Travel  

10 Rekomendasi Makanan Khas di Daerah Probolinggo Ini Tak Hanya Enak dan Lezat Tapi Juga Murah Meriah

10 Rekomendasi Makanan Khas di Daerah Probolinggo Ini Tak Hanya Enak dan Lezat Tapi Juga Murah Meriah

tribunwarta.com – Kota Probolinggo, salah satu kabupaten di Jawa Timur ini memang sangat terkenal memiliki banyak sekali tempat wisata bagus yang tentunya sangat menarik dikunjungi.

Sama seperti Purbalingga, di kota ini juga terdapat banyak sekali makanan dan minuman khas kota Probolinggo dengan ciri tersendiri, sehingga tak heran membuat orang-orang senang berkunjung ke daerah tersebut.

Penasaran apa saja kuliner tradisional yang menjadi ciri khas kota Banyuangga ini? Nah, berikut info lengkapnya. Silahkan disimak dengan baik ya.

1. Kepiting Olok

Bagi Sahabat JejakPiknik penggemar olahan seafood, makanan khas Probolinggo satu ini wajib buat dicicipi. Pasalnya, bahan utamanya terbuat dari kepiting yang masih muda atau disebut juga olok.

Menurut resep, kuliner ini dibuat dengan cara mengukus kepiting terlebih dahulu kemudian daging dipisahkan lalu diolah bersama udang dan bumbu khas lalu dimasukkan kembali ke dalam cangkang.

Soal rasa, tak diragukan lagi. Sensasi manis dan juga gurih dari kepiting muda akan membuat kita kecanduan akan kuliner ini. Pengen kan mencicipinya?

Nah, satu tempat paling populer akan kuliner ini adalah Rumah Makan Sari Laut CJDW di jln.Raya Panglima Sudirman No.341, Jati, Mayangan, Probolinggo.

Warung tersebut buka mulai pukul 6 sore hingga jam 12 malam. Dan untuk harga satu porsi menu Kepiting Olok hanya dibanderol sekitar 30 ribuan saja.

2. Soto Kraksaan

Sesuai namanya, makanan khas selanjutnya ini memang berasal dari daerah Kraksaan, Probolinggo. Sekilas kuliner tersebut memang mirip soto pada umumnya bedanya daging yang dipakai adalah ayam jantan.

Untuk membuatnya cukup mudah, daging ayam dimasak dengan bumbu santan yang dilengkapi serbuk kelapa sangrai dan kemudian ditambah irisan kentang kukus serta kerupuk udang.

Bagi yang ingin mencoba citarasa terbaik, Soto Kraksaan Pak Koya di Jln.Tenis sebelah utara Masjid Agung Aroudlah adalah tempatnya. Warung tersebut buka mulai pukul 07.00-21.00 dan hanya menawarkan 7 ribu saja untuk satu porsinya.

3. Ketan Kratok

Makanan khas Probolinggo satu ini adalah sejenis jajanan pasar yang terbuat dari beras ketan dan parutan kelapa serta memiliki rasa cukup gurih.

Yang enaknya lagi, kuliner tersebut disajikan dengan taburan kratok atau kacang koro serta cairan gula merah. Sehingga tak hanya gurih tapi juga manis dan asin.

Satu tempat paling terkenal akan menu ini adalah warung Ketan di Jln.Panjaitan, Mayangan, kota Probolinggo. Lapak tersebut buka mulai pukul 16.00-22.00. Masalah harga, tak perlu khawatir masih ramah kantong kok hanya 10 ribuan saja.

4. Nasi Jagung Merpati

Kuliner tradisional khas kota Probolinggo berikut ini bahan dasarnya sendiri terbuat dari jagung yang sudah ditumbuk halus lalu disandingan dengan beraneka lauk serta sayuran.

Meski tergolong sangat tradisional tapi kelezatan nasi jagung tersebut patut buat diperhitungkan karena hidangan ini benar-benar sangat istimewa dan nikmat.

Jika ingin mencobanya, Sahabat JejakPiknik bisa datang ke Nasi Jagung Merpati di Jln.Sunan Kalijaga No.77, Kec.Wayangan. Disini, harga untuk satu porsi nasi jagung hanya dibanderol sekitar 8 ribuan saja. Murah tapi rasanya tak murahan lho.

5. Nasi Campur Nyak Nyong

Sesuai namanya, hidangan favorit masyarakat Probolinggo satu ini dalam satu porsi nasi campurnya terdiri dari beberapa lauk, ada serundeng, empal kuah, mie, dendeng dengan siraman santan kental dan sedikit sambal.

Bila ingin mencicipinya, silahkan datang ke Nasi Campur Nyak Nyong di Jln.WR.Supratman. Disini untuk harga satu porsi menu ini dapat dinikmati dengan budget sekitar Rp.12.500 saja, murah kan?

6. Proll Tape

Bertandang ke kota Banyuangga Probolinggo, belum lengkap rasanya bila Sahabat JejakPiknik tidak membawa oleh-oleh khas daerah tersebut.

Salah satu oleh-oleh terbaik yang bisa dibawa pulang adalah Kue Proll Tape, kudapan ringan terbuat dari singkong, tepung terigu, garam, margarin, telur, gula, susu sapi cdan taburan keju serta kismis.

Bila ingin berburu penganan tersebut, silahkan datang ke Toko Oleh-oleh di Jln.Pahlawan. Satu kotak Proll Tape disini hanya dihargai mulai dari 15 sampai 20 ribu saja. Sangat murah bukan?

7. Sirup Pokak

Selain makanan ringan seperti Proll Tape, sirup Pokak ini juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga ataupun rekan tercinta.

Sirup tersebut bahan utamanya terbuat dari jahe, gula merah, cengkeh, kayu manis, pandan dan daun jeruk purut. Tak heran jika citarasanya cenderung memberi kesan hangat bagi tubuh.

Tak hanya menghangatkan tubuh, sirup ini juga berkhasiat meredakan batuk, mengobati masuk angin serta menurunkan kadar kolestrol.

Sirup ini sendiri banyak dijual di toko oleh-oleh yang ada di sekitar Probolinggo dan biasanya hanya dibanderol sekitar 10 ribu saja per botolnya.

8. Keripik Kentang

Memiliki warna putih susu, berukuran lebar dan bertekstur renyah adalah ciri khas dari keripik kentang khas Bromo yang banyak diproduksi di kota Probolinggo.

Disamping rasanya enak dan renyah, keripik berbahan dasar kentang ini juga kerap dijadikan sebagai cemilan karena rendah kolestrol tapi tinggi kalori.

Bila ingin mendapatkannya, Sahabat JejakPiknik silahkan datang ke home industri Bu Ninik di daerah Sukapura. Disini harga keripik kentang dibanderol mulai Rp.20.000-Rp.60.000/kg, tergantung dari kualitasnya.

9. Nasi Glepungan

Hidangan berikutnya ini merupakan sejenis nasi komplit yang dicampur dengan beragam lauk pauk seperti ikan asin, tahu penyet, sambal serta lalapan.

Kuliner ini bisa Sahabat JejakPiknik nikmati di warung Nasi Campur Klenteng Nyak Nyong di daerah Mangunharjo, Kec.Mayangan. Di lapak tersebut harga menu Glepungan hanya berkisar 12 ribuan saja untuk seporsinya.

10. Manisan

Sebagai daerah penghasil mangga dan anggur terbaik di Jawa Timur, tak heran jika kota Probolinggo memiliki olahan makanan khas yang bahan utamanya terbuat dari buah tersebut.

Salah satu hasil olahan dari buah diatas adalah sejenis manisan. Penganan satu ini kerap dibeli untuk dijadikan sebagai buah tangan buat orang tercinta.

Manisan ini banyak dijual di toko oleh-oleh di sekitar Probolinggo dan untuk satu bungkusnya, biasanya harganya penganan tersebut hanya berkisar 22 ribuan saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!