Travel  

10 Tempat Wisata di Samarinda yang Menarik untuk Disinggahi

10 Tempat Wisata di Samarinda yang Menarik untuk Disinggahi

tribunwarta.com – Yuk, habiskan waktu liburan Anda di ibu kota Provinsi Kalimantan Timur, yakni Samarinda. Kota terpadat di Kalimantan ini menyimpan berbagai objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Bila Anda bosan berlibur ke Bali, Anda dapat mencoba tempat wisata di Samarinda berikut ini.

Meskipun tempat wisata yang ada di Samarinda mungkin tidak sepopuler tempat wisata di Yogyakarta atau Bali, tetapi objek wisata di sini tak kalah seru kok! Apa sajakah itu? Berikut Keluyuran akan mengulasnya untuk Anda.

1. Pulau Beras Basah

Untuk sampai di pulau yang istimewa ini, Anda harus menempuh perjalanan selama 3 jam dari pusat Kota Samarinda. Pulau Beras Basah tepatnya berada Bontang, Kalimantan Timur. Lebih spesifik lagi pulau eksotis tersebut berada di Selat Makassar.

Hamparan pasir putih yang bersih dan air laut nan jernih adalah daya tarik dari Pulau Beras Merah ini. Di pulau ini terdapat pula mercusuar tua yang sudah tidak terpakai. Ketika berada di pulau ini Anda akan merasa berada di sebuah lokasi shooting sebuah film. Pasalnya, pemandangan yang ditawarkan di Pulau Beras Basah ini terlalu indah untuk menjadi kenyataan.

Di sekitar pulau tidak ada penginapan. Jadi, Anda harus mencari penginapan di Kota Bontang. Selain bersantai di pantai, Anda pun bisa melakukan snorkeling untuk melihat keindahan alam bawah laut di sekitar pulau ini.

2. Air Terjun Tanah Merah

Hampir di setiap kota atau kabupaten kita selalu menjumpai air terjun, begitu pun di Samarinda. Air Terjun Tanah Merah terletak di Dusun Purwosari, Samarinda Utara. Bila ingin tiba di air terjun ini, wisatawan akan menempuh jarak sekitar 14 Km dari pusat Kota Samarinda. Air terjun ini tidak terlalu jauh dari pusat kota, bukan?

Ada yang menarik dari Air Terjun Tanah Merah ini. Air terjun ini memiliki air yang sangat jernih, tapi warna air berubah menjadi keruh ketika sudah sampai di sungai yang ada di bawahnya. Fenomena ini disebabkan oleh tanah gambut yang ada di dasar sungai.

Jika Anda tidak ingin turun langsung ke dekat air terjun, Anda dapat duduk di gazebo yang disediakan untuk melihat air terjun setinggi 15 meter ini dari kejauhan. Di sana Anda bisa bersantai sambil menikmati keindahan air terjunnya.

3. Masjid Islamic Center Samarinda

Ketika berkunjung ke Samarinda, sempatkan diri untuk melakukan wisata religi dengan mengunjungi Masjid Islamic Center Samarinda. Masjid ini berada di Kelurahan Teluk Lerong Ulu. Ini bukan masjid zaman dahulu, karena pembangunannya baru selesai pada tahun 2001. Akan tetapi, arsitektur masjid inilah yang mengundang decak kagum. Pasalnya, arsitektur Masjid Islamic Center Samarinda dibuat menyerupai Hagia Sophia yang ada di Turki.

Ada sebuah menara utama setinggi 99 meter di masjid ini. Sementara itu, ada 6 menara lain yang ukurannya lebih pendek dan berdiri mengelilingi bangunan masjid ini. Sempatkan diri Anda untuk menunaikan ibadah shalat di masjid kebanggaan warga Samarinda ini.

4. Telaga Permai Batu Besaung

Berkemah adalah suatu kegiatan yang biasa dilakukan di tempat wisata di Samarinda yang satu ini. Ya, Telaga Permai Batu Besaung adalah sebuah telaga yang indah dan menyejukkan mata yang masih berada di kawasan hijau yang sama dengan bumi perkemahan.

Karena tanah di kawasan ini memiliki ketinggian yang berbeda-beda, sehingga aliran sungai yang melalui telaga ini nampak seperti air terjun kecil. Banyak wisatawan yang berenang di telaga ini. Jika tidak ingin berenang, Anda bisa berjalan-jalan di sekitar telaga sembari menikmati pemandangan pepohonan hijau yang membuat kita merasa adem dan tentram.

5. Tjiu’s Palace Samarinda

Berada di kawasan Sambutan yang tepatnya ada di Jalan Sultan Sulaiman, Samarinda, Tjiu’s Palace menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak diminati oleh wisatawan dari dalam dan luar Samarinda. Ini adalah tempat wisata keluarga yang menawarkan berbagai wahana menarik, mulai dari kolam pancing, sepeda air dengan berbagai bentuk yang unik, dan kereta mini.

Tak cukup sampai di situ, Tjiu’s Palace juga menawarkan kolam khusus untuk anak-anak yang ingin bermain sepeda air dengan lebih aman. Tjiu’s Palace Samarinda adalah tempat wisata keluarga yang memang patut dikunjungi, terutama jika Anda memiliki hobi memancing ikan.

6. Kebun Raya Unmul Samarinda

Buka hanya Bogor yang punya kebun raya, Samarinda pun punya. Letak dari Kebun Raya Unmul Samarinda hanya 10 Km saja dari pusat kota. Dinamakan Kebun Raya Unmul karena tanahnya masih milik Universitas Mulawarman. Meskipun demikian tempat ini juga dibuka untuk wisatawan umum, lho.

Di dalam kebun raya ini terdapat danau yang berukuran cukup besar. Wisatawan dapat menyewa sepeda air untuk mengelilingi danau tersebut. Ada pula andong yang siap untuk mengantar Anda berkeliling Kebun Raya Unmul Samarinda yang begitu luas.

Di kawasan Kebun Raya Unmul, Anda juga bisa berkunjung ke kebun binatang atau museum kayu. Sekedar informasi, museum kayu ini memiliki informasi seputar jenis-jenis kayu yang berasal dari Kalimantan.

7. Taman Rekreasi Lembah Hijau

Usai berwisata di Kebun Raya Unmul Samarinda, Anda dapat mampir sejenak ke Taman Rekreasi Lembah Hijau. Tempat wisata di Samarinda yang cukup terkenal ini berada tak jauh dari kawasan kebun raya. Taman Rekreasi Lembah Hijau berada persis di Km 15 pada jalur Samarinda-Bontang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!