Travel  

10 Negara dengan Kereta Panoramic di Dunia, Indonesia Juga Punya

10 Negara dengan Kereta Panoramic di Dunia, Indonesia Juga Punya

tribunwarta.com – Kereta panoramic (kereta panorama) merupakan kereta yang dinaiki guna menikmati pemandangan. Umumnya kereta jenis ini memiliki jendela yang lebar atau desain unik, serta melewati rute-rute dengan panorama tersendiri.

Dikenal juga sebagai scenic train, kereta ini kerap dijumpai di beberapa negara, salah satunya Indonesia.

Berikut 10 negara yang punya kereta panoramic, dilansir dari laman Lonely Planet dan sumber lainnya:

10 negara untuk naik kereta panoramic di dunia

1. Norwegia

Norwegia punya kereta panoramic yang dikenal sebagai The Rauma Line dengan rute Dombas-Andalsnes. Jarak tempuh kereta ini sekitar 114 kilometer selama kira-kira 1,5 jam.

Saat naik kereta ini, penumpang dapat melihat pemandangan puncak, lereng gunung, dan Sungai Rauma. Daya tarik lainnya adalah saat kereta melintasi Jembatan Kylling yang tinggi.

Wisatawan yang ingin naik kereta ini dianjurkan bepergian mulai bulan Juni hingga Agustus.

2. Skotlandia

Skotlandia memiliki beberapa jenis kereta panoramic yang menawarkan rute dengan pemandangan alam, salah satunya West Highland Line.

Kereta jenis ini dikenal karena bentuknya mirip dengan kereta api Hogwarts Express dalam film dan buku Harry Potter.

Dilansir dari laman resminya, rute yang dilayani salah satunya adalah dari Glasgow ke Mallaig dengan durasi total sekitar 5 jam 15 menit. Ada pula yang ke Fort William atau Oban.

Bila naik kereta ini, para penumpang dapat melihat panorama lokasi syuting film Harry Potter, antara lain Glenfinnan Viaduct, Loch Shiel, Loch Eilt, dan Ben Nevis.

3. Swiss

Glacier Express merupakan salah satu kereta panoramic yang ada di Swiss. Dilaporkan oleh Kompas.com, Rabu (23/3/2022), kereta ini menempuh rute awal dari Zermatt hingga St Moritz dengan waktu tempuh sekitar delapan jam.

Saat musim panas, pemandangan yang bisa dinikmati adalah hamparan rerumputan hijau, sedangkan saat musim dingin pemandangan tersebut berubah menjadi hamparan salju.

Selama delapan jam perjalanan, penumpang kereta akan melewati 91 terowongan, lebih dari 291 jembatan, dan jalur celah gunung setinggi 2.033 meter persegi.

Ada dua tipe tiket kereta Glacier Express, yakni tiket kelas satu seharga mulai Rp 4,2 juta dan tiket kelas dua sekitar Rp 2,3 juta.

4. Kanada

Dikutip dari Condé Nast Traveler, salah satu kereta di Kanada yang menyajikan pemandangan yaitu Polar Bear Express. Kereta ini nantinya akan membawa penumpang dari Cochrane menuju Moosonee, dengan durasi kira-kira lima jam.

Selama perjalanan, penumpang dapat menyaksikan pemandangan berupa lanskap hutan lebat dan sungai berliku.

Harga tiket kereta Polar Bear Express untuk sekali jalan yakni mulai Rp 774.702.

5. Italia

Cinque Terre Express menawarkan pemandangan pantai di sepanjang pedesaan tepi pantai Cinque Terre di Liguria, Italia.

Kereta ini berangkat dari La Spezia lalu melintasi pedesaan yang yang terdaftar di UNESCO tersebut yakni Riomaggiore, Monterosso, Vernazza, Corniglia, dan Manarola.

Kereta ini akan berhenti di Levanto, dilansir dari The Guardian.

Harta tiket Cingue Terre Express untuk satu hingga tiga hari perjalanan mulai dari 18.20 euro atau mulai Rp 305.792.

6. Jerman

Kereta panoramic di Jerman salah satunya melayani rute perjalanan dari Bingen ke Koblenz dengan kereta Central Rhine Railway. Jaraknya sekitar 61 kilometer dengan durasi perjalanan kira-kira 50 menit.

Penumpang akan menyaksikan pemandangan indah berubah kastel yang menjulang di atas air.

Kereta ini juga melewati jalan sempit yang, konon, merupakan lokasi Lorelei memikat para pelaut dengan nyanyiannya. Adapun Lorelei merupakan legenda Jerman yang hampir mirip dengan siren (peri laut atau putri duyung).

Waktu terbaik bepergian menggunakan kereta panoramic di Jerman adalah sekitar bulan Februari hingga Oktober.

7. Austria

Kereta panoramic Semmerring di Austria melintasi rute dari Gloggnitz menuju Murzzuschlag. Jarak tempuhnya sekitar 41 kilometer dengan waktu perjalanan kira-kira 45 menit.

Jalur kereta api panoramic ini dibangun antara tahun 1848 dan 1854 yang melibatkan lebih dari 20.000 pekerja.

Penumpang akan melihat pemandangan saat melintasi Semmering Pass, melewati 15 terowongan, 16 viaduk, dan jembatan melengkung di bentangan pegunungan berhutan.

8. Wales

Dikutip dari laman Wales Online, salah satu kereta panoramic di Wales yang bisa ditumpangi yaitu kereta jalur Heart of Wales.

Kereta dengan perjalanan yang melaju sejauh 226 kilometer ini menyuguhkan pemandangan desa berbukit dan beberapa bangunan, seperti jembatan di Cynghordy dan Knucklas.

Tidak hanya itu kereta ini juga melewati muara Loughor, Sungai Tywi, perbukitan Eppynt dekat Llanwrtyd Wells, Hutan Radnor yang ada di antara Llandrindod Wells dan Knighton, serta daerah perbatasan terpencil.

9. Jepang

Salah satu kereta panoramic yang menyuguhkan pemandangan di Jepang yaitu The Tokaido Shinkansen.

Dikutip dari laman JR Rail Pass, jalur kereta ini terletak di Prefektur Shizuoka, Kanto. Sepanjang perjalanan melewati Tokyo dan Kyoto, penumpang akan disuguhkan pemandangan Gunung Fuji.

Apabila kamu menaiki kereta yang bergerak menuju arah selatan ke Nagoya atau Kyoto, Gunung Fuji akan terlihat dari arah kanan melajunya kereta.

Sementara itu, jika kamu menaiki kereta yang bergerak ke arah utara menuju Tokyo, Gunung Fuji akan terlihat di sebelah kiri melajunya kereta.

10. Indonesia

Indonesia kini punya kereta panoramic dengan rute Gambir-Yogyakarta pergi-pulang (PP).

Dilaporkan oleh Kompas.com, Minggu (25/12/2022), Kereta Panoramic dirangkaikan ke perjalanan kereta api (KA) Taksaka Tambahan.

Rute yang dilalui oleh KA Taksaka meliputi Gambir-Cirebon-Purwokerto-Kroya-Kebumen-Kutoarjo-Yogyakarta.

Kereta Panoramic sudah mulai beroperasi dengan periode soft opening mulai Sabtu (24/12/2022) hingga Minggu (08/01/2023). Tarifnya selama periode tersebut mulai dari Rp 750.000

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!