Travel  

10 Makanan Khas Lebaran Dari Berbagai Daerah di Bumi Nusantara

10 Makanan Khas Lebaran Dari Berbagai Daerah di Bumi Nusantara

tribunwarta.com – Yang namanya lebaran baik Idul Fitri ataupun Idul Adha, tak hanya masyarakat muslim di Indonesia saja merayakannya tapi berbagai negara di belahan bumi juga tentunya turut menyambut kedua hari raya besar umat islam tersebut.

Selain memakai baju baru, hari raya Idul Fitri atau lebaran Haji memang selalu menjadi saat yang paling tepat untuk kita bisa menikmati aneka santapan tradisional.

Tentunya tak hanya masyarakat muslim Indonesia saja yang merayakannya dengan menikmati aneka makanan tradisional, beberapa negara lain juga begitu baik itu orang Arab maupun Turki di Timur Tengah ataupun Malaysia, Cina dan India.

Namun yang namanya makanan khas lebaran, tentunya setiap daerah pasti bervariasi. Tak terkecuali dengan kota-kota di Indonesia seperti Bangka, Jogja, Kalimantan, Lampung, Riau, Solo, Lombok, Sulawesi, Bandung, Kudus, Madura juga Tegal.

Nah, jika ingin mengetahui apa saja variasi menu makanan khas lebaran dari setiap daerah yang ada di Indonesia, langsung saja yuk kita lihat daftar dibawah ini.

1. Semur Daging(Betawi)

Selain ketupat dan opor ayam, semur daging juga menjadi salah satu masakan wajib tersaji di meja- orang Betawi. Rasanya yang manis, gurih dan sedikit pedas sangat cocok disantap bersama dengan nasi hangat ataupun ketupat.

Menurut resepnya, tak hanya cara pembuatannya saja yang praktis tetapi bahan-bahannya untuk membuat semur daging juga mudah didapatkan.

2. Gulai Nangka(Medan)

Makanan khas lebaran satu ini cukup populer di Medan dan sekitarnya. Sesuai namanya, kuliner tersebut bahan dasarnya terbuat dari nangka yang dimasak dengan bumbu gulai.

Sebagai pelengkap, gulai nangka ini juga biasanya dikombinasikan dengan daging iga, ceker ataupun sayur kacang panjang serta santan kental yang menjadikannya terasa sangat gurih.

3. Gulai Kambing(Aceh)

Nah, hidangan selanjutnya ini adalah salah satu menu khas lebaran dari daerah Aceh. Menu tersebut pada umumnya, bahan dasarnya terbuat dari daging dan bagian tulang kambing yang dimasak bersama bumbu kari atau gulai.

Di Aceh sendiri, gulai kambing lebih dikenal dengan nama kuah sie kameng dan sajian ini biasanya paling enak bila disantap bersama nasi panas, ketupat ataupun roti canai.

4. Rendang(Padang)

Mendengar nama makanan khas Minang satu ini siapa sih tak kenal? Yup, kuliner bernama rendang tersebut memang sudah sangat terkenal tidak hanya di Indonesia tapi juga di luar negeri.

Olahan daging bercitarasa pedas yang menggunakan resep campuran antara aneka macam bumbu dan rempah ini menjadi salah satu menu paling populer di dunia kuliner internasional.

Tak hanya disajikan sebagai menu sehari-hari, makanan yang kerap dijadikan soal TTS tersebut juga merupakan salah satu hidangan lebaran paling favorit di ranah minang Padang.

Selain nikmat disantap bersama nasi putih hangat, kuliner tersebut juga sangat cocok bila disajikan denganminuman yang segar.

5. Kue Bugis(Makassar)

Bagi masyarakat Makassar dan Sulawesi selatan, kue bugis adalah salah satu jenis makanan khas lebaran yang wajib disajikan di meja makan.

Penganan tersebut adalah salah satu jenis kue basah yang terbuat dari tepung ketan dan kemudian diadon bersama kelapa lalu dibungkus menggunakan daun pisang. Dilihat dari gambar ataupun foto, tampilannya mirip dengan lambang sari khas Kepulauan Seribu.

6. Soto Banjar(Banjarmasin)

Meskipun kerap dijadikan sebagai menu sehari-hari, soto banjar tersebut juga merupakan salah satu makanan khas lebaran lho bagi warga Banjarmasin.

Kekhasan citarasa dan isiannya, mulai dari suwiran ayam kampung, telur rebus, bawang goreng serta ketupatnya menjadikannya sebagai salah satu hidangan paling pas disajikan pada saat lebaran tiba.

7. Ayam Woku(Manado)

Dan dari Manado, salah satu makanan khas lebaran yang wajib dihidangkan di meja makan adalah ayam woku. Dari tampilannya, kuliner ini mirip ayam bumbu rujak, hanya saja rasanya sedikit agak berbeda.

Banyaknya bumbu dan rempah yang digunakan sebagai bahan utama menjadikannya sebagai salah satu hidangan lebaran paling favorit bagi penduduk di Manado.

8. Lemang Lepat Lau(Pontianak)

Nah, buat Sahabat JejakPiknik yang kebetulan sedang berada di Pontianak, lebaran belum lengkap rasanya tanpa mencicipi makanan bernama lemang lepat lau.

Penganan yang kerap disajikan pada saat lebaran ini bahan dasarnya terbuat dari perpaduan antara beras ketan dan santan kelapa.

Meski bentuknya mirip dengan lontong jawa, tapi cara memasak lemang lepat lau khas Pontianak ini cukup unik yaitu dengan mendirikannya diatas bara api. Rasanya yang begitu gurih paling nikmat bila disantap bersama serundeng ataupun rendang.

9. Opor Ayam(Sunda)

Dan bagi orang Sunda, menu opor ayam adalah salah satu jenis makanan khas yang wajib tersedia di meja makan saat merayakan hari lebaran.

Tak hanya bagi warga Bandung tetapi juga hampir semua masyarakat di Jawa Barat menjadikannya sebagai menu lebaran yang wajib disajikan diatas meja.

Menu lebaran khas Sunda yang terdiri dari dua jenis yakni opor kuah kuning dan putih ini bahan dasarnya terbuat dari daging ayam, santan serta bumbu rempah pilihan

10. Anam(Palembang)

Pada saat lebaran, anam adalah salah satu menu hidangan yang selalu ada dan sudah menjadi tradisi masyarakat Palembang khususnya daerah Lahat. Dilihat sekilas, tampilan kuliner ini mirip gulai.

Anam sendiri bahan dasarnya terbuat dari potongan dadu daging ayam yang dipadukan dengan bumbu khas seperti bawang, serai, lengkuas, jahe, kunyit, kencur, ketumbar, merica, cengkeh dan rempah lainnya.

Kuahnya yang gurih karena diberi santan kelapa membuatnya menjadi salah satu penganan paling cocok dipadukan dengan ketupat ataupun nasi hangat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!