Travel  

10 Oleh Oleh Yang Recommended Untuk Dibawa Pulang Saat Berlibur di Cilacap

10 Oleh Oleh Yang Recommended Untuk Dibawa Pulang Saat Berlibur di Cilacap

tribunwarta.com – Cilacap adalah sebuah kota di Jawa Tengah yang terkenal sekali dengan wisata pantainya. Selain itu, Kota Bercahaya ini juga memiliki potensi kekayaan alam yang amat melimpah. Bisa terlihat dari banyaknya ladang industri yang berdiri di Kota ini.

Berwisata ke Kota Cilacap tanpa membawa oleh2 khas adalah hal yang amat merugikan. Cilacap sangat terkenal sekali dengan ikan asinnya.

Kudapan ini amat sangat wajib masuk ke dalam bucket listmu. Selain ikan asin, ternyata ada lagi nih oleh2 yang juga recommended untuk dibeli seperti ini.

1. Ikan Asin

Cilacap memang cukup terkenal sebagai penghasil ikan asin terbesar di Jawa Tengah. Karena disini tersedia cukup banyak aneka jenis ikan asin. Saat wisatawan berkunjung ke Cilacap, banyak yang memanfaatkan momennya untuk memborong ikan asin untuk dijadikan oleh2.

Ikan asin atau sering disebut gesek khas Cilacap memiliki kualitas yang amat bagus dan uenak. Bayangkan menikmati ikan asin plus nasi hangat dan sambel, beuh nikmat banget kan.Tempat yang kudu kamu kunjungi ialah Mino Arto, karena disini harganya murah yaitu mulai dari 10ribuan.

2. Lanting

Makanan ringan yang satu ini juga menjadi salah satu kudapan favorit khas Cilacap. Lanting ini bisa kamu jadikan sebagai oleh2 karena hampir semua orang sepertinya menyukai cemilan ini.

Panganan yang terbuat dari singkong ini bukan hanya cocok untuk cemilan biasa lho tapi bisa juga sebagai teman makan nasi. Thoha Snack ialah toko paling rekomen untuk berburu lanting. Kisaran harga lanting disini mulai dari 15ribuan saja tergantung kemasannya.

3. Rempeyek Yutuk

Rempeyek adalah panganan semua umat alias semua orang suka. Nah, jika plesiran ke Cilacap, kamu akan menjumpai jenis rempeyek yang berbeda nih. Jika biasanya kamu hanya memakan rempeyek kacang, kedelai, dan ikan teri, kali ini lain.

Rempeyek Yutuk adalah panganan khas Cilacap yang dibuat menggunakan olahan udang dan kepiting. Kamu bisa membeli Rempeyek ini di Cemil Land, harganya pun cukup murah yaitu sekitar 20ribu-35ribu.

4. Keripik Tempe

Selain ikan asin, Cilacap juga terkenal dengan tempe mendoan. Sebagai penggemar tempe, kamu wajib menjajal Keripik Tempe ini. Cilacap termasuk salah satu kota yang cukup banyak mengolah Keripik Tempe.

Kerenyahan serta kelezatan keripik tempe khas Cilacap ini sayang sekali jika tidak kamu rasakan. Keripik Tempe ini hampir dijual diseluruh sentral oleh2 salah satunya di Sari Rasa, harganya cuman 10ribu.

5. Templeng

Jika yang belum tau Templeng pasti akan mengira kalau panganan ini adalah rempeyek, padahal beda lho. Ya memang dari bentuk mirip sekali dengan Rempeyek, tapi memiliki bumbu khas yang membuat rasanya lebih nikmat.

Templeng khas Cilacap memiliki varian yang cukup banyak seperti Kacang, Rebon, Kedelai, Kacang Ijo, dan Ikan Teri. Templeng ini bisa kamu jumpai di Pangiyongan Jalan Gatot Subroto Nomor 186. Harganya pun amat murah yaitu cuman 20ribu per bungkusnya.

6. Kerupuk Ikan Tengiri

Nah kalau kudapan yang satu ini memang paling cocok jika dinikmati bersama makanan berkuah seperti Bakso ataupun Soto. Kerupuk Ikan Tengiri Khas Cilacap memiliki rasa dan aroma ikan yang cukup kuat.

Selain rasanya yang asin dan gurih, Kerupuk Ikan Tengiri juga memiliki kandungan nutrisinya lho. Udah gitu, harganya juga cukup terjangkau yaitu mulai dari 15ribuan saja.Mudah sekali untuk membeli oleh2 ini, datang saja ke Pusat Oleh-oleh yang ada di Jalan Dr. Soetomo yaitu Cemil Land.

7. Abon Ikan Tuna

Buat para pecinta Abon, wajib banget nih membeli oleh2 khas Cilacap yang satu ini. Abon sapi sepertinya sudah biasa, kamu harus menjajal sensasi yang berbeda yaitu Abon Ikan Tuna. Rasanya tentu bisa menambah selera makanmu bertambah.

Abon Ikan Tuna ini bisa kamu beli di Cita Rasa Mandiri. Karena terbuat dari Ikan Tuna sehingga harganya lebih mahal sedikit dari Abon Sapi yaitu sekitar 45ribu-60ribu.

8. Terasi

Buat para penggemar sambal, menyantap sambal terasi adalah kenikmatan yang haqiqi. Apalagi jika menyantapnya dengan nasi hangat dan lauk pauk pilihan. Nah, keputusanmu untuk berwisata ke Cilacap adalah hal yang sangat tepat.

Karena disini kamu bisa berburu terasi Khas Cilacap yang rasanya juara banget. Sari Rasa adalah Toko yang biasa dikunjungi orang2 ketika ingin berburu terasi. Harganya cuka lumayan kisaran 30ribu-50ribu.

9. Keripik Sukun

Siapa sangka kalau Sukun bisa diolah menjadi sebuah Keripik? Di Cilacap kamu bisa membeli cemilan Keripik Sukun ini dengan cita rasa yang gurih dan enak. Selain dibuat menjadi sebuah keripik, sukun juga biasa diolah menjadi stik.

Bentuknya yang tipis, membuat rasa Keripik Sukun ini menjadi sangat renyah disantap. Keripik Sukun ini bisa kamu jumpai di Toko Cita Rasa Mandiri dengan harga 15ribu.

10. Saleh Pisang

Panganan ini juga menjadi salah satu oleh2 favorit khas Cilacap. Terdapat cukup banyak varian saleh pisang dari yang gulung dan pipih. Untuk soal rasa, cemilan ini tidak usah diragukan lagi deh, soalnya bikin nagih.

Kamu bisa membeli Saleh Pisang ini dibeberapa toko oleh2 di berbagai penjuru Kota Cilacap, salah satunya di Cemil Land yang harganya dipatok mulai dari 10ribu.

Oleh2 diatas bisa kamu bawa untuk buah tangan saat berlibur ke Cilacap atau ketika mudik. Bisa kamu bagikan ke kerabat, tetangga, atau rekan kerja di kota perantauanmu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!