Travel  

10 Taman Bambu di Indonesia

10 Taman Bambu di Indonesia

tribunwarta.com – Taman kini menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk kelangsungan ekosistem yang ada di lingkungan kota.

Taman berfungsi menyaring udara kotor dan meminimalisir zat-zat yang membuat polusi dan memberikan air yang jauh lebih bersih.

Tentu saja tata kota harus menyediakan taman sekitar 30 % dari luas yang dimiliki agar udara bisa di saring oleh pepohonan di sekitarnya.

Bambu menjadi salah satu pepohonan dengan tingkat pertumbuhan yang tinggi dan mampu menghasilkan udara bersih.

Dengan kemampuannya untuk menyerap udara serta air yang sangat bagus, membuat beberapa kawasan di Indonesia menyediakan taman Bambu.

Dan berikut adalah daftar taman Bambu yang bisa dijumpai di Indonesia selain di Sumowono kota Semarang.

1. Jakarta Timur

Taman bambu di Daerah Khusus Ibukota terletak di Lubang Buaya Jaktim atau Jakarta Timur 13890. Kawasan ini dekat Pagelarang, Sumir, Setu, Cipayung dan rumah SBY serta Pondok Gede.

Area ini cukup ramai terutama di kala sore hari. Pasalnya banyak warga sekitar senang menikmati suasana taman minimalis bernuansakan khas Kyoto, Jepang tersebut.

Saat weekend tiba, taman ini akan penuhi warga masyarakat yang ingin berlibur atau bersantai sejenak.

Di area pelataran taman biasanya akan digelar event pasar kaget terutama setiap weekend. Jadi secara otomatis membuat area lalu lintas lebih macet.

Kawasan wisata tersebut juga telah menyediakan beberapa fasilitas seperti area taman bermain tangga-tanggaan hingga plosotan untuk memanjakan anak-anak.

Selain area permainan anak-anak, sudah ada pula gazebo yang terbuat dari bambu sehingga tampak lebih asri serta alami.

Spot ini bisa diakses dari Bekasi, Bogor, Cedang TMII, Indraloka Ceger, Cilangkap atau Cimahi. Taman ini menjadi salah satu taman bambu selain di daerah Larangan, Jakarta Barat.

2. Bandung

Selain di Jakarta, Bandung juga menyediakan kawasan wisata bernama Dusun Bambu. Spot ini menyajikan pemandangan sangat indah karena terletak di kaki Gunung Burangrang Cisarua Lembang.

Dihiasi dengan pepohonan serta bunga yasmin atau melati membuat panorama di sekitarnya semakin terlihat begitu indah.

Di kawasan wisata tersebut juga sudah disediakan berbagai macam restaurant, villa serta fasilitas lainnya seperti Pasar Khatulistiwa hingga Tegal Pangulinan.

Berkunjung kesini, para wisatawan bisa melakukan berbagai macam aktifitas seperti bersepeda, menikmati udara yang dingin serta berkemah di bumi perkemahan Dusun Lembang.

Untuk restoran, sudah ada beberapa restaurant dengan kualitas kuliner lezat, seperti Lutung Kasarung yang mengusung konsep dalam sangkar burung.

Selain itu ada pula Purbasari Restaurant yang menyajikan masakan khas Sunda dengan pemandangan aduhai. Letak resto ini berada di pinggir danau dan sangat cocok untuk dijadikan obyek foto.

Selain bersepeda para wisatawan juga bisa melakuan olahraga lainnya seperti lari ataupun jogging.

3. Pring Kuning Kudus

Taman bambu juga bisa ditemui di Kudus, Kabupaten Jawa Tengah. Di sini terdapat 3 tempat dengan konsep sama yaitu Pring Kuning, Mejobo dan juga Taman Sardi.

Nama kedua merupakan taman dengan wisata Menara Pisang yang letaknya berada di daerah Dawe Kudus Jawa Tengah. Taman tersebut sangat ramai saat hari libur nasional atau weekend tiba.

Kehadiran Menara pisang juga membuat banyak turis tertarik mengambil foto dan gambar disini. Selain itu, spot tersebut juga menawarkan tempat berkemah atau camping buat mereka yang ingin menginap menikmati suasana malam di alam bebas.

Bukan hanya itu, berbagai macam fasilitas penunjang seperti air bersih, listrik, kamar mandi dan fasilitas lainnya juga telah disediakan untuk memanjakan para wisatawan.

Untuk Taman bambu Pring Kuning, lokasinya berdekatan dengan Museum Kretek. Berbeda jauh dengan Taman Sardi, di sini para wisatawan bisa menemukan berbagai macam bambu mulai dari bambu dari Indonesia, Cina hingga Jepang.

Selain cantik, spot tersebut juga menawarkan sisi edukasi. Menariknya lagi, taman kecil ini bisa digunakan sebagai tempat untuk bersantai di sore hari sembari menikmati sang surya kala senja.

4. Sentul

Tidak jauh dari Jakarta, di daerah Sentul City dekat BSD dan Perumahan Dasana Indah juga terdapat taman bambu bernama Eco Art park Sentul.

Objek wisata alam ini terletak di kompleks perumahan Sentul City dan hadir mengedepankan konsep ramah lingkungan dengan menyediakan ruang terbuka hijau.

Lokasi wisata ini memiliki luas sekitar 500 meter persegi dan terdapat patung atau sculpture unik di dalamnya.

Menariknya, lokasinya dekat dengan sungai Cikeas, Bellanova Mall dan tempat wisata kuliner Ah Poong.

Kawasan Eco Art Park ini merupakan Area Seni Dan Ekologi ( konsep ramah lingkungan dengan menggabungkan unsur alam serta seni).

Selain patung-patung seni, di kawasan wisata tersebut juga terdapat puri atau istana mini yang cukup unik.

5. Seminyak

Di daerah Seminyak, Bali juga ada sebuah taman bambu. Akan tetapi lokasi ini berupa rumah makan, letaknya dekat dengan Jalan Palawa. Tepatnya berada di daerah Bangli, Sangiran.

Selain di daerah Bangli, Sangiran, ada pula Rumah Bambu Pengalon yang bisa ditemui di sekitar kabupaten Karangasem.

Warung makan ini sangat terkenal di sekitar Bali dan hadir menyajikan aneka kuliner lezat seperti ikan patin khas nusantara baik itu yang halal ataupun non-halal.

Sementara untuk hutan alamnya sendiri berada di daerah Bangli. Hutan Penglipuran ini kerap menjadi lokasi untuk foto prewedding. Pasalnya panorama di sekitarnya sangat eksotis.

Warna hijau bambu dari jenis apus serta tanah merah dengan jalan setapak dari batu membuat kesan eksotis serta alami dimunculkan di sini.

Tidak heran jika para wisatawan berminat mengabadikan foto atau gambar prewedding mereka di sini.

6. Jogja

Kawasan wisata alam di Jogja ini letaknya berada di daerah dermaga II waduk Sermo atau lebih tepatnya di dusun Sermo Tengah, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo, DIY.

Taman terapung tersebut dibuat masyarakat dengan menyajikan tampilan cukup unik. Pas untuk muda mudi yang sedang mencari lokasi untuk menghiasi laman foto instagram.

Tempat ini memang terhitung baru karena peresmiannya sendiri pada 2 Juli 2016 lalu. Pembangunan lokasi tersebut diprakarsai oleh masyarakat di sekitar Kulon Progo dengan dukungan dari koperasi Bumiaji.

Untuk memanjakan para wisatawan sudah disediakan rakit yang dibangun di atas tong plastik dan diikat dengan rangka besi sehingga aman untuk digunakan.

Area utama pun dihiasi dengan banyak tanaman yang ditanam dalam pot lucu dan unik. Tidak heran jika banyak wisatawan tertarik berlibur ke sini.

Selain itu, telah disediakan juga meja dan kursi yang terbuat dari bahan-bahan alam. Bahkan sudah ada ikon logo dan tulisan khusus tempat wisata tersebut.

7. Klaten

Di Klaten juga sudah ada lokasi wisata bernama Cendani dan Senopati Wedi. Lokasinya terletak di daerah Ds. Sidorejo Kec. Kemalang.

Cendani ini letaknya persis di area lereng Gunung Merapi dengan akses pintu gerbang yakni dari Deles Indah.

Disini, para wisatawan bisa melihat deretan tanaman dengan pemandangan gunung Merapi yang bisa dijadikan latar belakang foto.

8. Jember

Di Jember juga sudah ada kawasan berupa cluster perumahan bernama Taman Bambu. Area ini menjadi salah satu fasos fasum (fasilitas sosial dan fasilitas umum) untuk tanaman hias.

9. Lumajang

Di desa Sumbermujur, Kec.Candipuro, Kab.Lumajang, Provinsi Jawa Timur juga terdapat hutan seluas 9 hektar.

Area di sekitar pedesaan ini ditanami sebanyak 250 jenis bambu mulai dari apus, petung ungu, petung hijau, ori, ampel hijau serta ampel kuning.

Ada pula jenis bambu cina, rampai, putih, jajag dan jepang. Semunya ori dan tersaji komplit menghiasi taman tersebut dan bisa pula menjadi pagar alami.

Pepohonan ini membentuk lorong. Di bagian arah utaranya ada sungai Besuktunggeng sebagai pintu masuk ke Desa Pasrujambe Kecamatan Pasrujambe.

Sementara di area selatan berhubungan dengan Desa Sumberwuluh dan di bagian timur terdapat Desa Penanggal Kec.Candipuro. Lalu di area barat bersinggungan langsung dengan Taman Nasional Bromo – Tengger – Semeru.

10. Malang

Masih di propinsi yang sama yaitu Jawa Timur/Jatim atau East Java, Malang juga turut menyediakan wisata Kebun Bambu di daerah Turen.

Kawasan wisata ini disebut juga dengan nama Bon Pring Andeman yang diambil dari istilah Jawa dab sudah dikenal masyarakat Indonesia sejak beberapa waktu lalu.

Bon Pring Andeman sudah digunakan oleh masyarakat semenjak tahun 1980-an sebagai sumber mata air dan untuk irigasi persawahan serta lahan pertanian mereka.

Bahkan waduk ini sering juga digunakan sebagai tempat mandi. Namun seiring perkembangan zaman, akhirnya Bon Pring Andeman ini diperluas serta dilengkapi dengan aneka wahana permainan seperti flying fox dan air mancur terindah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!