Travel  

10 Rekomendasi Kue Khas Negara Jepang Yang Unik, Menarik dan Sangat Menggoda, Wajib Untuk Dicoba!

10 Rekomendasi Kue Khas Negara Jepang Yang Unik, Menarik dan Sangat Menggoda, Wajib Untuk Dicoba!

tribunwarta.com – Setiap negara di dunia ini memiliki ciri khasnya masing-masing yang membedakan satu negara dengan yang lain dan kemungkinan besar sulit atau tidak bisa ditemukan di tempat lain. Salah satu ciri khas sebuah negara bisa dilihat dari kebudayaan yang dianut oleh rakyat dari negara tersebut.

Kebudayaan tidak hanya berupa tarian tradisional, rumah adat, upacara dan tradisi, bahasa, senjata, alat musik dan lagu daerah, tetapi juga termasuk kuliner. Setiap negara memiliki makanan khas yang berbeda dan belum tentu bisa ditemukan di negara-negara lain lho!

Jepang adalah salah satu negara yang memiliki banyak kuliner khas. Selain terkenal dengan Kimono, Sakura, dan rakyatnya yang disiplin, Jepang memiliki banyak makanan khas seperti Sushi dan Sashimi yang sudah mendunia. Namun, selain dua hidangan tersebut, ternyata Jepang juga punya kue dan jajanan tradisional yang rupanya belum diketahui banyak orang.

Nah, penasaran nggak kira-kira apa saja ya jajanan dan kue khas Jepang yang wajib dicoba? Yuk, simak dulu:

1. Kue Dango

Buat kalian yang suka nonton anime atau drama Jepang, nama Kue Dango mungkin sudah tidak asing lagi. Dango adalah kue khas Jepang yang berbentuk bulat seperti bola kecil. Adonannya terbuat dari tepung beras yang diulen dengan air atau air panas. Nah, adonan ini lalu direbus atau dikukus dalam air.

Cara penyajiannya adalah dengan ditusuk di bambu. Jumlah untuk setiap bambu bisa berbeda-beda, namun biasanya 3, 4, atau 5. Biasanya, ini ditentukan oleh daerahnya di Jepang. Rasanya pun bisa manis atau tidak manis. Kue Dango adalah salah satu macam jajanan Jepang yang mudah dibuat lho!

2. Taiyaki

Taiyaki adalah salah satu jenis kue khas Jepang yang berbentuk ikan. Isi kue ini biasanya tersedia dalam aneka varian yang meliputi cokelat, fla, keju, atau sosis. Adonan kue ini terbuat dari campuran tepung terigu, gula pasir, telur ayam, dan air. Teknik memasaknya adalah dengan cara dipanggang.

Namun, satu hal yang unik adalah bagian atas kue dipanggang secara terpisah dengan bagian bawah kue. Setelah kue hampir matang, keduanya pun disatukan dengan selai kacang merah. Wah, rupanya cukup menggiurkan yah dari fotonya? Jangan lupa dicoba ya!

3. Sakura Mochi

Sakura Mochi atau Kue Sakura adalah salah satu jajanan tradisional Jepang yang terbuat dari beras ketan yang ditumbuk dan dibungkus dengan sehelai daun sakura. Bisa dilihat pada gambar di atas, kue ini berwarna pink. Warna pink ini berasal dari beras ketan yang ditumbuk dan dicampur kacang merah manis yang dihaluskan di dalamnya.

Citarasa Mochi yang manis dan daun sakura yg gurih membuat hidangan ini menjadi terasa sangat lezat. Ada berbagai macam Mochi di Jepang, dan Sakura Mochi adalah camilan yg dibuat saat musim semi tiba. Sakura Mochi biasanya dimakan saat perayaan Hinamatsuri dan festival Hanami.

4. Uiro

Bisa dilihat pada gambar di atas, Uiro adalah kue lapis khas Jepang yang dikukus dan terbuat dari beras, air, dan gula. Kue yang memiliki tekstur kenyal dan rasa manis ini bisa dibuat dalam berbagai warna dan rasa yg meliputi adzuki, matcha, yuzu jeruk, strawberry, dan cokelat.

Wah, nampaknya sangat menggugah selera ya, kue basah yg satu ini? Jika kalian ingin buat sendiri, resep dan cara membuatnya bisa dilihat di internet lho!

5. Dorayaki

Nah, kalo kue yang satu ini sudah tidak asing lagi di telinga kebanyakan orang apalagi buat anak-anak era 90-an. Kala itu, Dorayaki adalah makanan favorit Doraemon, seekor kucing warna biru yg sering muncul pada masanya. Dorayaki adalah pancake khas Jepang yang memiliki tekstur lembut dan fluffy.

Sebagai salah satu makanan kuno, resepnya pertama kali ditemukan pada tahun 1914 dan dikenal sebagai salah satu makanan kebanggaan dari Jepang. Bahan-bahan utama pembuat Dorayaki adalah tepung terigu, susu, telur, dan gula. Rasanya manis, dan isiannya kebanyakan adalah pasta kacang merah.

Tidak hanya di Jepang, di Indonesia pun kini sudah banyak dijual dan dinikmati oleh masyarakat lho. Baru-baru ini, Dorayaki bahkan juga bisa menjadi sejenis bolu pengganti kue tart saat ingin memberikan kejutan kepada seorang teman di hari ulang tahun mereka!

6. Higashi

Seperti yang kalian bisa lihat dari gambar di atas, Higashi adalah kue tradisional Jepang yg kering karena kandungan airnya sangat sedikit. Oleh karena itu, kue yg terbuat dari campuran tepung beras dan gula ini biasanya disajikan pada upacara minum teh di Jepang. Wah, dari tampilannya memang sudah sangat menggiurkan karena berwarna-warni ya!

Sekilas memang terlihat seperti kue-kue kering pada umumnya. Nah, jika kalian pergi ke Jepang, Higashi adalah salah satu kue kering yg bisa dijadikan oleh-oleh dan teman untuk minum teh dan kopi. Jangan lupa untuk dicoba ya!

7. Youkan

Youkan adalah kudapan tradisional Jepang lain yg tidak kalah terkenal. Youkan adalah agar-agar yg terbuat dari pasta kacang merah, jelly, dan gula yg biasanya disajikan dalam bentuk irisan. Biasanya, Youkan dibuat dengan warna hijau yg berasal dari bubuk green tea atau teh hijau, bukan melon ya!

Biasanya, Youkan juga dibuat dengan tambahan kacang cincang, buah persik, dan ubi manis. Dua macam Youkan yang terkenal adalah Neri Youkan dan Mizu Youkan. Dalam Bahasa Jepang, mizu berarti air. Hal ini berarti bahwa Mizu Youkan memiliki kandungan air yg lebih banyak jika dibandingkan dengan jenis originalnya.

Ternyata, Youkan juga merupakan salah satu hidangan kuno karena, kabarnya sudah ada dari sejak tahun 1911 lho! Nah, tertarik gak kalian untuk mencoba makanan ringan khas Jepang yg satu ini?

8. Yatsuhashi

Yatsuhashi adalah salah satu kue tradisional Jepang yg berasal dari Kota Kyoto. Kue manis yang satu ini terbuat dari tepung beras. Ada dua macam yaitu yaki-yatsuhashi yang merupakan baked yatsuhashi dan nama-yatsuhashi yg artinya raw yatsuhashi. Tentunya, perbedaan mereka ada pada teksturnya.

Yaki-yatsuhashi memiliki tekstur yg renyah dan rasa yg manis, sementara nama-yatsuhashi biasanya diisi dengan kacang merah dan bertekstur lembut.

9. Namagashi

Ada lagi nih, kue tradisional Jepang yg tidak kalah menggiurkan dari segi penampilan, yaitu Namagashi. Sebenarnya, Namagashi adalah permen yg pada umumnya disajikan pada saat upacara minum teh. Namagashi memiliki isian selai kacang yg manis. Kebanyakan bahan-bahan pembuatannya juga alami lho.

Nah, jika kalian pergi ke Jepang, ini adalah salah satu yg bisa dicoba. Buat kalian yang mau coba buat sendiri di rumah juga bisa lho, resepnya sudah banyak!

10. Oshiruko

Oshiruko adalah jajanan tradisional Jepang yg terbuat dari sup kacang merah dicelup dengan mochi dan dihidangkan di dalam mangkuk. Sup kacang merahnya terbuat dari kacang azuki manis yg direbus dan ditumbuk. Nah, hidangan ini sangat terkenal sebagai dessert atau makanan penutup di Negeri Sakura lho! Apakah kalian merasa tertarik untuk mencoba ini?

Itulah beberapa jajanan tradisional dan kue khas Jepang yg wajib dicoba saat berwisata ke Negeri Sakura. Jadi, terbukti ya bahwa hidangan Jepang tidak hanya Sushi dan Sashimi saja, tapi ada banyak sekali. Nah, di antara beberapa macam di atas, adakah yg ingin kalian coba atau bahkan sudah pernah coba?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!