Travel  

10 Makanan Khas Andorra, Negeri Kecil yang Menawan

10 Makanan Khas Andorra, Negeri Kecil yang Menawan

tribunwarta.com – Pernah mendengar nama negara Andorra? Negara kecil ini berada di antara Prancis dan Spanyol. Lokasinya dekat Gunung Pyrenees dengan Andorra La Vella sebagai ibu kota negaranya. Ibu kota negara ini merupakan pusat utama untuk restoran dan hotel kelas atas. Negara ini juga merupakan tempat terbaik untuk berlibur.

Andorra terkenal memiliki beberapa jenis resort ski dan pemandangan alam yang terbaik. Makanan khas Andorra memiliki spesialisasinya meskipun negara ini berdekatan dengan Prancis, Catalonia dan Spanyol.

Untuk makanannya, Andorra menggunakan bahan-bahan yang tumbuh dan hidup liar seperti jamur, babi hutan, kelinci, dan lain-lain. Inilah daftar 10 makanan paling populer di Andorra.

1. Pa Amb Tomaquet

Tomaquet pa amb adalah makanan khas Andorra yang dihidangkan bersama makanan lain khususnya hidangan daging. Hidangan ini akan selalu dijumpai dalam perjalanan di Andorra. Meski namanya terdengar sederhana, hidangan khas Andorra ini rasanya tak kalah nikmatnya.

Seperti di negara tetangganya, Catalonia, kebiasaan saat makan roti ini dimulai dengan mengoleskan satu siung bawang putih pada irisan roti keras yang dipanggang. Kemudian diikuti dengan tomat yang dihancurkan dan diakhiri dengan siraman minyak zaitun yang ditambah dengan sejumput garam.

Semua kenikmatan itu meresap ke dalam roti tanpa membuat rasanya berlebihan dan hasilnya adalah roti dengan rasa yang luar biasa, tekstur yang renyah tapi lembut. Hidangan ini sangat sederhana tapi sangat memuaskan. Untuk menambah kenikmatan bisa ditambahkan potongan daging dingin atau disantap sendiri sebagai camilan.

2. Galtes de Porc

Galtes de porc merupakan hidangan untuk pencinta makanan yang senang bereksperimen. Mungkin bagi beberapa orang cukup mengejutkan ternyata daging pipi babi bisa dimakan, tapi potongan daging yang lembut ini adalah salah satu makanan yang dianggap lezat di Andorra.

Di Andorra, makanan yang populer ini dibuat dengan bermacam cara. Namun yang lebih khusus, makanan ini dihidangkan dengan menambahkan saus. Awalnya daging pipi babi ini akan berwarna kecoklatan ketika dimasak di dalam oven sebelum dicampurkan dengan bahan lain.

Resep koki terkenal di Andorra memadukan daging pipi babi dengan anggur merah, daun bawang, daun seledri, kaldu serta bahan pokok segar lainnya seperti wortel, bawang putih, tomat, bawang merah, garam dan lada hitam.

3. Trinxat

Makanan khas Andorra yang gurih ini dinamakan trinxat. Hidangan ini dibuat dari kubis dan kentang yang dicincang kemudian dihaluskan. Setelah itu diberi tambahan bawang putih, jamur, daging babi atau bacon, merica, garam, dan minyak zaitun.

Nama makanan ini berasal dari kata dalam bahasa Catalan, trinxar, yang artinya mengiris, menumbuk, atau memotong. Bahan yang ditumbuk tersebut kemudian diratakan jadi pancake kecil lalu digoreng dalam minyak. Sesudah matang, pancake dihiasi dengan potongan daging.

Trinxat merupakan makanan musim dingin yang ideal karena di musim ini kubis tumbuh dalam kondisi yang baik di dataran tinggi bagian pegunungan Andorra.

Persiapan untuk membuat trinxat cepat, mudah dan murah. Makanan ini juga semakin populer sehingga ada festivalnya sendiri yang dirayakan di kota Puigcerdá. Untuk mencicipi trinxat yang original disarankan untuk menghias pancake hash ini dengan beberapa peterseli cincang halus dan santap saat masih panas.

4. Escudella

Hidangan nasional Andorra sangat direkomendasikan untuk kamu yang merasa lapar. Ini adalah makanan musim dingin lainnya. Pada dasarnya escudella merupakan daging babi rebus atau campuran daging bersama dengan sayuran.

Versi Escudella yang paling otentik yaitu yang dibuat dengan menggunakan bermacam daging yang di antaranya adalah kuping babi, daging sapi muda, ayam, dan sosis. Saat Natal, hidangan ini dibuat ulang menjadi sopa grossa dengan menambahkan conchiglie atau pasta berbentuk kerang.

Makanan khas Andorra ini selalu dihidangkan panas dan segar. Ini adalah salah satu makanan Andorra yang terbaik. Jadi, kalau berkunjung ke Andorra jangan lupa untuk mencobanya.

5. Amanida de Xicoira

Di Andorra musim panas merupakan waktu untuk festival. Musim panas merupakan waktu dihidangkannya makanan yang ringan tapi sangat menyejukkan sehingga banyak digemari oleh orang Andorra karena efek dingin yang diberikannya.

Jadi tak mengherankan kalau salah satu makanan khas Andorra, amanida de xicoira menjadi hidangan favorit sepanjang masa.

Xicoira merupakan satu dari bermacam varian sayuran mahal dan menyehatkan yang tumbuh di banyak lereng gunung Andorra. Hidangan ini dibuat menggunakan daun sawi putih liar, bacon, dan kerap kali ditambahkan siput. Salad mewah ini merupakan satu lagi ekspresi budaya Andorra yang menyadari pentingnya nutrisi.

6. Cargol

Tidak hanya dikonsumsi di Prancis, siput juga merupakan makanan populer di Catalonia dan Andorra. Di sebagian besar hotel di Andorra, cargol dihidangkan sebagai jenis menu utama. Siput ini dihidangkan dengan resep yang tepat. Untuk memasak hewan ini ada beberapa versi, tapi yang paling khas di Andorra yaitu versi cargols a la lluna.

Di menu ini siput dipanggang dalam oven dan disantap bersama dengan minyak zaitun, garam dan aioli (mayones bawang putih) atau paprika yang diberi cuka. Cara memasaknya adalah dengan membumbui siput terlebih dulu dengan garam, minyak zaitun serta merica. Setelahnya barulah siput dipanggang dan dihidangkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!