Travel  

10 Referensi Makanan Khas Negara Rusia, Mirip Banget Sama Kuliner Indonesia Yang Lezat dan Enak

10 Referensi Makanan Khas Negara Rusia, Mirip Banget Sama Kuliner Indonesia Yang Lezat dan Enak

tribunwarta.com – Selain menikmati keindahan alamnya, mencicipi kuliner khas lokal Rusia adalah salah satu bagian yang tidak terpisahkan ketika sedang melakukan perjalanan wisata ke negara tersebut.

Nah, bila Sahabat JejakPiknik berkesempatan untuk jalan-jalan ke Rusia, pastikan jangan sampai melewatkan sejumlah makanan khas negara ini ya, yang konon katanya lezatnya benar-benar menggoyang lidah.

Penasaran apa saja menu makanan khas dari negara Rusia yang tak boleh kelewatan untuk dicicipi? Langsung saja yuk kita intip daftar lengkap dibawah ini.

1. Blini

Nama makanan pertama yang menjadi ciri khas Rusia adalah Blini, salah satu jenis kuliner berbentuk panekuk berisi kaviar merah, selai, krim asam serta keju lembut dan mentega.

Panekuk tipis ini termasuk salah satu makanan yang dapat menjadi hidangan andalan orang Rusia untuk bertahan menghadapi musim dingin.

Penasaran bagaimana rasanya? Nah, bagi yang ingin menikmatinya, Tepemok di Nevskiy Ave 60, St.Petersburg 190000, Rusia adalah tempatnya.

Soal harganya kita hanya perlu merogoh kocek 200-300RUB atau sekitar 43-76 ribu saja seporsinya dan restoran cepat saji ini biasanya buka mulai pukul 07.30-23.00 malam.

2. Salad Olivier

Selanjutnya ada salad olivier, salah satu makanan khas Rusia yang halal terbuat dari kentang, telur, sosis, kacang polong dan mayonise.

Kuliner ini adalah salah satu sajian paling populer bagi orang Rusia dan merupakan hidangan yang paling wajib disediakan setiap ada pesta perayaan. Tertarik ingin mencoba?

Nah, jika ingin mencicipinya, satu tempat terbaik yaitu Stolovaya No.1, St. Petersburg, Rusia. Di kafe prasmanan ini harga Salad dibanderol 70 RUB atau sekitar 15 ribu saja seporsinya. Murah kan?

3. Pelmeni

Makanan berikutnya ini bila dilihat sekilas dari foto, bentuknya sangat mirip dengan pangsit kukus, hanya saja tidak disajikan dengan saus sambal melainkan sour cream yang terbuat dari keju.

Menurut resep, pelmeni ini biasanya diisi dengan daging (ayam, sapi, babi) dan aneka sayur-sayuran. Hidangan tradisional tersebut merupakan salah satu makanan paling populer di kalangan pelajar dan orang-orang sibuk di Rusia.

Bila ingin mencicipinya, bisa datang ke Lepim I Varim di Pereulok Stoleshnikov 9, Moskva, Rusia. Hanya dengan modal 160 RUB(34 ribu) kita sudah bisa menikmati seporsi pelmeni enak disini. Dan restoran terkenal ini biasanya buka mulai pukul 10.30-23.00.

4. Beef Stroganoff

Beef stroganoff adalah salah satu makanan paling terkenal, tak hanya di Rusia saja namun juga di beberapa negara lainnya. Hidangan tersebut rasanya begitu creamy sehingga menjadikannya sebagai kuliner favorit sepanjang masa.

Cara membuatnya pun tergolong sangat mudah, dimana daging tenderloin ditumis bersama dengan smetana atau krim asam.

Bagi yang ingin mencicipinya, Stroganoff Steak House di Konnogvarddeyskiy Bul’var, 4, St.Petersburg adalah tempatnya. Soal harganya, hanya sekitar 1000 RUB atau 200 ribuan saja untuk seporsinya.

5. Pirozhki

Nah, makanan khas Rusia yang menyerupai bakpau ini biasanya diisi dengan isian sama dengan pelmeni dimana ada daging, aneka sayur-sayuran, nasi, jamur ataupun lainnya.

Berkunjung ke Rusia, jangan sampai tidak mencicipi pirozhki ya. Pasalnya, selain enak harganya juga murah dan mudah ditemui di kedai tepi jalan atau restoran mana saja.

Dan salah satu tempat paling mudah untuk mendapatkan pirozhki ini adalah kawasan stasiun metro. Untuk harganya biasanya dibanderol sekitaran 25 RUB atau setara dengan Rp.5.600 per bijinya.

6. Borscht

Saat musim dingin tiba, menu sup beetroot bernama borscht khas Rusia ini selalu menjadi salah satu hidangan paling pas untuk disantap, apalagi saat keadaan masih hangat.

Soup borscht adalah sejenis sup berisi sayuran wortel, kol, kentang, tomat, beetroot dengan kuah krim asam dan parsley. Menurut sejarah, makanan ini dulunya merupakan kuliner nasional pada saat zaman Roma kuno.

Nah, bila ingin mencicipinya, silahkan datang ke Nevskiy Prospekt di St.Petersburg. Di sepanjang jalan ini ada banyak restoran yang menjual menu borscht dan soal harganya hanya dibanderol sekitar 200 ribuan saja.

7. Medovik

Medovik atau honey cake adalah sejenis makanan ringan khas Rusia yang kerap dijadikan sebagai hidangan penutup. Kudapan ini bahan dasarnya terbuat dari adonan kue dan madu.

Tekstur penganan berlapis tersebut begitu lembut. Dan dalam penyajiannya biasanya diberi topping taburan kacang. Kudapan ini paling cocok dinikmati bersama minuman seperti kopi.

Jika ingin mencicipi, satu tempat terbaik adalah Yat Restaurant Buffet di Moika River Embankment, 16, St.Petersburg. Soal harga, tak perlu khawatir karena masih sangat bersahabat.

8. Shchi

Schi, makanan khas Rusia yang namanya susah disebut ini merupakan salah satu masakan berkuah berbahan dasar kubis, tomat dan daging sapi. Sekilas, sajian tersebut mirip sup ayam khas Indonesia.

Kuliner yang kerap dijadikan sebagai makanan pendamping ini rasanya begitu menggugah selera. Berkunjung ke Rusia, jangan sampai tidak mencicipinya ya.

Schci sendiri banyak dijual di restoran di sepanjang St.Petersburg dan mengenai harganya sekitaran 100-300 RUB saja atau setara dengan 21-65 ribu seporsinya.

9. Vinegret

Vinegret ini adalah semacam salad yang bahan dasarnya terbuat dari buah bit, wortel dan acar mentimun. Penganan ini biasanya paling enak disantap saat musim panas.

Dan vinegret sendiri sangat mudah ditemukan l di setiap restoran ataupun swalayan yang ada di Rusia. Untuk harganya, pada umumnya hanya dibanderol sekitar 100-300 RUB atau sekitaran 21 sampai 65 ribu per porsinya.

10. Caviar

Nah, sajian terakhir ini sudah sangat terkenal di Rusia karena kemewahan, bentuk serta warnanya yang cantik. Kudapan tersebut terbuat dari telur ikan sturgeon ataupun salmon.

Cara membuat caviar cukup mudah yakni dengan menambahkan garam saja ke bahan utamanya. Kuliner ini memiliki gizi sangat tinggi, tak heran jika harganya pun begitu mahal yaitu sekitar 3000-4000 RUB atau setara dengan 650-870 ribuan per 20 gramnya.

Nah, bagi yang ingin mencicipi citarasa terbaik kuliner ini, Caviar Bar di 7, Mikhaylovskaya, 1, Stank Petersburg adalah tempat paling recommended.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!