Travel  

10 Rekomendasi Danau di Daerah Sumatera Barat Yang Kecantikannya Tak Tertandingi, Patut Kalian Kunjungi!

10 Rekomendasi Danau di Daerah Sumatera Barat Yang Kecantikannya Tak Tertandingi, Patut Kalian Kunjungi!

tribunwarta.com – Banyak yang tak menyangka bahwa di Sumatera banyak sekali destinasi wisata menarik. Baik di Utara, Selatan, dan Barat. Tak hanya Jawa, Pulau Sumatera juga menyimpan berbagai kekayaan alam yang sangat sayang dilewatkan oleh pelancong sepertimu.

Dari mulai wisata alam pantai, pegununungan tinggi, air terjun, hingga danau besar semuanya ada di Sumatera. Sebut saja seperti Pantai Kalianda, Pantai Gigi Hiu, Kawah Nirwana, Danau Ranau, Curup Buluh, Bukit Khayangan, Lembah Harau, dan masih banyak lagi lainnya.

Rasanya tak cukup satu hari saja untuk mengeksplor keindahan alam di Pulau Sumatera. Namun, disini kami hanya akan membahas satu destinasi wisata saja yaitu berupa danau-danau yang ada di Sumatera. Berikut ini rinciannya!

1. Danau Di Atas

Alamat: Solok, Sumatera BaratHTM: Rp 4.000,-Jam Buka: 24 JamMap: Klik Disini

Wilayah Solok sangat terkenal dengan danaunya yang unik. Banyak yang menamainya sebagai Danau Kembar. Pertama ada Danau Di Atas, danau ini sering digunakan untuk tempat rekreasi.

Tempatnya sejuk, adem, dan tenang. Kamu bisa bersantai sambil liburan disini. Lokasinya pun mudah dijangkau menggunakan kendaraan apapun karena aksesnya sudah bagus.

2. Danau Di Bawah

Alamat: Danau Kembar, Solok, Sumatera BaratHTM: Rp 4.000,-Jam Buka: 24 JamMap: Klik Disini

Kali ini kembarannya nih namanya Danau Di Bawah. Danau ini juga nggak kalah menarik dan cantik. Letaknya yang berdekatan membuat kedua danau ini diberi nama Danau Kembar.

Banyak pewisata yang dibuat penasaran oleh Danau Di Bawah ini karena belum diketahui secara pasti kemana aliran danau ini berakhir. Sebab tidak ada sungai yang berhulu di Danau Di Bawah ini.

3. Danau Aur

Alamat: Sumber Jaya, Sumber Harta, Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan 31662HTM: Rp 4.000,-Jam Buka: 24 JamMap: Klik Disini

Berikutnya adalah Danau Aur yang berada di Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan. Danau ini cocok untuk dijadikan rekreasi bersama keluarga, teman, maupun pasangan.

Kamu bisa menyewa fasilitas perahu yang disediakan disini untuk sekedar meyusuri area Danau Aur. Tarif sewa perahu mencapai 15ribu-30ribu.

4. Danau Maninjau

Alamat: Tj. Raya, Kabupaten Agam, Sumatera BaratHTM: Rp 4.000,-Jam Buka: 24 JamMap: Klik Disini

Jika kamu berwisata ke Bukittinggi, sempatkanlah untuk mampir ke Danau Maninjau ini. Danau Maninjau tak hanya dijadikan sebagai objek wisata alam saja nih guys, tapi juga sumber air Sungai Batang Sri Antokan.

Di Danau ini kamu bisa melakukan berbagai akitivas air seperti mendayung perahu, memancing, ataupun menikmati aneka kuliner khas Minang. Pokoknya wajib deh berwisata ke Danau Terluas Ke-11 di Di Indonesia ini.

5. Danau Ranau Pusri

Alamat: Sukamarga, Buay Pematang Ribu Ranau Tenga, Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Sumatera SelatanHTM: GratisJam Buka: 24 JamMap: Klik Disini

Selanjutnya adalah Ranau Pusri yang ada di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan. Danau ini juga kerap dijadikan destinasi wisata oleh warga sekitar. Banyak warga yang memanfaatkan wisata gratis ini hanya sekedar untuk rekreasi.

Walaupun tak banyak yang bisa dinikmati dari Danau Ranau Pusri ini, namun kecantikan alam sekitarnya mampu menambah keindahan dari danau itu sendiri.

6. Danau Singkarak

Alamat: X Koto Singkarak, Solok, Sumatera BaratHTM: Rp 4.000,-Jam Buka: 24 JamMap: Klik Disini

Salah satu danau di Sumatera yang nggak boleh kamu lupakan adalah Danau Singkarak. Sebagai danau terluas setelah Danau Toba, Danau Singkarak ini layak untuk masuk kedalam list destinasi wisata di Sumatera.

Salah satu keunikan dari Danau Singkarak ini adalah dengan adanya biota air langka yaitu Ikan Billih. Konon, ikan ini hanya bisa ditemui di danau ini. Tak hanya dipandangi saja, ikan ini bisa dimakan juga lho.

7. Danau Toba

Alamat: Danau, Toba, Siantar Sel., Kota Pematang Siantar, Sumatera UtaraHTM: Rp 15.000,-Jam Buka: Rp 09.00-18.00 (Senin-Minggu)Map: Klik Disini

Danau satu ini pasti hampir semua orang tau deh, karena kepopulerannya nggak cuman ada di Indonesia saja tapi hingga se-Asia. Sebagai penyandang danau terbesar di Asia Tenggara ini menjadikan Danau Toba sebagai destinasi favorit di Sumatera Utara.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Danau Toba ialah pada bulan September-November. Pada bulan tersebut pengunjung tidak terlalu ramai.

8. Danau Tes

Alamat: Kutai Donok, Lebong Selatan, Kabupaten Lebong, BengkuluHTM: Rp 4.000,-Jam Buka: 24 JamMap: Klik Disini

Danau Tes bisa kamu kunjungi sebagai destinasi wisata karena tempatnya cozy. Pemandangan alam disekitar danau terasa sangat sejuk dan alami.

Ditambah lagi dengan sunyinya area danau membuat siapa saja yang berlibur disini terasa relax. Danau yang dikelilingi pepohonan hijau nan rindang ini semakin membuat suasana di tepinya terasa amat menenangkan. Apalagi jika dinikmatinya sambil nyemil dan mendengarkan alunan musik.

9. Danau Air Hitam

Alamat: Pedamaran V, Pedamaran, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera SelatanHTM: Rp 4.000,-Jam Buka: 24 JamMap: Klik Disini

Danau Air Itam yang berada di Kabupaten Ogan Komering Ilir ini juga tak kalah menarik untuk disambangi. Pengunjung Danau Air Itam bisa menyewa boat untuk berkeliling danau sambil memandangi area sekitar.

Suasana alam di Danau Air Itam ini masih sangat asri dan alami. Burung yang berkicauan semakin menambah suasana menjadi lebih hidup.

10. Waduk Sigura-gura

Alamat: Halado, Pintu Pohan Merant, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara 21274HTM: Rp 4.000,-Jam Buka: 24 JamMap: Klik Disini

Referensi terakhir dari kami adalah Waduk Sigura-gura yang juga kerap dijadikan destinasi wisata oleh warga lokal. Kebanyakan orang yang datang kesini itu untuk keperluan memancing.

Sudah menjadi hal yang biasa jika seseorang membawa hasil pancingan banyak sesaat pulang dari Waduk Sigura-gura ini. Tertarik untuk mencoba memancing di waduk ini juga?

Menarik kan danau-danau yang ada di Pulau Sumatera ini. Kamu bisa mencobanya satu persatu saat mengunjungi Pulau Sumatera. Jika berniat untuk bermain air dan berenang jangan lupa membawa baju ganti ya guys.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!