Travel  

10 Tempat Wisata di Myanmar yang Wajib Masuk Bucket-List

10 Tempat Wisata di Myanmar yang Wajib Masuk Bucket-List

tribunwarta.com – Dikenal juga dengan nama Burma, nama resmi negara di Asia Tenggara ini adalah Myanmar. Meski gaungnya tak sekencang Thailand, negara ini juga menjadi salah satu tujuan wisata yang wajib dikunjungi oleh para traveler yang senang dengan wisata sejarah, religi atau pantai.

Tempat wisata di Myanmar banyak dihiasi oleh ribuan kuil Buddha. Selain kuil, Myanmar juga mempunyai pantai pasir putih yang tenang di sepanjang Laut Andaman serta Teluk Benggala.

Meski negara ini tak seterbuka negara lain, tapi sekarang Myanmar sudah membuka pariwisata untuk wisatawan asing yang ingin merasakan suasana tradisional di negara ini.

Jika kamu tertarik dengan tempat wisata di Myanmar, berikut ini beberapa tempat yang mesti kamu kunjungi.

1. Pagoda Shwedagon

    Alamat: Gerbang timur Shwedagon di barat Danau Kerajaan Yangon, 11201, Myanmar (Burma)

    Jam Buka: 04:00 s/d 22:00

    HTM: $8.00

Dikenal sebagai situs paling suci yang berhubungan dengan agama Buddha di Myanmar, Shwedagon atau Pagoda Naga Besar memiliki koleksi sehelai rambut Buddha serta relik keagamaan lainnya.

Usia pagoda ini sekitar 2.500 tahun. Letaknya ada di Bukit Singuttara di Yangon. Pagoda ini selama berabad-abad sudah berkembang dari 8 meter hingga menjadi 99 meter.

Pagoda Shwedagon dipercaya dibangun oleh etnis Mon saat periode Bagan, yaitu antara abad ke-6 sampai ke-10 Masehi. Pagoda ini ditutupi kertas emas, sementara stupanya ditutupi dengan 4.531 berlian.

Para pengunjung pagoda diharapkan untuk mengikuti aturan berpakaian, yaitu mengenakan celana panjang dengan baju dengan lengan pendek, dan memasuki kuil tanpa mengenakan alas kaki.

2. Pantai Ngapali

    Alamat: di pantai Teluk Benggala di Negara Bagian Rakhine

    HTM: Gratis

Ngapali merupakan salah satu pantai paling populer di Myanmar. Tempat wisata di Myanmar ini menawarkan banyak pilihan akomodasi serta restoran yang sesuai dengan budget.

Di sini kamu bisa menemukan berbagai bungalow dengan view pantai yang memukau dan makanan laut yang terbaik di seluruh negeri.

Kamu bisa menghabiskan waktumu dengan bersantai di pantai atau di tepi kolam renang, juga menyaksikan matahari terbenam di salah satu restoran sambil menikmati hidangan seafood segar.

Saat bosan main di pantai, kamu bisa menyewa perahu dan pemandu untuk membawamu ber-snorkeling atau memancing ikan menggunakan tombak.

Untuk aktivitas tersebut, kamu akan berangkat pagi-pagi sekali dan mereka akan menyediakan semua perlengkapan yang kamu butuhkan. Saat ber-snorkeling di sini tak perlu pakai baju selam karena airnya hangat.

Jika kamu berhasil menangkap sesuatu ketika melakukan spearfishing, tak perlu khawatir soal memasaknya karena di sini terdapat banyak restoran yang terletak di tepi pantai.

Mereka akan siap untuk membantu mengolah tangkapanmu dan menyajikannya sebagai lauk yang rasanya pasti lezat.

3. Mrauk U

    Alamat: di Negara Bagian Rakhine utara, Myanmar

Mrauk U merupakan sebuah kota arkeologi yang penting. Dahulu kota ini dianggap sebagai benteng karena memiliki dinding yang tebal, tapi sebenarnya dindingnya dibuat tebal agar bisa melindungi kuil dari angin kencang, dan bukannya dari penjajah.

Di seluruh area ini dapat ditemukan kuil batu. Kota abad pertengahan ini pernah jadi ibu kota negara bagian Arakan.

Selain itu, Mrauk U dulunya juga merupakan kota perdagangan yang penting. Untuk bisa sampai di lokasi terpencil ini, kamu harus naik perahu menyusuri anak sungai Kaladan selama empat sampai tujuh jam.

Jangan lupa untuk selalu membawa jas hujan atau payung karena wilayah ini memiliki curah hujan hampir 1,2 meter setiap tahun.

4. Istana Kerajaan Mandalay

    Alamat: di utara kota utama Mandalay

    Jam buka: 07:30 s/d 16:30

    HTM: 10.000 kyat (US$6.60)

Apakah kamu pernah mendengar nama Istana Mandalay? Istana ini cukup terkenal dan bahkan dijadikan nama resor dan kasino yang ada di Las Vegas.

Dulunya istana ini merupakan istana Kerajaan Burma terakhir sebelum kehadiaran kolonial Inggris. Istana Kerajaan Mandalay merupakan salah satu tempat wisata di Myanmar yang terkenal.

Ketika tiba di Mandalay, kamu akan menyaksikan istana yang terletak di tengah kota dengan parit raksasa yang mengelilinginya.

Parit tersebut terbentang sepanjang kurang lebih 2 kilometer di keempat sisinya. Untuk berjalan-jalan di sekeliling istana ini dibutuhkan waktu beberapa jam. Jadi, pastikan kamu tahu di mana pintu masuknya.

Pengalaman yang tak terlupakan saat berada di tempat wisata di Myanmar ini adalah menyaksikan matahari terbit atau terbenam dari balik tembok istana.

5. Taung Kalat

    Alamat: Wilayah Mandalay, Myanmar

    HTM: Gratis tapi ada sumbangan

Vihara Buddha Taung Kalat dibangun di atas leher gunung berapi yang sudah punah. Tempat wisata di Myanmar ini merupakan salah satu situs paling menakjubkan di negara ini.

Untuk sampai di viharanya, ada 777 anak tangga yang harus dinaiki oleh pengunjung untuk menuju puncak. Sepanjang jalan menuju biara ada banyak kera yang menginginkan suguhan.

Dari puncak Taung Kalat, kamu dapat menikmati panorama alam. Mereka juga bisa menyaksikan kota kuno Bagan serta puncak Gunung Popa, gunung berapi yang mengakibatkan terciptanya leher vulkanik yang menjadi tempat berdirinya vihara ini.

6. Kota Bagan

    Alamat: Wilayah Mandalay, Myanmar

Kalau kamu termasuk wisatawan yang menyukai candi, pagoda, maupun stupa Buddha, pastikan untuk mengunjungi kota Bagan.

Alasannya karena dibandingkan tempat lain mana pun di dunia, kota ini memiliki lebih banyak bangunan seperti itu. Bagan yang menjadi tujuan paling populer di Myanmar merupakan ibu kota Kekaisaran Burma Pertama yang berasal dari abad ke-9 hingga ke-13.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!