Travel  

10 Tempat Liburan Murah di Jakarta untuk Berakhir Pekan

10 Tempat Liburan Murah di Jakarta untuk Berakhir Pekan

tribunwarta.com – Dana yang terbatas tidak menutup kemungkinan untuk tetap dapat berlibur bersama teman-teman maupun keluarga. Jika Anda berdomisili di Jakarta, Anda bisa berkunjung ke tempat liburan murah di Jakarta yang mungkin sudah sering Anda dengar tetapi belum pernah Anda kunjungi sebelumnya. Jadi, tak perlu berpelesir keluar kota, karena di Jakarta sudah tersedia beragam tempat liburan yang menyenangkan tapi murah meriah.

Berikut ini Keluyuran akan memberikan informasi mengenai tempat liburan murah di Jakarta. Tempat wisata murah meriah di Jakarta ini tentunya tidak akan menguras isi dompet Anda. Selain itu, warga luar kota yang sedang berkunjung ke Jakarta juga bisa datang ke tempat liburan ini untuk sekedar refreshing dan berjalan-jalan.

10 Tempat Liburan Murah di Jakarta

1. Monumen Nasional (Tugu Monas)

* sumber: m.nusantaratv.com

Siapa yang tak kenal dengan landmark Kota Jakarta yang satu ini? Ya, Monumen Nasional atau yang lebih akrab dikenal dengan nama Tugu Monas ini merupakan tempat wisata murah yang ada di Jakarta. Di Monas, tersedia lift berkapasitas 11 orang yang siap mengantar Anda untuk sampai ke puncak Monas.

Di atas tugu berketinggian 115 meter ini kita bisa menyaksikan pemandangan Kota Jakarta yang sangat mempesona. Bahkan, kita bisa melihat Gereja Katedral, Masjid Istiqlal, Mahkamah Konstitusi, dan Istana Merdeka dari puncak Monas.

Monas tidak hanya ramai dikunjungi pada akhir pekan atau musim liburan saja, lho! Bahkan, saat bulan ramadhan tiba, Monas menjadi salah satu tempat ngabuburit paling favorit yang jadi pilihan warga Jakarta dan sekitarnya.

2. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Salah satu rekomendasi tempat jalan-jalan di Jakarta yang murah dan edukatif adalah Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Tempat wisata yang berdiri di lahan seluas 150 hektar ini menyediakan berbagai wahana permainan yang menyenangkan dan wisata edukatif bagi anak-anak.

Di TMII Anda bisa menemukan Anjungan Daerah yang berisi rumah dan pakaian adat dari semua provinsi yang ada di Indonesia. Selain itu, ada pula sarana rekreasi yang sangat menyenangkan, mulai dari kereta gantung, Taman Among Putra, sampai dengan Kolam Renang Snow Bay. Ingin menginap di sini? Tak masalah karena terdapat beberapa pilihan penginapan di sekitar Taman Mini.

3. Kebun Binatang Ragunan

Kebun binatang yang satu ini juga cukup terkenal sebagai tempat liburan murah di Jakarta. Ya, apalagi jika bukan Kebun Binatang Ragunan. Tempat wisata yang sudah berdiri sejak tahun 1864 ini memiliki lebih dari 2.000 ekor satwa.

Di samping itu, kebun binatang seluas 147 hektar ini ditumbuhi sekitar 50 ribu pohon yang membuat suasana di sini terasa asri dan sejuk. Harga tiket masuk di Kebun Binatang Ragunan terbilang sangat murah, yakni tidak lebih dari lima ribu rupiah. Apabila Anda mengajak anak-anak, mereka bisa menaiki satwa atau wahana yang tersedia di Kebun Binatang Ragunan ini.

4. Kota Tua Jakarta

Tidak ada kota tua di kota-kota lain yang popularitasnya menandingi Kota Tua Jakarta. Kawasan kota tua di Jakarta ini memang selalu menarik untuk dikunjungi. Bahkan, kota tua yang selalu dijadikan sebagai tempat hunting foto menarik ini, akan bertambah ramai pada saat akhir pekan.

Di kawasan kota tua Anda dapat mengunjungi Pelabuhan Sunda Kelapa, Museum Fatahillah, dan Museum Bank Indonesia. Saat sore hari banyak pengunjung yang berfoto-foto karena latar suasana di Kota Tua sangat instagramable. Selain itu, banyak juga yang hanya sekedar berjalan-jalan santai, hingga bersepeda di kawasan kota tua. Pada malam hari, ada pasar malam dadakan yang digelar di kota tua ini.

5. Museum Nasional

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata “Museum Nasional”? Mungkin Anda berpikir bahwa tempat ini sarat akan peninggalan sejarah. Ya, memang benar bahwa di Museum Nasional Anda bisa menjumpai berbagai hal yang sarat akan sejarah, tapi di sini Anda juga bisa menemukan koleksi yang berkaitan dengan zaman prasejarah, arkeologi, geografi, numismtik-heraldik, etnografi, dan keramik.

Biaya tiket masuk ke Museum Nasional ini murah, yakni Rp 5.000 untuk dewasa dan Rp 2.000 untuk anak-anak. Museum Nasional buka setiap hari Selasa sampai dengan Minggu mulai pukul 8 pagi sampai 4 atau 5 sore. Dan jika Anda termasuk penggemar wisata museum, Anda juga harus menyempatkan diri untuk mengunjungi museum yang ada di Jakarta lainnya yang tentunya bukan hanya menarik, tetapi juga menambah ilmu pengetahuan.

6. Kawasan Pecinan Glodok

Jika Singapura dan Kuala Lumpur memiliki Chinatown, Jakarta juga memiliki Chinatown di Glodok. Kawasan pecinan yang satu ini memang banyak dihuni oleh warga keturunan Tionghoa.

Bahkan, Glodok diklaim sebagai kawasan pecinan terbesar di Indonesia dibandingkan dengan yang ada di kota-kota lain. Glodok terletak tak jauh dari Kota Tua Jakarta. Suasana yang sangat oriental akan sangat terasa bila Anda menyusuri jalan-jalan yang ada di Glodok.

Tak hanya itu saja, bangunan rumah ibadah umat Buddha yang berada di Glodok akan menambah kental suasana khas kawasan pecinan. Selain menjadi pusat perdagangan elektronik, Glodok juga menawarkan wisata kuliner ala Chinese yang patut untuk dicoba.

7. Museum Wayang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!