Travel  

10 Pilihan Tempat Wisata di Tegal yang Recommended

10 Pilihan Tempat Wisata di Tegal yang Recommended

tribunwarta.com – Beberapa waktu lalu Keluyuran sempat mengulas tentang tempat wisata di Pekalongan. Nah, apabila Anda sudah berkunjung ke semua tempat wisata yang ada di Pekalongan, mengapa tak melanjutkan untuk berkunjung ke beberapa tempat wisata di Tegal? Pasalnya, jarak antara Pekalongan ke Tegal hanya sekitar 66 KM atau sekitar 2 jam berkendara.

Butuh rekomendasi mengenai destinasi wisata yang bisa dikunjungi saat Anda berada di Tegal? Yuk, simak daftar yang sudah dirangkum oleh Keluyuran berikut ini. Ada beberapa tempat wisata terbaik di Tegal yang sayang jika dilewatkan begitu saja.

1. Guciku Hot Waterboom

Membuka daftar tempat wisata di Tegal yang recommended, di posisi pertama ini ada Guciku Hot Waterboom. Taman wisata air ini menawarkan konsep waterpark sekaligus pemandian air panas. Adapun wahana yang terdapat di Guciku Hot Waterboom antara lain adalah Kolam Opal, Kolam Badan Guci, Kolam Rendam Air Panas, dan Kolam Utama.

Tak hanya itu saja, ada pula wahana arus jeram. Untuk melewati arus jeram ini Anda bisa menggunakan pelampung yang disewakan secara terpisah. Guciku Hot Waterboom terletak di Jalan Lingkar Barat, Desa Guci, Tegal.

2. Rita Park

Tegal juga memiliki sebuah theme park yang bernama Rita Park. Meskipun tidak sebesar Trans Studio Bandung atau tak memiliki wahana sebanyak Dufan, tapi tetap saja Rita Park menjadi taman bermain yang menyenangkan bagi masyarakat Tegal dan sekitarnya.

Wahana yang terdapat di sini antara lain adalah Cinema 5D, Boom Boom Car, Flying Tiger, Frog Jump, Circus Travel, dan beberapa wahana lainnya. Total ada sekitar 21 wahana di replika Dufan ini. Rita Park bertempat di Jalan Kol. Sugiono No. 155, Tegal.

3. Pantai Purwahamba

Siapa bilang tidak ada tempat wisata alam di Tegal? Pantai Purwahamba adalah salah satu pantai favorit wisatawan yang datang berkunjung ke Tegal. Walaupun pasirnya berwarna hitam dan air lautnya tidak berwarna hijau toska, tapi Pantai Purwahamba memiliki magnet tersendiri untuk menarik minat para wisatawan.

Fasilitas yang tersedia di sini juga cukup lengkap dan tentunya sangat memudahkan wisatawan, seperti, sepeda air, gazebo cafe, kolam renang, waterboom, kereta mini, dan masih ada beberapa lagi. Jika ingin mengunjungi Pantai Purwahamba, Anda hanya perlu berkendara sejauh 14 KM dari Terminal Bus Tegal.

4. Pantai Alam Indah

Menikmati sunset di pantai yang bersih tentu saja akan terasa menyenangkan. Pantai Alam Indah merupakan tempat wisata di Tegal yang tak kalah favorit dari Pantai Purwahamba. Lokasinya cukup strategis, tepatnya berada di Jalan Sangir, Kelurahan Mintaragen, Kecamatan Tegal Timur. Satu hal yang membuat pantai ini menarik adalah kebersihannya yang sangat terjaga. Pantai ini bebas sampah sehingga membuat pengunjungnya merasa nyaman.

Aktivitas yang bisa dilakukan di sini selain melihat sunset adalah bermain di waterboom yang lokasinya di sekitar pantai dan menyewa perahu untuk berkeliling laut. Namun, jika mengunjungi Pantai Alam Indah usahakan untuk tidak membuang sampah sembarangan agar kebersihan pantai ini tetap terjaga.

5. Curug Cantel Bumijawa

Bukan hanya pantai dan taman bermain saja, Tegal juga menawarkan objek wisata alam berupa air terjun. Adalah Curug Cantel Bumijawa yang letaknya berada di Pedukuhan Kalipedes, Desa Sigedong, Kecamatan Bumijawa, Tegal. Air terjun setinggi 60 meter ini masih sangat natural. Tumbuhan hijau yang tumbuh di sekitar air terjun akan menambah sejuk suasana di sana.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa akses menuju ke Curug Cantel Bumijawa ini masih cukup sulit. Anda harus trekking sejauh 400 meter dari jalan raya utama. Jadi, Anda harus memastikan kekuatan fisik Anda sebelum mengunjungi Curug Cantel Bumijawa ini.

6. Waduk Cacaban

Pembuatan Waduk Cacaban diresmikan oleh presiden pertama Indonesia, Soekarno, pada tahun 1952. Hingga saat ini, Waduk Cacaban telah menjadi objek wisata yang juga dapat menjadi ladang pekerjaan bagi masyarakat yang tinggal di sekitar waduk ini.

Di sekitar Waduk Cacaban terdapat bumi perkemahan yang biasa digunakan oleh pramuka atau mahasiswa. Namun, jika Anda adalah wisatawan yang ingin sekedar menikmati keindahan waduk ini, Anda dapat menggunakan fasilitas di sekitar waduk, seperti taman bermain anak, warung apung, dan kapal wisata. Ada pula panggung hiburan yang menampilkan berbagai hiburan bagi wisatawan yang berkunjung ke Waduk Cacaban.

7. Pemandian Air Panas Guci

Meskipun namanya hampir sama, tapi Pemandian Air Panas Guci ini berbeda lokasi dengan Guciku Hot Waterboom. Pemandian Air Panas Guci adalah pemandian yang masih alami dan nampak asri. Untuk sampai kemari, Anda harus melewati jalur yang agak terjal. Akan tetapi, banyak orang yang datang ke pemandian ini, terutama pada saat akhir pekan atau hari libur.

Pemandian yang sumber air panasnya berasal dari Gunung Slamet ini memiliki 25 tingkat yang di mana suhu air di setiap tingkat berbeda-beda. Banyak orang percaya bahwa air panas di tempat ini dapat menyembuhkan penyakit kulit karena memiliki kandungan belerang.

8. Kebun Teh Tegal

Tahukah Anda bahwa Tegal adalah wilayah penghasil teh terbesar di Indonesia? Oleh karena itu, jangan heran jika Anda menemukan beberapa tempat wisata di Tegal yang berupa kebun teh. Salah satu kebun teh terbesar yang banyak dikunjungi wisatawan terletak di Dukuh Aren, Desa Bumijawa, Tegal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!