempunyai konsep tenda dengan fasilitas cukup lengkap dan harga yang ditawarkan hanya Rp200.000,-.

4. Sesampainya di Labuan Bajo, lebih baik sewa motor atau mobil

Transportasi yang ada di kota kecil ini tidaklah banyak. Transportasi umum hanyalah bemo dan ojek motor hanya beroperasi sampai pukul 21.00 WIB.

Sehingga lebih baik jika sesampainya disana sewalah kendaraan seperti motor atau mobil tergantung dengan kapasitas orang. Jika kamu sendirian atau dua orang lebih baik menggunakan motor.

Namun jika kamu lebih dari dua orang lebih baik menggunakan mobil. Harga sewa motor yaitu sekitar Rp75.000,- per hari dan sewa mobil sebesar Rp500.000,- per hari.

5. Jangan lupa kuliner kaki lima gak kalah enak dengan restoran

Labuan Bajo mempunyai makanan khas yang juga wajib kamu coba. Jangan sampai melewatkan Nasi Kolo, merupakan nasi bakar khas NTT, Jagung Bose juga merupakan makanan pokok NTT, ikan kuah asam juga menciptakan rasa asam gurih, dan berbagai aneka seafood.

Jika kamu bingung kemana mendapatkan makanan tersebut, kunjungi seafood wisata kuliner kampung ujung, ikan kuah asam philemon, seafood treetop, dan beberapa restoran menyajikan menu western seperti italian food mediteraneo.

6. Kunjungi Pulau Kanawa

Jika sudah menginjakkan kaki di Labuan Bajo, sangat disayangkan jika tidak berkunjung ke Pulau Kanawa. Pulau ini terletak dekat Pulau Komodo dan Pulau Rinca ini menyuguhkan hamparan pasir putih dan juga pemandangan hijau menenangkan hati dan menghangatkan badan.

Untuk rilex sejenak dari kebisingan kota, Pulau ini cukup cocok untuk para backpacker melepas penat. Dari Labuan Bajo, menuju Pulau Kanawa dapat menggunakan kapal kecil atau shuttle boat dengan waktu tempuh dua jam.

Jika kamu ingin bermalam di Pulau Kanawa, terdapat tenda dome yang disewakan atau bungalow atau bale-bale kamar. Selain itu kamu juga dapat menikmati keindahan bawah laut dengan menyewa alat snorkling sebesar Rp50.000,- per hari.

Cukup murah dan sangat puas dengan keindahan bawah lautnya. Disarankan setelah seharian kamu menikmati pemandangannya, tutup hari dengan menikmati sunset di ketinggian bukit Kanawa. Wah, liburan ala backpackermu terasa mewah karena keindahan matahari tenggelam di tengah pulau.

7. Tengok komodo di Taman Nasional Loh Liang

Setelah mampir ke Pulau Kanawa, mampirlah ke Pulau Komodo yang mempunyai Taman Nasional Komodo. Taman Nasional Komodo ini dilengkapi dengan Naturalist Guide yang akan memberikan pengarahan sebelum kita masuk ke wilayah komodo berada.

Teruntuk wanita yang sedang datang bulan sebaiknya minta penjagaan karena komodo adalah hewan sensitif terhadap bau darah. Di Pulau Komodo, kamu akan diajak berkeliling dan naik ek atas bukit. Diatas bukit kita akan dapat melihat pemandangan pulau lain dan berbagai hewan liar yang ada seperti komodo dan babi hutan.

8. Sewa boat, jangan hanya sendiri

Ketika akan mengunjungi berbagai Pulau di sekitar Labuan Bajo, lebih baik kamu menyewa boat tidak hanya untuk sendiri. Mengapa? Karena harga yang ditawarkan cukup tinggi. Lebih dari itu, kamu akan bertemu kenalan baru dan pastinya bertukar cerita di kapal.

Sehingga ada baiknya jika kamu berpergian sendiri, kamu bergabung bersama wisata lain untuk menyewa bersama yaitu sebesar Rp500.000,-. Biasanya ada paket wisata yang sudah disiapkan, tinggal kamu memilih yang diinginkan saja.

9. Tutup hari di Pulau Kalong

Setelah menikmati banyak pemandangan biru dan hijau di berbagai pulau. Sepertinya tidak ada salahnya untuk melihat pemandangan yang jarang kita temukan dimanapun. Pulau Kalong adalah pulau yang terletak diantara Pulau Rinda dan Papagarang.

Pulau ini dihuni oleh jutaan kalong dan ditumbuhi bakau. Untuk mendapatkan pemandangan senja yang berbeda, tunggulah saat sore hari dimana banyak kalong berterbangan menghiasi langit senja.

10. Jika ingin update media sosial, lebih baik siapkan perdana Telkomsel yang eksis signalnya di sana

Terakhir, untuk kamu yang hobi mengabadikan momen dan membagikannya di media sosial, siapkan kartu perdana yang cocok sinyalnya di Labuan Bajo. Sepengalamannya para backpacker lain, kamu bisa menggunakan perdana Telkomsel, karena sinyalnya cukup kuat.

Apakah selalu dari Jakarta untuk kita bisa menuju ke Labuan Bajo? Jawabannya tentu tidak. Kamu masih bisa mencari banyak tiket murah dari Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Makassar, Bandung dan dimanapun.

Untuk itinerary solo backpacking, kamu harus menyiapkan rincian biayanya terlebih dahulu. Paling banyak siapkan uang Rp3.000.000 saja. Itu sudah lebih dari cukup jika kamu memang liburan ala backpacker seperti penjelasan di atas. Liburan asik, gak selalu mahal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!