Travel  

10 Gambar Telaga Biru Cianjur, Lokasi Alamat, Misteri Mitos, Hotel di Sekitar + Jalan Menuju Wisata

10 Gambar Telaga Biru Cianjur, Lokasi Alamat, Misteri Mitos, Hotel di Sekitar + Jalan Menuju Wisata

tribunwarta.com – Lokasi: Dusun Cigaru, Desa Cisoka, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang, Banten 15730Map: KlikDisiniHTM: GratisBuka/Tutup: 07.30–17.30Telepon: –

Telaga Biru Cianjur merupakan salah satu destinasi wisata yang menjadi favorit masyarakat di kawasan Jabodetabek. Hal itu karena pemandangan alamnya sangat memukau dan berkaitan dengan alam yang segar.

Kamu akan mendapatkan pengalaman berbeda ketika mengunjungi objek wisata di Cianjur ini. Alangkah baiknya berkunjungi saat cerah, sehingga dapat puas menyaksikan panorama alam yang menampilkan berbagai warna ini.

Ada berbagai kegiatan yang bisa kamu lakukan disana. Tidak hanya sekedar memandangan panorama alamnya saja, melainkan juga berkeliling danau dengan sampai hingga berfoto di spot-sepot dengan latar terbaik.

Cerita Mistik tentang Telaga Biru

Sudah umum kalau tempat yang sedikit aneh atau tempat wisata yang cukup tersembunyi memiliki cerita mistik yang beredar di kalangan masyarakat. Konon, warna biru atau hijau dari air di telaga biru dipengaruhi oleh Ratu Pelangi yakni makhluk halus penunggu danau.

Lanjut lagi, menurut cerita air di danau mampunyai manfaat membangkitkan aura kecantikan wajah. Sebagai wisatawan, kamu boleh percaya atau tidak. Dibalik cerita mistiknya, pemandangan alam Telaga Biru Cisoka benar-benar asri indah sekalia. Dapat sebagai obat penghilang kejenuhan.

Fenomena Telaga Biru yang Berubah Warna

Telaga sama dengan danau, bendungan atau situ. Sedikit pengetahuan, dulu Telaga Biru Cisoka Kuningan Tangerang ini sebenarnya merupakan area penambangan pasir di tahun 1999 – 2005. Sejak tahun 2016 ditinggalkan dan sudah tidak diurus lagi.

Seiring berjalannya waktu guyuran hujan tiap tahun menggenangi tempat ini. Kian hari kian bertambah genangannya, semakin lebih dalam mengisi kubangan besar hasil penambangan pasir. Karena itu, jadilah sebuah danau yang bisa kita nikmati pemandangannya sampai sekarang.

Terdapat 3 bekas penambangan pasir, setiap kubangan mempunyai kedalaman berbeda. Awalnya, telaga biru tidak memiliki air yang berwarna biru, jernih dan cantik, tapi sebaliknya sangat keruh.

Semakin hari partikel pembuatan keruh, mulai tenggelam sampai akhirnya menjadikan airnya bersih, jernih dengan warna berubah-ubah. Dari hijau ke biru bahkan biru toska.

Selain karena sisa pertambangan, juga merupakan ekosistem alga ganggang, tumbuhan ini bisa hidup dan berkembang biak di bagian dasa danau. Saat tumbuhan tersebut kena cahaya matahari, menjadikan alga ganggang berubah warna. Itu juga yang mempengaruhi perubahan warna di Telaga Biru.

Keindahan Telaga Biru

Sebelum kamu sampai disana, sudah akan menikmati pemandangan terbaik. Sebab, di sepanjang jalan kesana, membentang sawah-sawah warga. Tentu suasana yang tidak bisa kamu nikmati ketika di kota.

Seperti namanya Telaga Biru, daya tarik utama yaitu warna air di telaga ini berubah-ubah, dari hijau ke biru kadang ke biru tosca. Bukan tanpa sebab memang, penggantian warnanya karena lokasi objek wisata ini dulunya daerah pertambangan.

Saat pertama memasuki kawasan Telaga Biru Cisoka, kamu sudah disambut dengan pemandangan 2 telaga yang berada di sebelah kanan dari arah pintu masuk. Danau pertama menyajikan air berwarna biru berlatarkan tebing pasir. Sementara yang kedua warna airnya putih.

Lalu, berjalan sedikit saja nampak telaga ketiga dengan air berwarna hijau. Bendungan ini lebih luas dibandingkan lainnya. Latar belakangnya pun pepohonan yang selaras. Pemandangannya memang tidak begitu kontras, tapi nyaman dipandang mata.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan Di Telaga Biru

Di bendungan air ini kamu dapat melakukan berbagai aktivitas berkesan. Apalagi jika datang kesana dengan teman-teman, sahabat atau pasangan. Pastilah lebih seru, berikut ini daftar kegiatan yang dapat kamu lakukan!

Berkeliling dengan sewa perahu

Walaupun airnya jernih dan bersih, tapi tidak disarankan untuk berenang di Telaga Biru. Sebab, kadar keasaman airnya tidak stabil. Jadi, dikhawatirkan memberikan dampak buruk bagi mereka yang bersentuhan langsung dengan air di danau ini.

Meskipun begitu, kamu tak perlu kecewa karena masih bisa berkeliling menyusurinya menggunakan perahu. Hanya Rp 20.000 kamu dapat menjelajahi spot-spot foto instagramable. Jangan lupa bawa kamera terbaik dalam menemani perjalananmu kesana.

Berfoto di latar alam yang indah

Setiap sudut Telaga Biru Cisoka dapat menjadi tempat instagramable yang mampu menghasilkan foto bagus. Karena itulah cocok bagi kamu yang aktif di media sosial, khususnya instagram.

Bersantai di sekitar danau

Di sekitar danau ada tempat bersantai menikmati udara sekitar yang sejuk. Wisatamu bisa lebih berkesan kalau membawa bekal, lalu dimakan disana bersama-sama. Oleh karena itu, ajak orang-orang tercinta bersamamu.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Telaga Biru

Danau di Tangerang ini buka pada pukul 07.30 – 17.30. Walaupun sudah cukup ramai, tapi pengunjungi tidak dikenakan biaya tiket masuk, kecuali menggunakan fasilitas yang ada. Tentunya menjadi wisata murah bagimu yang berada diwilayah Jabodetabek.

Bila membawa kendaraan roda dua biaya parkirnya Rp 2.000 dan Rp 10.000 untuk kendaraan roda empat. Semenjak ditinggal tahun 2016 silam, pengelola mulai menyadari potensi wisata di kawasan ini. Sehingga, semakin hari menambahkan fasilitas-fasilitas untuk menunjang kegiatan wisatawan.

Fasilitas yang tersedia di Telaga Biru Cisoka

Selain area parkir, kawasan wisata ini juga menyediakan gazebo sebagai tempat santai di sekitar danau. Lalu, ada pula tempat makan untuk menikmati makanan saat perut laparm harganya cukup murah.

Sementara bila ingin menginap bisa memesan hotel atau penginapan secara online. Tapi, kalau ingin sederhana bisa memilih guest house sekitar sana. Karena merupakan lingkungan pedesaan, kamu bisa menemukan barang-barang atau peralatan wisata disana.

Disana juga ada tong sampah untuk menampung sampah para pengunjung. Selain itu, ada toilet dan perahu yang bisa disewa untuk menjelajahi bendungan air Cisoka.

Letak dan Cara Menuju Telaga Biru

Lokasi Telaga Biru di Dusun Cigaru, Desa Cisoka, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang, Banten. Mungkin selama ini kita mengira kalau Tangerang adalah kota industri penuh dengan pabrik. Namun, ternyata mempunyai pesona alam menakjubkan.

Karena terletak di dusun Cigaru, maka banyak menyebutnya dengan Telaga Biru Cigaru. Kalau Cisoka itu nama desa dan kecamatannya. Terserah kamu mau menyebutnya apa, pastikan alamat yang kamu tuju benar.

Cara menuju telaga biru bukan perjalanan sulit. Dari pusat kota Tangerang, ke jalur jalan Pemda Tigaraksa berjarak 9 km dari letaknya kawasan wisata ini.

Kalau dari Jakarta bisa menggunakan kereta api agar tidak macet. Naik KRL, turun di Stasiun Tigaraksa, lalu naik angkot atau ojek menuju Telaga Biru.

Lebih nyaman jika naik kendaraan pribadi, sehingga tidak berpindah-pindah sarana transportasi. Gunakan google maps aktifkan gps supaya mudah dalam menemukan letaknya. Di jaman serba modern seperti sekarang ini, takkan sulit bagimu menemukan letak suatu tempat.

Secara ilmiah, perubahan air di danau ini telah dijelaskan diatas. Entah mengapa dan bagaimana asalnya masyarakat masih menyangkut pautkan dengan mitos, legenda atau cerita misteri tentang asal usul Telaga Biru ini.

Tips berlibur ke tempat ini, kamu harus mematuhi aturan berlaku disana agar tidak terjadi sesuatu pada dirimu. Usahakan datang di pagi atau siang hari supaya mendapatkan penorama terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!