Travel  

10 Rincian Biaya Hidup di Negara Polandia Yang Sering Menjadi Tujuan Bagi Para TKI

10 Rincian Biaya Hidup di Negara Polandia Yang Sering Menjadi Tujuan Bagi Para TKI

tribunwarta.com – Menjadi TKI atau Tenaga Kerja Indonesia di luar negeri adalah impian bagi sebagian besar orang. Dengan bekerja di luar negeri, banyak orang yang berharap bisa mendapatkan gaji lebih besar untuk menafkahi keluarga di kampung.

Beberapa negara yang sering menjadi tujuan perantauan bagi para TKI antara lain Arab Saudi, Taiwan, Hong Kong, Malaysia, Singapura, dan lain-lain. Namun, orang Indonesia juga ada yang merantau ke berbagai negara di Eropa lho seperti Polandia.

Terletak di Eropa Timur, salah satu negara tetangga Hungaria ini menawarkan biaya hidup yang tidak terlalu tinggi apabila dibandingkan dengan negara-negara lain di benua yang sama. Nah, sebenarnya berapa sih biaya hidup di Polandia?

Berikut ini adalah rincian dari biaya hidup di Polandia 2022 untuk pekerja. Yuk, kita simak dulu.

1. Tempat Tinggal

Tentu saja, hal paling utama yang harus kalian pikirkan ketika akan merantau ke Polandia adalah tempat tinggal. Biaya untuk akomodasi akan menjadi pengeluaran terbesar setiap bulan bagi hampir semua orang.

Sebagai seorang pekerja, kalian tentu tidak bisa lagi tinggal di asrama seperti mahasiswa. Oleh karena itu, satu-satunya pilihan akomodasi di Polandia adalah apartemen. Harga sewa apartemen berbeda-beda ya, tergantung dari beberapa faktor.

Beberapa hal yang memengaruhi harga sewa apartemen adalah letaknya (apakah dekat dengan pusat kota atau tidak), tipenya (apakah studio atau ada berapa jumlah kamar), dan kondisi bangunannya (apakah masih baru atau sudah lama).

Harga apartemen studio berkisar dari PLN 1.500 hingga 2.000 per bulan. Sementara untuk apartemen dengan dua kamar di pusat kota harganya rata-rata PLN 2.500 hingga 3.000 per bulan.

Pilihan yang paling murah adalah dengan mengajak teman untuk menyewa apartemen bersama-sama. Kalian bisa membayar PLN 850 hingga 1.000 per orang lho jika bisa sharing!

Oh ya, sekadar informasi, mencari akomodasi di Polandia sedikit lebih susah karena cukup jarang ada landlord yang mau menyewakan properti mereka kepada orang asing. Nah, oleh karena ini kalian bisa menggunakan agen dengan biaya PLN 1.500 per orang.

2. Tagihan Utilitas

Dengan menyewa atau memiliki apartemen, tagihan utilitas adalah pengeluaran lain yang tidak bisa dihindari setiap bulannya. Jumlah biaya yang dibutuhkan untuk utilitas berbeda-beda, tergantung pemakaian setiap orang ya.

Setidaknya, kalian perlu menyiapkan PLN 500 untuk membayar tagihan utilitas setiap bulan. Jika kalian menyewa apartemen bersama teman-teman, biaya ini bisa dibagi rata sesuai dengan jumlah penghuninya lho.

3. Makan dan Minum

Kebutuhan pokok lainnya yang tidak kalah penting untuk bertahan hidup adalah makan dan minum. Nah, biaya yang dikeluarkan untuk makan setiap orang bisa berbeda-beda, tergantung dari kebutuhan dan gaya hidup.

Makan di kantin cukup murah, rata-rata akan memakan biaya sebesar PLN 12 hingga 15 untuk satu porsinya. Namun, akan lebih murah lagi jika seseorang masak sendiri di apartemen karena hanya perlu membeli bahan-bahan mentah untuk diolah.

4. Biaya Transportasi

Untuk menunjang mobilitas dalam keseharian sebagai anak rantau, tentunya kalian akan memerlukan transportasi. Bagi para pekerja, menggunakan transportasi umum di Polandia adalah pilihan yang paling umum untuk digunakan.

Ada beberapa moda transportasi di Polandia yang bisa kalian gunakan antara lain kereta, tram, bus, metro, taksi, e-scooter, e-motor, dan sepeda. Setiap transportasi akan menawarkan tarif yang berbeda-beda ya.

Tarif untuk kereta dan taksi ditentukan oleh rute dan jarak yang akan kalian tempuh. Sementara itu untuk transportasi lain seperti tram, metro, dan bus, harga tiketnya ditentukan oleh lama perjalanan yang akan kalian tempuh.

Untuk perjalanan selama 20 menit, harga tiketnya adalah PLN 3.4 satu kali jalan. Sementara itu, untuk perjalanan selama 75 hingga 90 menit akan memakan biaya sebesar PLN 4.4 satu kali jalan.

Jika kalian memiliki mobilitas yang tinggi, membeli kartu bulanan juga bisa menghemat biaya transportasi lho. Kalian cukup membayar PLN 110 per bulan atau PLN 280 per tiga bulan.

Asiknya lagi, jika kalian menunjukkan bukti telah membayar pajak saat membeli kartu bulanan tersebut, harganya dipotong menjadi PLN 250 lho!

Satu tips lagi untuk menghemat biaya transportasi adalah dengan mencari akomodasi di dekat tempat kerja kalian.

5. Komunikasi

Agar tetap bisa terhubung dengan keluarga dan teman-teman di tanah air, tentunya kalian akan memerlukan biaya untuk paket data. Jumlah untuk biaya ini juga tergantung dari provider dan paket data yang kalian beli.

Setidaknya, kalian perlu menyisihkan PLN 30 per bulan untuk menghidupi ponsel. Pengeluaran ini bisa ditekan dengan cara memanfaatkan penggunaan wifi di berbagai tempat umum lho.

Selain itu, bagi kalian yang ingin memasang wifi pribadi di apartemen juga bisa. Tentunya akan ada biaya tambahan minimal PLN 50 per bulan.

6. Belanja Bulanan

Sebagai seorang anak rantau, tentunya kalian juga perlu untuk belanja berbagai kebutuhan pokok yang meliputi bahan-bahan masak, bumbu-bumbu dapur, persediaan camilan, dan perlengkapan kebersihan.

Budget untuk belanja bisa berbeda-beda bagi setiap orang. Sistem belanja pun bisa mingguan atau bulanan, tergantung dari kenyamanan masing-masing orang. Namun, setidaknya kalian perlu menyisihkan PLN 500 hingga 600 per bulan.

Sebagai informasi tambahan, di Polandia tidak susah untuk menemukan bahan-bahan masak yang familiar buat masakan Asia lho. Ada toko khusus bahan-bahan masak Asia di negara ini!

7. Asuransi

Sebagai salah satu upaya untuk antisipasi terhadap hal-hal yang tidak terduga, kalian perlu memiliki asuransi saat bekerja di luar negeri. Beberapa hal tidak terduga ini adalah kejadian yang bisa mengancam kesehatan dan keselamatan diri kalian.

Biasanya, setiap karyawan di Polandia sudah memiliki asuransi yang telah didaftarkan oleh perusahaan tempat bekerja. Nah, untuk berjaga-jaga, kalian juga bisa menambah asuransi sendiri.

Premi untuk asuransi tambahan pun juga bervariasi, tergantung dari tanggungan dan perusahaan asuransinya.

8. Hiburan dan Rekreasi

Untuk melepas penat dari keseharian sebagai anak rantau, sebagian besar dari kalian pasti perlu hiburan dan rekreasi di waktu luang. Ada beberapa hiburan yang memang berbayar, dan ada pula yang gratis.

Jika kalian ingin ke bioskop, setidaknya kalian perlu membayar tiket sebesar PLN 25 untuk satu orang. Ingin makan cantik di café alias fine dining? Kalian butuh uang sebesar minimal PLN 110 untuk dua orang.

Ingin hiburan yang gratis? Kalian bisa pergi ke taman-taman kota, museum, atau menonton pertunjukkan musik di tempat-tempat wisata.

9. Pendapatan Rata-Rata

Buat kalian yang penasaran, berapa sih gaji rata-rata di Polandia? Sebenarnya tidak ada angka yang mutlak, karena tergantung dari pekerjaan yang kalian jalani dan kebijakan dari masing-masing perusahaan.

Namun, rata-rata pendapatan untuk pekerja di Polandia adalah PLN 3.200 hingga PLN 3.500. Jika dirupiahkan, jumlah tersebut setara dengan Rp. 12.000.000 hingga 13.000.000 per bulan.

Nah, menurut kalian masing-masing, itu jumlah yang besar atau kecil? Tentu saja, jumlah besar atau kecilnya gaji tergantung dari kebutuhan dan gaya hidup masing-masing orang ya!

10. Total dan Kesimpulan

Jadi, jumlah minimal uang yang diperlukan untuk biaya hidup di Polandia selama satu bulan adalah PLN 3.070 atau setara dengan Rp. 11.640.149 jika 1 PLN sama dengan Rp. 3.791.

Namun, perlu diketahui bahwa angka di atas tidak bersifat mutlak ya, karena tergantung dari kebutuhan dan gaya hidup masing-masinr orang. Nah, jadi apakah kalian masih ingin merantau ke Polandia?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!