Travel  

10 Tempat Wisata di Kaliangkrik Magelang Terbaru & Paling Hits

10 Tempat Wisata di Kaliangkrik Magelang Terbaru & Paling Hits

tribunwarta.com – Kami akan membahas Tempat Wisata di Kaliangkrik Magelang dan sekitarnya yang memiliki pemandangan alam indah dan bisa dijadikan sebagai tempat berlibur yang menyenangkan. Apalagi Kaliangkrik merupakan salah satu daerah di Magelang yang berada di dataran tinggi. Maka tidak heran suasana di daerah ini sangat sejuk dan dingin, sehingga membuat wisatawan betah berlama-lama kawasan ini.

Untuk menambahkan daftar tempat wisata yang bisa Anda kunjungi saat berada di Magelang, Kami telah memberikan 10 tempat wisata di Kaliangkrik Magelang yang terindah dan terbaik di bawah ini.

1. Silancur Highland

Silancur Highland adalah salah satu dari 10 tempat wisata Di Kaliangkrik yang bisa dikatakan paling populer untuk dikunjungi. Karena lokasi dari Silancur Highland yang berada di kaki Gunung Sumbing bagian tenggara ini menawarkan pemandangan pegunungan yang sangat cantik.

Dari Silancur Highland, wisatawan dapat memandangi beberapa gunung dari kejauhan yang ditumbuhi pepohonan hijau yang rindang dan view langit biru yang sangat menawan. Silancur Highland yang berada di Kaliangkrik ini menjadi spot terbaik untuk melihat matahari terbit atau sunrise.

Selain pemandangan indah dari sunrise nya, Silancur Highland juga menawarkan keindahan view kota Magelang pada malam hari yang sangat keren. Selain view pemandangan pegunungan dan perkotaan yang indah, Silancur Highland juga memiliki spot foto tidak kalah menarik di area perkebunan yang ditumbuhi tanaman bunga yang berwarna-warni.

Sehingga untuk yang ingin menikmati alam di daerah Kaliangkrik Magelang untuk bersantai sejenak ataupun bermalam dan berkemah. Silancur Highland bisa menjadi pilihan yang tepat, untuk tiket masuk ke Silancur Highland juga sangat murah hanya Rp 10 ribu per orang dan untuk yang ingin camping disini dikenakan biaya Rp 15 ribu per orang.

2. Nepal van Java

Nepal Van Java masuk dalam salah satu rekomendasi 10 tempat wisata Di Kaliangkrik karena memiliki view pemandangan yang terbaik. Nepal Van Java di Magelang ini sempat viral di media sosial karena memiliki view pegunungan mirip dengan yang ada di Nepal.

Lokasi Nepal Van Java tepatnya berada di Dusun Butuh yang masuk dalam Desa Temanggung di Kecamatan Kaliangkrik, Magelang. Nepal Van Java berada dekat dengan lereng Gunung Sumbing, sehingga tidak heran suasana di tempat ini sangat nyaman dan sejuk.

Dan yang paling menarik adalah tata letak dari rumah-rumah penduduk yang berada di kawasan ini menyerupai tata letak dari rumah penduduk yang ada di Nepal. Sehingga tidak heran jika nama dari tempat wisata ini dikenal dengan nama Nepal Van Java.

Jika ingin berkunjung ke Nepal Van Java, Anda bisa melakukan perjalanan sekitar 21.5 km dari pusat Kota Magelang dan waktu tempuh perjalanannya sekitar 1 jam. Untuk dapat menikmati pemandangan mirip Nepal ini, wisatawan hanya dikenakan tiket parkir motor Rp 2 ribu dan untuk tiket parkir mobil Rp 5 ribu.

3. Mangli Sky View

Satu lagi spot terbaik untuk menikmati pemandangan pegunungan di daerah Kaliangkrik yang tidak boleh dilewatkan yaitu Mangli Sky View. Mangli Sky View berada di ketinggian 1.570 mdpl dan lokasinya berada di Gunung Sumbing bagian timur, tepatnya berada di Desa Mangli.

Mangli Sky View menawarkan view beberapa pegunungan sekaligus dalam satu spot gardu pandang. Gunung yang dapat dilihat dari gardu pandang di Mangli Sky View adalah Gunung Sumbing, Gunung Merapi, Gunung Ungaran, Gunung Merbabu, Gunung Giyanti, Gunung Andong, Gunung Tidar dan Gunung Telomoyo.

Adanya view pegunungan yang menakjubkan ini dipastikan wisatawan akan betah berlama-lama saat berada di Mangli Sky View. Jika tidak puas menikmati tempat ini hanya sebentar, pihak pengelola tempat ini juga telah menyediakan Camp Area yang memiliki fasilitas yang lengkap. Fasilitas yang didapatkan saat berkemah disini adalah warung, kamar mandi, mushola, listrik dan tersedia Wifi.

Untuk menikmati alam yang ada di Mangli Sky View, wisatawan cukup membayar Rp 5 ribu per orang untuk tiket masuknya. Untuk bermalam di camp yang ada di tempat ini per orang dikenakan biaya Rp 15 ribu. Untuk harga peralatan camping di Mangli Sky View sekitar 5 ribu sampai 50 ribu.

4. Taman Bunga Pagoda

Taman Bunga Pagoda adalah salah satu desa yang berada di daerah pegunungan yang menyajikan view yang sangat indah dari pegunungan dan persawahan yang memanjakan mata. Dari Taman Bunga Pagoda kita dapat melihat secara jelas beberapa gunung seperti Gunung Sumbing di sebelah barat, Gunung Merbabu dan Merapi di sebelah Timur.

Taman Bunga Pagoda juga sempat viral karena spot wisata di tempat ini cocok untuk dijadikan spot foto yang instagramable dan sering juga digunakan untuk spot foto prewedding. Selain itu tempat ini juga cocok untuk yang ingin berwisata bersama keluarga ataupun rombongan, karena fasilitas di Taman Bunga Pagoda sangat lengkap. Ada berbagai spot yang bisa dinikmati orang dewasa maupun oleh anak-anak. Sehingga liburan di Taman Bunga Pagoda benar-benar akan seru dan menyenangkan.

Untuk harga tiket Taman Bunga Pagoda Rp 10 ribu per orang, dengan harga yang murah tersebut wisatawan sudah dapat menikmati area bermain, wahana wisata seperti taman bunga, taman air, pagoda dan wahana lainnya. Selain itu disini juga terdapat saung dan gazebo yang bisa digunakan untuk berteduh dan bersantai. Lokasinya berada di Dusun Candirejo yang masuk dalam wilayah Kecamatan Kaliangkrik dan waktu tempuh perjalanan dari pusat Kota Magelang sekitar 30 menit.

5. Wisata Alam Bukit Trianggulasi

Wisata Alam Bukit Trianggulasi juga masuk dalam daftar rekomendasi 10 tempat wisata Di Kaliangkrik yang kami sajikan disini. Karena Wisata Alam Bukit Trianggulasi yang berada di Desa Mangli ini memiliki view pemandangan dari Gunung Sumbing dan lampu-lampu perkotaan di Magelang yang memukau. Kawasan wisata ini memiliki suasana yang sejuk karena banyak pohon-pohon rindang, sehingga spot foto yang ada di wisata Jawa Tengah ini sangat nyaman.

Bukit Trianggulasi juga bisa menjadi tempat camping yang tepat untuk keluarga atau pemula. Karena disini pemandangan sunrise dan sunsetnya sangat menarik, selain itu fasilitas yang ada di kawasan wisata ini juga cukup lengkap karena sudah tersedia mushola, warung dan tempat MCK.

Untuk yang ingin camping di Bukit Trianggulasi cukup membayar Rp 15 ribu dan Rp 5 ribu untuk parkir motor. Untuk yang ingin camping dan tidak membawa alat camping, bisa menyewa tenda dan perlengkapan camping langsung ke pengelola Bukit Trianggulasi. Harga sewa alat camping di Bukit Trianggulasi cukup terjangkau sekitar Rp 170 ribu sudah dapat tenda untuk 4 orang, 4 sleeping bag, dan 4 matras.

6. Watu Tumpang

Watu Tumpang lokasinya berada di area hutan yang berada di Desa Ketangi di Kecamatan Kaliangkrik. Berbeda dengan beberapa 10 tempat wisata di Kaliangkrik lainnya yang telah disebutkan sebelumnya. Di Watu Tumpang belum dikelola sebagai objek wisata, sehingga fasilitas yang ada di tempat ini masih terbatas

Walaupun fasilitasnya masih terbatas tetapi view pegunungan dan Kota Magelang dari Watu Tumpang sangatlah indah. Di Watu Tumpang wisatawan juga dapat menikmati suasana sunset dan sunrise yang sangat indah dan memanjakan mata. Karena belum dikelola sebagai tempat wisata, tiket masuk ke Watu Tumpang masih gratis.

7. Wana Wisata Gunung Payung

Wana Wisata Gunung Payung merupakan salah satu spot wisata baru yang ada dalam daftar 10 tempat wisata di Kaliangkrik. Wana Wisata Gunung Payung tiket masuknya sekitar Rp 5 ribu per orang dan tiket parkir Rp 5 ribu untuk motor.

Dibandingkan spot lainnya di Kaliangkrik, spot wisata ini aksesnya cukup sulit tetapi view pemandangan di tempat ini bisa dijadikan tempat refreshing yang memuaskan. Beberapa spot foto dan gradu pandang dapat wisatawan nikmati di tempat ini.

Sehingga aktivitas foto selfie yang cantik dan menarik bisa Anda lakukan di tempat ini dengan lebih leluasa. Untuk yang ingin datang ke Wana Wisata Gunung Payung bisa datang ke Desa Ketangi yang ada di Kecamatan kaliangkrik.

8. Curug Kembang Silawe

Jika yang ingin menikmati wisata air terjun di dalam daftar 10 tempat wisata di Kaliangkrik, Anda bisa datang ke Curug Kembang Silawe. Air terjun ini lokasinya berada di Dusun Cepogo di Desa Munggangsari di Kecamatan Kaliangkrik. Air terjun disini cukup tinggi dan bisa dinikmati dengan mandi di sekitar air terjun ataupun hanya bermain air.

Untuk akses ke Curug Kembang Silawe saat ini sudah cukup mudah karena sudah terdapat beberapa tangga beton untuk akses menuju ke air terjunnya. Karena masih belum dikelola sebagai tempat wisata umum, fasilitas di area Curug ini juga masih terbatas. Tetapi untuk suasana di curug ini sudah cukup memanjakan mata dan bisa sebagai tempat ngadem serta berenang di sekitar air terjun.

9. Desa Wisata Mangli

Desa Wisata Mangli juga bisa menjadi alternatif dari 10 tempat wisata di Kaliangkrik yang kami sebutkan disini untuk melihat view pegunungan yang indah. Spot wista di Kaliangkrik tepatnya di Desa Kebonlegi ini juga tidak sepopuler beberapa tempat wisata yang telah kami sebutkan di atas. Karena pengelolaan wisata di Desa Wisata Mangli masih sangat terbatas dikelola warga desa.

Tetapi walaupun pengelolaan wisata dan fasilitas masih terbatas, di tempat ini view yang disajikan tidak kalah menarik dibandingkan tempat wisata di kawasan Kaliangkrik. Saat ini juga sudah ada beberapa spot foto selfie dengan latar belakang pemandangan gunung yang sangat indah. Di Desa Wisata Mangli wisatawan juga bisa camping untuk menikmati suasana malam yang indah dan sunrise di pagi hari yang memukau.

10. WANA Mukti Siguedhe Kebonlegi

WANA Mukti Siguedhe Kebonlegi adalah salah satu tempat wisata baru di Desa Kebonlegi, Kaliangkrik yang masih dalam tahap pembangunan. Sehingga apabila sudah selesai bisa dikatakan WANA Mukti Siguedhe Kebonlegi tidak kalah dibandingkan spot populer lainnya yang kami sebutkan dalam 10 tempat wisata di Kaliangkrik, seperti Silancur Highland, Nepal van Java ataupun Mangli Sky View.

Tetapi saat ini di WANA Mukti Siguedhe Kebonlegi sudah ada beberapa fasilitas yang sudah bisa digunakan seperti gazebo, toilet, mushola dan area parkir yang cukup luas. Yang menarik nantinya gardu pandang di tempat ini terdiri dari 2 lantai, sehingga untuk melihat pemandangan pegunungan di tempat ini akan lebih luas. Nantinya jika sudah selesai pembangunan di tempat ini juga ada taman dan kolam.

Itulah tadi daftar rekomendasi 10 tempat wisata di Kaliangkrik terindah dan terbaik yang bisa menambah daftar tempat wisata di Magelang yang bisa Anda kunjungi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!