Travel  

10 Tempat Camping di Jawa Tengah yang Paling Hits

10 Tempat Camping di Jawa Tengah yang Paling Hits

tribunwarta.com – Selain mengunjungi tempat wisata, menghabiskan liburan juga bisa dilakukan dengan camping. Aktivitas outdoor ini selain bisa menghilangkan penat di alam bebas juga bisa membuat kita lebih dekat dengan alam. Di Provinsi Jawa Tengah, ada beberapa tempat camping hits yang cocok untuk anda yang suka aktivitas alam bebas. Selengkapnya anda bisa menyimak ulasan berikut.

1. Telaga Dringo

Telaga Dringo yang berada di barat daya dataran Tinggi Dieng bisa anda jadikan sebagai tujuan. Keindahan alam yang dimiliki wisata alam ini membuat siapapun ingin berlama lama. Sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat berkemah dengan teman teman atau keluarga. Menawarkan kawasan yang asri, dijamin anda akan betah berlama lama.

Dengan mendirikan tenda di kawasan ini anda akan mendapatkan sensasi bermalam yang berbeda. Mengingat telaga ini termasuk telaga paling tinggi di Jawa Tengah dengan ketinggian sekitar 2222 mdpl. Sehingga anda sudah pasti akan bisa merasakan suasana yang asri dan sejuk. Bahkan telaga ini juga mendapat julukan sebagai miniatur dari Ranu Kumbolo.

Bukan hanya untuk menikmati pemandangan, rata rata yang camping di telaga cantik ini untuk berburu sunset. Ketika pagi hari, anda juga akan disambut dengan sunrise begitu membuka mata. Dibalik kemolekan alamnya, Telaga Dringo juga menawarkan berbagai fasilitas yang cukup lengkap. Mulai dari toilet umum sampai dengan penjual makanan juga minuman.

2. Sunrise Camp Gunung Prau

Jika ingin menikmati sensasi camping di Gunung, maka Sunrise Camp Gunung Prau adalah pilihan yang tepat. Gunung Prau sendiri memang terkenal dengan lanskapnya yang sungguh luar biasa. Medannya tidak terlalu sulit sehingga banyak pendaki pemula yang menantangnya. Berada di batas tiga kabupaten, anda akan jatuh hati dengan pesona yang ditawarkan.

Untuk anda yang berencana camping, anda bisa memilih tiga jalur untuk jadi rute tempuh anda. Bisa melalui Jalur Pranten yang ada di Kec. Bawang, Kenjuran dan kendal, atau bisa dengan jalur Patak Banteng Wonosobo. Anda bisa memilih yang paling mudah dan dekat dengan titik anda. Sementara waktu terbaiknya adalah pada bulan Agustus sampai September.

Karena pada saat itu anda akan bisa menikmati pemandangan padang rumput kering dan gunung Prau yang megah. Beberapa gunung lainnya juga terlihat mengelilingi gunung ini. Bermalam di kawasan ini, anda bisa merasakan cantiknya golden sunrise yang tak akan terlupakan. Apalagi udara sejuk dan hamparan awan di depan mata juga semakin menambah pesonanya.

3. Mawar Camp

Anda yang berada di Semarang, Mawar Camp bisa dijadikan sebagai pilihan sebagai tempat untuk mendirikan tenda. Berada di Gunung Ungaran, tentu anda sudah bisa menembak suasana dan pemandangannya. Termasuk daerah yang memiliki udara sejuk, anda tak akan menyesal camping di sini. Lokasinya di area pintu gerbang untuk menuju pendakian Gunung Ungaran.

Sebelumnya kawasan camping ini akan ramai ketika akhir pekan saja, namun sekarang hampir setiap hari ada saja yang camping. Akses menuju lokasi juga sudah mulus, menjadikan semua kalangan akan mudah menjangkaunya. Area campingnya juga terbilang luas, cocok untuk jadi tempat menghabiskan akhir pekan atau liburan dengan keluarga atau teman teman.

Anda akan disuguhkan panorama dari atas ketinggian yang memanjakan mata. Kegiatan camping semakin seru dan nyaman dengan hadirnya fasilitas yang cukup lengkap. Mulai dari toilet, lahan parkir luas, mushola sampai dengan spot selfie. Anda yang tidak membawa alat kemah juga bisa menyewa ditempat. Pemandangan beberapa gunung sekitar juga akan menjadi bonus.

4. Camp Area Umbul Bengkok

Berada di Banyumas, bisa dikatakan jika Umbul Bengkok termasuk wisata yang baru. Perjalanan yang perlu ditempuh dari pusat kota Purwokerto tak terlalu jauh, sekitar 25 menitan. Lokasinya yang ada di kaki Gunung Slamet, akan membuat anda terpana karena anda bisa menikmati panorama dari atas ketinggian 500 sampai 600 mdpl.

Jika anda ingin praktis, anda bisa langsung menyewa peralatan di tempat. Di lokasi memang sudah ada tenda dan alas tidur yang memadai. Konsepnya mirip dengan glamping, namun ditawarkan dengan harga yang bersahabat. Nantinya dalam satu tenda bisa dihuni oleh 4 orang. Pemandangan yang disuguhkan juga tak kalah indah dan membuat anda betah.

5. Bumi Perkemahan Sekipan

Bermalam di tengah alam yang indah memang banyak dijadikan pilihan menghabiskan liburan. Bagi anda yang berada di daerah Karanganyar, bisa menjadikan Bumi Perkemahan Sekipan sebagai pilihan. Camp ground ini termasuk kondang dan siap menawarkan pemandangan yang luar biasa. Bukit Sekipan sendiri bahkan sudah ada sejak masa Belanda dahulu.

Sebelum difungsikan sebagai bumi perkemahan, Bukit Sekipan adalah lokasi tempat TNI berlatih. Hingga akhirnya diresmikan di tahun 2015 dan sampai saat ini masih menjadi jujugan. Bukan hanya untuk keluarga atau teman teman, beberapa instansi juga kerap mengadakan acara bermalam di bukit Sekipan.

Udaranya yang sejuk atau terbilang dingin, begitu pas untuk dihabiskan dengan api unggun. Lahannya terbilang puas dan bisa menampung beberapa tenda besar sekalipun. Anda juga bisa menikmati berbagai fasilitas yang terbilang lengkap. Kehadiran wahana seperti flying fox, trampoline, jembatan goyang hingga spot untuk berfoto semakin menambah lengkap keindahannya.

6. Wana Campsite Nglimut

Beralih ke Kendal, anda juga bisa menemukan area camping yang hits. Lokasinya berada di tengah tengah hutan pinus dengan pemandangan yang memanjakan mata. Karena terletak di lereng Gunung Ungaran, sudah pasti anda akan menikmati udara yang sejuk cenderung dingin. Sangat cocok untuk anda yang ingin jauh dari suasana hiruk pikuk kota.

Fasilitas yang disediakan begitu lengkap, membuat pengunjung akan semakin tak ingin pulang. Fasilitas umum berupa toilet, mushola sampai warung makan anda tak perlu khawatir. Sumber airnya sudah dekat dengan parkiran yang juga luas. Tak jarang anda akan dimanjakan dengan alunan live music yang biasanya akan tampil saat akhir pekan.

Menikmati camping di tempat camping hits ini tidak hanya bermalam dan tertidur di tenda. Malam hari anda bisa mengobrol sekaligus barbeque atau api unggun. Saat siang hari bisa memasang hammock di antara pohon pinus sembari berburu foto yang instagramable. Anda yang tak memiliki tenda juga bisa menyewa di lokasi. Soal sinyal masih bisa untuk berkomunikasi.

7. Camping Ground Pinus Cunthel

Layaknya camping ground lainnya, destinasi satu ini juga berada di kaki pegunungan. Tepatnya berada di kaki Gunung Merbabu diantara jalur pendakian Thekelan dan Wekas. Banyak yang menjadi area camping ground di Semarang ini sebagai pilihan. Karena selain menawarkan panorama khas pegunungan, fasilitas yang bisa ditemukan juga telah memadai.

Areanya yang cukup luas semakin menambah daftar panjang alasan mengapa tak pernah sepi. Berkemah dengan keluarga ataupun acara bukanlah ide buruk di lakukan di Camping Ground Pinus Cunthel ini. Dari area camping ground, anda sudah bisa menikmati megahnya Gunung Telomoyo dan Ungaran dari jauh. Yang jelas akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan begitu saja.

8. Bumi Perkemahan Karangsari Park

Rembang juga memiliki destinasi kemah hits yang dikenal dengan Bumi Perkemahan Karangsari Park. Selain bisa bermalam di tengah alam terbuka, berbagai hal menarik juga bisa dilakukan di sini. Mulai dari mengenal berbagai jenis tanaman yang ada. Di sini anda bisa menemukan pohon jambu mete yang kerap mencuri perhatian.

Semakin seru jika membawa anak anak ke area camping ini. Belum lagi anda juga akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang disediakan. Inilah mengapa banyak sekolah sekolah ataupun instansi yang mengadakan acara di sini. Ketika anda di Rembang tak ada salahnya untuk mencoba bermalam di kawasan camping ini.

9. Camp Ground Sikunir

Sikunir Dieng termasuk destinasi kondang yang tak boleh anda lewatkan. Keindahan yang disuguhkan sudah akui oleh mereka yang gemar berburu pemandangan sunrise. Bagi anda yang ingin lebih lama, anda bisa menjadikan Campground Sikunir sebagai pilihan. Larena bukit yang ada di Desa Sembungan ini memiliki ketinggian sekitar 2306 mdpl.

Dari sini anda bisa menikmati pemandangan Dieng dari atas ketinggian. Udaranya cenderung dingin dan menawarkan suasana yang tenang. Golden Sunrise Sikunir menjadi daya tarik utama yang banyak diburu. Tidak ketinggalan dengan kabut awan yang membawa anda seakan akan sedang di atas awan. Belum lagi fasilitas yang disuguhkan juga begitu lengkap.

10. Bumi Perkemahan Kajar

Untuk anda yang berada di wilayah Kudus juga masih bisa bermalam di alam terbuka di area Bumi Perkemahan Kajar. Berada di lereng Gunung Muria, pemandangan yang disuguhkan akan memanjakan penglihatan. Areanya luas dengan fasilitas pendukung yang cukup lengkap. Selain bermalam anda juga bisa mencoba aktivitas outbondnya.

Masing-masing daerah di Jawa Tengah sebenarnya memiliki area camping yang bisa jadi pilihan. Belum lagi setiap tempat juga memiliki keunikan yang akan memberikan pengalaman yang berbeda. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan anda. Baik pergi dengan keluarga atau acara tertentu akan memberikan sensasi tersendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!