Travel  

10 Tempat Wisata di Balikpapan yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Balikpapan yang Wajib Dikunjungi

tribunwarta.com – Sudah mendapat rekomendasi hotel dan tempat nongkrong di Balikpapan, kini saatnya Anda mencari tempat wisata di kota tersebut. Ada beragam tempat wisata menarik di kota yang dikenal sebagai kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia ini. Jadi, siapkan dana dan diri Anda sendiri untuk berpelesir di Kota Balikpapan.

Bila Anda belum memiliki rencana untuk berwisata di Balikpapan, Keluyuran akan memberikan beberapa pilihan tempat wisata di Balikpapan yang paling bagus dan disukai oleh para wisatawan. Penasaran? Yuk, langsung saja simak daftar selengkapnya berikut ini.

10 Tempat Wisata Di Balikpapan

1. Hutan Bakau Margomulyo

* sumber: bpp.renyah.com

Dewasa ini, hutan bakau di beberapa wilayah sudah menjadi sebuah tempat wisata yang banyak dikunjungi. Pun begitu dengan Hutan Bakau Margomulyo yang berada di Balikpapan ini. Hutan yang dekat dengan pusat kota ini merupakan habitat bagi burung, ikan, dan beberapa hewan lainnya.

Ada jembatan sepanjang 800 meter yang dibangun agar wisatawan lebih nyaman dan mudah menjelajahi hutan bakau ini. Untuk masuk ke tempat wisata di Balikpapan ini Anda tidak perlu membayar karcis masuk sepeser pun.

2. Pantai Lamaru

Jika sedang berada di Balikpapan, sempatkan diri untuk bersantai di tepi Pantai Lamaru. Pantai yang di sekitarnya ini banyak ditumbuhi pohon-pohon cemara ini menawarkan suasana yang asri dan pemandangan yang indah.

Meskipun pasir di pantai ini tidak putih bersih, tetapi toh Pantai Lamaru tetap menjadi idola bagi masyarakat sekitar dan wisatawan. Apabila Anda ingin bersantai di sini, datanglah pada sore hari. Anda bisa duduk-duduk atau jalan-jalan santai sambil menikmati pemandangan matahari terbenam.

3. Penangkaran Buaya Teritip

Tempat wisata yang satu ini mungkin sedikit seram. Pasalnya, tempat wisata yang akan kami bahas selanjutnya adalah Penangkaran Buaya Teritip. Penangkaran buaya yang berada di Jalan Mulawarman No. 66, Teritip, Balikpapan Timur ini memiliki ribuan ekor buaya. Jenis buaya yang dilindungi adalah buaya air tawar dan buaya supit.

Wisatawan yang datang ke taman buaya seluas 5 hektar bisa berfoto atau memberi makan buaya. Bahkan, kita juga bisa mencicipi sate buaya atau memberi berbagai kerajinan yang terbuat dari kulit buaya. Tenang saja, sate dan kerajinan ini berasal dari buaya muara yang spesiesnya masih cukup banyak.

4. Pantai Kemala

Perlu Anda ketahui bahwa Pantai Kemala adalah satu-satunya tempat wisata di Balikpapan yang tidak boleh dilewatkan. Pasalnya, suasana di pantai ini tentu saja akan mengingatkan kita pada pantai-pantai yang ada di Bali dan Lombok.

Pasir pantai yang bersih dan ombak yang tidak terlalu besar membuat banyak orang tertarik untuk menghabiskan waktu luang di Pantai Kemala. Di tepi pantai ada pula restoran seafood internasional yang perlu Anda coba. Bagi Anda yang berdomisili di Balikpapan, tak perlu jauh-jauh ke Bali atau Lombok untuk berlibur di pantai yang cantik.

5. Taman Bekapai

* sumber: ksmtour.com

Mengapa taman ini dinamakan Bekapai? Karena Bekapai artinya adalah santai. Ya, Taman Bekapai adalah tempat santainya masyarakat Balikpapan. Jika Anda ingin mencicipi kuliner khas Balikpapan, maka berkunjunglah ke Taman Bekapai ini.

Di tempat ini, ada banyak pedagang makanan dan minuman, terutama pada saat sore dan malam hari. Berbeda dengan taman-taman di kota lain, tampilan dari Taman Bekapai ini tergolong mewah dan meriah. Banyak lampu warna-warni yang menghiasi sekitar taman. Selain itu, di tengah taman juga ada air mancur yang menambah sejuk suasana.

6. Monumen Perjuangan Rakyat (MONPERA) Balikpapan

* sumber: www.klikbalikpapan.co

Monumen yang satu ini adalah bukti sejarah perjuangan rakyat Indonesia yang berdomisili di Balikpapan saat melawan penjajah. Monpera berada di Jalan Jenderal Sudirman, tepatnya di depan markas Makodam VI Tanjung Pura. Akan tetapi, monumen ini berbeda dari monumen rakyat di kota lainnya. Lantas, apa yang membuat monumen ini berbeda?

Monpera berada di depan sebuah pantai dengan pasir putih. Jadi, monumen ini banyak dikunjungi oleh wisatawan yang juga ingin bersantai di pantai tersebut. Sambil mengenang sejarah bangsa kita di Monpera ini, tak ada salahnya jika kita juga sekaligus berlibur di pantai berpasir putih tersebut.

7. Pantai Banua Patra

Menikmati sunset di Kota Balikpapan adalah pilihan yang sangat tepat. Pasalnya, ada pantai-pantai eksotis yang terdapat di kota ini, salah satunya adalah Pantai Banua Patra. Di tepi pantai ini berdiri bebatuan karang yang sangat kokoh. Meskipun tidak memiliki pasir putih, tetapi banyak masyarakat yang berkunjung kemari untuk sekedar duduk di bebatuan karang tersebut.

Pantai Banua Patra tidak direkomendasikan untuk dipakai berenang. Hal tersebut dikarenakan tepi-tepi pantai ini dipenuhi dengan batu karang yang dapat melukai Anda. Pantai ini ramai dikunjungi pada sore hari karena banyak yang ingin melihat pemandangan matahari terbenam.

8. Kampung Atas Air Margasari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!