Travel  

10 Tips Backpacker ke Malaysia, Jalan-Jalan ke Luar Negeri Gak Perlu Mahal

10 Tips Backpacker ke Malaysia, Jalan-Jalan ke Luar Negeri Gak Perlu Mahal

tribunwarta.com

Belum liburan beneran rasanya jika kita gak jalan-jalan ke luar negeri di tahun 2022 ini. Banyak tempat yang dikunjungi oleh orang Indonesia misalnya seperti Singapore, Phuket, Krabi Island, Thailand, Hongkong, Bangkok, Vietnam, Australia, Korea, dan sebagainya.

Padahal ada satu tempat yang mudah sekali dikunjungi dan untuk masalah budget tidak beda jauh ketika jalan-jalan di dalam negeri. Malaysia, adalah salah satu negara yang bisa kita kunjungi secara backpacker sendirian atau liburan keluarga. Jika kamu sudah pernah ke Singapura, lengkapi pula untuk berkunjung ke Malaysia.

Selain itu untuk kamu pencinta motoGP, belum lengkap jika belum menyaksikan secara langsung di Malaysia. Jika dari Indonesia, akan lebih murah estimasi biayanya untuk nonton di area Sepang, Malaysia.

Akses untuk ke Malaysia juga mudah sekali, jika kamu tinggal di Jakarta tentu akan banyak pesawat yang menawarkan penerbangan ke Malaysia. Jika kamu tinggal di Batam, lebih mudah lagi hanya menyeberang laut selama satu jam dan sampailah di Malaysia.

Liburan selama 3 hari 2 malam di Malaysia sudah lebih dari cukup. Budget yang akan dikeluarkan sama saja seperti kita berlibur di Indonesia, tidak lebih mahal dari kota Yogyakarta dan sedikit lebih murah dari Bali dan Lombok, hampir sama seperti Bandung.

Makanya sebelum berangkat ke Malaysia, simak dahulu 10 tips backpacker ke Malaysia tanpa budget yang mahal. Apalagi jika kamu baru pertama kali pengalaman backpackers nih, entah bersama teman, group atau sendiri.

1. Cari tiket pesawat ke Kuala Lumpur International Airport

Pertama, cari tiket murah via pesawat. Selain memutuskan untuk pergi, kamu juga harus tahu kapan akan pulang. Lebih baik memesan tiket pesawat pulang pergi saat di Indonesia agar lebih aman. Namun terkadang ada tiket yang lebih murah ketika memesan di Malaysia.

Tiket promo banyak ditawarkan oleh berbagai maskapai. Apalagi jika tujuannya hanyalah Kuala Lumpur, Malaysia. Kamu bisa mendapatkan harga tiket pesawat start from Rp200.000,- sekali perjalanan jika promo atau lebih.

Tiket pesawat traveling dari manapun, Surabaya, Jogja, Aceh, Jakarta, Medan, dan kota manapun biasanya akan banyak promo untuk ke Malaysia. Biasanya ada juga forum kaskus, facebook community backpackers, dan blog yang memberikan informasi seputar biaya yang diperlukan untuk ke Malaysia.

Selain itu, ada paket tour yang menyediakan perjalanan lengkap dengan rincian biaya dan rute yang akan dikunjungi. Namun, lihat dahulu review agen perjalananmu sebelum membeli.

2. Booking hotel dari Indonesia di kawasan KL Sentral atau Central Market

Sesampainya di Kuala Lumpur International Airport, naiklah Skybus dengan tujuan KL Sentral. Penginapan di KL sentral terdapat hotel, hostel, homestay, guest house, dan sebagainya yang berkisar dari Rp75.000,-.

Jika kamu ingin ke penginapan lain kamu bisa mengunjungi UFO Capsule Hotel, Container hotel, Hotel Arenaa Mountbatten, dan sebagainya yang cukup terbilang masih murah.

3. Bawalah makanan sendiri seperti beras atau rice cooker agar lebih hemat

Liburan backpacker identik dengan biaya hemat namun menyenangkan. Untuk urusan makan lebih baik membawa perbekalan dari Indonesia. Walaupun harga makanan disana juga masih terbilang murah dan enak.

Tenang saja, untuk makanan halal cukup banyak kok disana. Bawalah beras dan rice cooker kecil jika kamu berpergian bersama keluarga. Ini cara yang cukup menghemat liburanmu.

4. Tetap ingin kuliner? Tidak masalah

3 hari 2 malam jangan dihabiskan dengan makan perbekalan, ada saatnya kamu harus keluar keliling kota dan mencicipi kulinernya. Kuala lumpur punya banyak makanan khas yang pastinya cocok di lidah orang Indonesia dikarenakan bumbunya yang tidak jauh beda.

Terdapat central market yang menjual makanan lokal dan halal seperti di Nasi Kandar, Resto Babah Yusoof, Roti Naan, dan lainnya. Setelah mencicipi makanannya, paling enak untuk meneguk kopi dan teh di Hawker Stalls.

Terdapat pula restoran yang murah dan enak yaitu Restoran Madam Kwan’s. Menjelang sore, jalan-jalan sambil mengisi perut di Jalan Alor. Ini merupakan kawasan kuliner yang ramai sampai tengah malam.

Selain di Kuala Lumpur kamu juga bisa jalan-jalan ke Ipoh, ibu kota bagian Perak di Malaysia yang punya malaysian street food in Ipoh. Untuk kesana, gunakan tour guide jika memang kamu tidak percaya diri berjalan ke Ipoh.

5. Lakukan perjalanan wisata menggunakan MRT atau bus

Tidak perlu khawatir dengan transportasi di Kuala Lumpur. Disana kamu akan banyak menemui Bus atau MRT. Sambil jalan-jalan kamu akan lewat berbagai jalan di Malaysia yang belum pernah kamu ketahui.

Salah satu yang biasa digunakan oleh para wisatawan adalah GO KL dimana bus ini tidak perlu bayar jika kita menaikinya. Kita cukup mempelajari peta bus agar tahu dimana kita bisa naik dan turun. Kamu bisa mengunjungi Legoland Malaysia yang merupakan taman hiburan di Malaysia.

6. Wisata ke Putrajaya

Putrajaya adalah ibukota Malaysia, terdapat banyak bangunan menarik untuk kita dapat mengabadikan momen. Bagaimana cara ke Putrajaya? Kamu cukup naik kereta KLIA Ekspress dan turun di stasiun Putrajaya dan membayar dengan 14RM.

Selain kereta, kamu bisa memilih transportasi bus yaitu Seightseeing Bus dengan harga 15RM. Putrajaya menghadirkan pusat pembelanjaan, taman, danau, gedung pemerintahan, masjid, jembatan unik, dan sebagainya. Kamu bisa melihat Malaysia dari ibukotanya.

7. Jangan lupa foto di depan Menara Kembar Petronas

Belum lengkap jika kamu tidak mengunjungi Menara Kembar Petronas yang menjadi landmark Kuala Lumpur. Tidak perlu bayar untuk foto di depannya, kamu hanya mengeluarkan uang untuk transportasi saja. Untuk menuju kesana kamu cukup membayar MRT dari KL sentral sebesar 4RM.

Menara kembar Petronas tercatat sebagai bangunan tertinggi hingga tahun 2004. Kamu juga berkesempatan untuk naik ke menara tersebut dan akan menemukan pemandangan indah. Bangunan ini mempunyai 88 lantai. Wah keren ya!

8. Kunjungi Batu Caves

Setelah ke Menara Kembar Petronas, lanjutkan ke Batu Caves yang merupakan tempat suci agama Hindu. Saat disana kamu akan disambut dengan anak tangga yang cukup banyak. Yang lebih menyenangkan lagi adalah tempat ini gratis untuk dikunjungi.

Kamu akan menemukan patung Murugan setinggi 50 meter. Selain patung, kamu akan menjumpai goa yang masih terdapat banyak monyet liar berkeliaran.

9. Jangan terlalu banyak membawa uang tunai

Saat berada di Kuala Lumpur, sebaiknya tidak perlu membawa banyak uang tunai. Sebagai backpacker sejati bawalah uang tunai secukupnya agar menghindari pembengkakan biaya atau budget.

Tetapi jangan lupa membawa kartu yang ada mastercardnya. Bukan untuk berbelanja namun untuk berjaga-jaga saat kondisi genting ketika ada pengeluaran diluar yang direncanakan. Jangan sampai itinerary yang sudah dibuat gagal seketika karena pengeluaran belanja berlebihan.

10. Abadikan momen di Penang atau Street Art in George Town

Terakhir, tempat wisata yang wajib juga kamu datangi dan hanya ada di negara ini adalah Street Art in George Town di Penang. Banyak bangunan ala europe namun juga seperti tempat yang punya banyak cerita dari gambar-gambar di tembok bangunannya.

Lukisan yang hidup dan unik ini mulai dikenal tahun 2012 dan kita bisa berfoto bersama seakan sedang beirnteraksi dengan lukisan tersebut. Terdapat 22 objek lukisan yang bisa kamu abadikan dnegan gayamu sendiri.

Untuk kenyamananmu saat jalan dan berfoto, lebih baik datanglah sore hari. Penang termasuk tempat yang masih terang saat malam hari sehingga kamu akan nyaman berada disana. Selain lukisan, disana juga terdapat Penang Time Tunnel. Mural Art Street, Upside Down Museum, dan sebagainya.

Begitulah 10 tips backpacker ke Malaysia tanpa budget yang mahal dan bikin liburanmu seru. Liburan ke Malaysia tidak cukup hanya 3 hari 2 malam. Jika ada hari lebih, berlayarlah ke Langkawi Island yang merupakan pulau di negara Kedah Darul Aman dan juga Pinang Island.

Selain itu, terdapat juga Melaka di semenanjung Malaysia yang terkenal dengan nasi lemaknya. Lalu Malaysia dibagi menjadi beberapa wilayah yang bisa kamu kunjungi. Kuching, sebagai salah satu tempat wisata yang dekat dengan Pontianak dan Singkawang.

Jika kamu berpergian ke Kuching, jangan lupa kunjungi Masjid Agung Kuching, Main Bazaar, Fort Margherita, Kuching Orchid Garden, Kuching Waterfront, Sarawak Old Museum, Chinatown, The Esplanade Kuching, dan sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!