Travel  

10 Tempat Wisata di Maldives, Sepotong Surga di Bumi

10 Tempat Wisata di Maldives, Sepotong Surga di Bumi

tribunwarta.com – Maladewa atau Maldives terkenal sebagai salah satu adalah kepulauan yang mempesona. Negara ini terdiri dari ribuan pulau dengan pemandangan yang luar biasa indahnya. Maldives yang dikenal memiliki pantai berpasir putih yang mengkilap serta air laut yang berwarna biru ini terletak di Samudra Hindia dan tidak terlalu jauh letaknya dari pantai barat India.

Umumnya pariwisata di Maldives berhubungan dengan bulan madu. Sepertinya tempat wisata di Maldives dibuat khusus untuk liburan romantis. Namun sekarang, negara ini juga mulai diminati oleh mereka yang datang untuk berlibur bersama keluarga. Terdapat sekitar 200 pulau berpenghuni di negara ini. Apa sajakah objek wisata yang menarik di Maldives? Cek daftarnya berikut ini.

1. Banana Reef

    Alamat: 6GMM+GGW, Malé, Maladewa

Salah satu terumbu tertua yang ada di Maldives bernama Banana Reef. Terumbu karang ini dihiasi dengan tebing megah, gua-gua yang menakjubkan, pertumbuhan karang yang indah serta overhang yang kuat. Makhluk yang menghuni Banana Reef di antaranya barakuda, hiu, dan kerapu sehingga spot satu ini menjadi salah satu spot menyelam paling populer di dunia.

Para penyelam pemula dan mereka yang masih belajar akan cocok belajar di sini karena arusnya yang tenang dan bersahabat ditambah dengan visibilitas yang luar biasa. Namun demikian, tempat ini juga merupakan pilihan yang cukup nyaman untuk para penyelam yang sudah ahli dan berpengalaman karena mereka bisa menyelam lebih dalam lagi dan menjelajah dengan lebih baik.

Jangkauan penyelaman di Banana Reef cukup luas dimulai dari 5 meter di bawah air hingga mencapai kedalaman 30 meter di bawah air. Bahkan di kedalaman 30 meter pun jarak pandang tetap bersih. Selain itu, airnya hangat dan nyaman yang berkisar antara 24 derajat Celcius hingga 29 derajat Celcius. Pengunjung bisa melakukan scuba diving juga mencoba snorkeling.

2. Pulau Baros

    Alamat: Atol Male Utara, 08120 Male, Maladewa

    Jam operasional: 09:00- 19:00

    HTM: Gratis

Tempat wisata di Maldives memang tak pernah sepi dari kunjungan para pelancong, tapi kalau ingin tempat yang agak sepi, ini merupakan tempat yang ideal. Baros merupakan pulau dengan peringkat tertinggi dan populer di Maldives.

Pulau yang memiliki pantai-pantai yang disinari matahari dan resort yang mewah ini terkenal dengan keanggunan alamnya serta terumbu karangnya yang indah.

Baros mempunyai beberapa vila di atas air dan resort pulau yang memberikan fasilitas mewah disertai dengan beberapa restoran serta bar. Di Baros, pengunjung bisa mencelupkan kakinya ke dalam air biru kehijauan dan mengendurkan otot-otot mereka di spa. Ada juga beberapa olahraga air untuk mereka yang memiliki jiwa petualang.

3. Tulusdhoo

    Lokasi: terletak hanya 28 km di utara Male

Umumnya Thulusdhoo dikenal sebagai pulau industri tempat pembuatan bodu beru (drum besar), gudang ikan asin serta pabrik Coca-Cola. Yang uniknya pabrik Coca-Cola di Thulusdhoo merupakan satu-satunya di dunia yang dibuat menggunakan air desalinasi.

Akan tetapi beberapa tahun terakhir pariwisata di pulau ini mulai booming sehingga muncul sekitar 30 wisman di sini. Rencananya akan dibuat lagi 20 wisman. Terdapat beberapa bentangan pantai yang indah, seperti Pantai Bikini serta jembatan penghubung ke pulau kecil.

Thulusdhoo mudah untuk dijangkau dari Male. Terdapat speedboat regular dari Male’s Fishing Harbour dan Bandara Internasional Velana. Pilihan lainnya yaitu dengan menaiki feri umum dari Male’s New Harbour yang beroperasi tiap hari.

4. Grand Friday Mosque

    Lokasi: Orchid Magu, Male, Maldives

    Jam operasional: 09.00-17.00

    Telepon: +960302020200

Masjid ini sudah menjadi semacam simbol kota dengan kubah emasnya yang mengesankan dan mendominasi langit Male. Dibangun dengan bantuan dari negara-negara Teluk, Pakistan, Malaysia dan Brunei, masjid ini dibuka pada tahun 1984. Masjid ini dibangun menggunakan marmer putih dan hampir tidak diberi dekorasi.

Terletak di belakang alun-alun utama, Jumhooree Maidan, Grand Friday Mosque merupakan masjid terbesar di negara ini. Selain menjadi tempat ibadah, masjid ini juga merupakan salah satu tempat wisata di Maldives.

Untuk bisa masuk ke masjid ini wisatawan hanya bisa berkunjung antara pukul 9 pagi sampai 5 sore, dan di luar waktu sholat. 15 menit sebelum sholat, masjid ditutup untuk semua non-Muslim. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah sebelum tengah hari dan antara pukul 14:00 dan 15:00. Untuk bisa masuk masjid wisatawan dianjurkan untuk berpakaian yang sopan.

Laki-laki harus memakai celana panjang dan perempuan harus mengenakan rok atau gaun panjang. Ruang sholat utama masjid ini bisa menampung sampai 5000 jamaah dan mempunyai panel samping dan pintu kayu dengan ukiran yang indah, karpet tenunan khusus serta lampu gantung yang cantik.

5. Male

    Lokasi: terletak di Male Atoll

Male merupakan ibukota dari Maldives, salah satu negara terkecil di dunia. Pulau ini memiliki objek wisata berupa masjid kuno dan bangunan berwarna-warni. Tempat ini berkembang menjadi salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi di Maldives berkat keindahan dan kemajuannya.

Tempat ini merupakan kota yang cukup santai serta kota terbaik untuk berjalan-jalan spontan tanpa rencana perjalanan. Male merupakan tempat yang wajib dikunjungi karena di sini bisa ditemukan bangunan warisan bersejarah, pepohonan dan perairan dengan nuansa yang indah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!