Travel  

10 Gambar Pulau Kumala Balikpapan, Harga Tiket Masuk, Lokasi Alamat, Misteri Mitos + Jute Menuju ke Sana

10 Gambar Pulau Kumala Balikpapan, Harga Tiket Masuk, Lokasi Alamat, Misteri Mitos + Jute Menuju ke Sana

tribunwarta.com – Alamat: Jalan K.H. Ahmad Muksin, Timbau, Tenggarong, Kutai Kartanegara, KaltimMaps/Peta Online: Klik DiSiniJam Buka-Tutup: Pukul 08.00-18.00 WITAHarga Tiket Masuk (HTM): Rp2.000

Rekan-rekan, terutama para backpacker, bertualang mendapatkan pesona alam nan indah tidak perlu sampai harus ke luar negeri. Di negara kita, Indonesia, terdapat banyak lokasi wisata yang bisa dieksplore. Beberapa masih sangat alami dan belum banyak pengunjung mengetahuinya.

Pulau-pulau di luar Jawa juga terkenal dengan keindahan alam serta kondisi wilayah yang asri. Sangat cocok dijadikan the next holiday destination. Selain bisa menikmati keindahan alam, hunting foto misalnya, rekan-rekan juga bisa mendukung pariwisata kita.

Lokasi

Pulau Kalimatan, salah satu dari lima kawasan dataran terbesar di Indonesia, terkenal menyimpan berbagai harga karun alami. Mulai dari keindahan serta sekayaan sungai, dengan air yang jernih, serta hutan tropisnya.

Lokasi wisata kita kali ini cukup unik, kawan. Kalian hanya bisa menemukannya di Pulau Kalimantan saja loh. Letak tepatnya adalah di Tenggarong, Kalimantan Timur. Sudahkah kalian bisa menduga apakah tujuan wisata kita kali ini?

Kita akan menilik sedikit mengenai Pulau Kumala, sebuah taman rekreasi yang berada di tengah-tengah Sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Mari kita lihat sedikit deskripsi mengenainya.

Rute Perjalanan

Kawan, letak Kota Tenggarong ini adalah kira-kira 27 km dari ibukota Kalimantan Timur, Samarinda. Sekarang, untuk mencapai kawasan ini, tidak perlu susah-susah lagi. Kalian bisa menggunakan beragam transportasi.

Kendaraan umum ataupun pribadi bisa digunakan untuk menuju ke Kota Tenggarong. Ketika mencapai kawasan dermaga di tepi Sungai Mahakam, juga sudah terdapat persewaan perahu motor untuk menyeberang. Bisa juga dengan menggunakan kereta gantung.

Ketika kalian memasuki area wisata, sobat akan melihat suatu gapura atau pintu gerbang tinggi. Bangunannya cukup mirip dengan jembatan. Bila sudah mendapatkan view ini, berarti kalian sudah mencapai kawasan Pulau Kumala.

Daya Tarik

Sungai di kawasan Pulau Kalimantan memiliki beragam ukuran. Selain sebagai transportasi serta lokasi kegiatan ekonomi masyarakat, Pulau Kumala di tengah Sungai Mahakam juga merupakan salah satu dari pemanfaatannya.

Bila rekan-rekan datang ke sana, kalian akan melihat suatu arena rekreasi yang tidak kalah dengan Taman Impian Jaya Ancol di Jakarta. Bahkan mungkin lokasi satu ini lebih diminati oleh mereka yang mencintai udara sejuk khas pedesaan.

Sebenarnya, Pulau Kumala ini merupakan suatu delta dari Sungai Mahakam. Lokasinya juga sering sekali terendam air ketika volume sungai bertambah. Namun, keindahan alam yang ada di sana memang tidak terbantahkan. Hal inilah yang menyebabkan pemerintah meresmikannya.

Ketika sobat traveler datang, dari kejauhan Pulau Kumala akan tambah seperti kapal, yaitu dengan luas sekitar 81 ha. Dengan pemandangan inipun, kalian para photo hunters akan mendapatkan jackpot.

Sobat, terdapat beberapa wahana permainan di sini, seperti komidi putar, jet coaster, kereta gantung, gokart, kereta api mini¬ł serta bombom car. Rekan-rekan juga bisa mengelilingi pulau menggunakan wahana di kawasan ini.

Sobat, bagi pecinta pemandangan dari ketinggian, terdapat juga sky tower, yaitu sebuah planetarium yang memungkinkan kalian menikmati pemandangan Kota Tenggarong. Kalian akan menikmati ketenangan serta keindahan kota dari tinggi 75 meter.

Bagi rekan-rekan yang membawa anak-anak, boleh diajak menuju ke akuarium raksasa. Di sini, terdapat lumba-lumba air tawar atau yang sering juga disebut Orcaella brevirostris. Masyarakat juga menyebutnya dengan ikan Pesut dari Pulau Kumala.

Fasilitas Wisata

Selain wahana permainan yang telah disebutkan tadi, Pulau Kumala juga memberikan berbagai fasilitas untuk menunjang liburan kalian, kawan. Di tempat ini sudah tersedia tempat parkir yang luas, memungkinkan pengunjung menikmati permainan tanpa khawatir berdesakan.

Pihak pengelola juga menyediakan restoran, warung makan, serta mempersilakan pedagang asongan dari daerah setempat untuk menjajakan makanannya di kawasan wisata yang mirip disneyland ini.

Sobat travelers, kalian juga sangat bisa menciptakan berbagai kreasi seni dari kawasan ini. Seperti gambar-gambar misalnya, atau poto, serta video. Rekan-rekan bisa mengambil dari berbagai macam sisi ataupun fasilitas.

Pulau Kumala ini cukup mirip dengan mini resort, dengan terdapat hotel, cottage, serta wisma penginapan di sekitar daerah liburan. Kalian juga bisa memberikan gambar denah dari Pulau Kumala untuk menjadi salah satu penarik wisatawan.

Pengunjung juga bisa loh memancing ikan di sekitar Pulau Kumala. Namanya saja suatu destinasi di sekeliling Sungai, tentu ada berbagai macam jenis ikan di tempat ini. Kalian bisa kok untuk meminjam peralatan memancing dari persewaan.

Kalian juga dibebaskan bila ingin membawa peralatan memancing sendiri. Ikan-ikan di tempat ini bukan hanya ikan kecil loh. Boleh kok dicoba kawan.

Bagi rekan-rekan yang ingin menikmati berkemah di tempat ini, bisa juga untuk menghubungi pihak pengelola pariwisata. Selain itu, jika kalian ingin menikmati berkeliling penggunakan ketinting, atau kapal kecil, sobat hanya perlu membayar Rp6.000.

Biaya untuk bisa menikmati keindahan alam serta wahana permainan ini tidak mahal kok. Loket masuk hanya diminta membayar Rp2.000. Sementara itu, untuk menikmati setiap permainan, harganya cukup beragam, sekitar Rp2.000 hingga Rp25.000.

Tips Berlibur

Kawan, mungkin kalian juga banyak membaca tentang sejarah, cerita mitos yang berkembang di sekitar wilayah Kalimantan, seperti di kota Balikpapan, Palangkaraya. Begitu pula di Kumala Island, tentu memiliki mitos sendiri.

Entah mengapa, kondisi ini tetap tidak jauh-jauh dari sejarah, cerita, mitos, misteri, legenda, kondisi angker, serta hal lain. Namun, suatu tips saja nih, tidak perlu khawatir atau terlalu percaya terhadap kebenaran cerita tersebut sehingga mengurungkan niat kalian dalam berlibur.

Banyak orang yang menikmati keindahannya kok kawan. Asal kita bisa menikmati fakta yang ada, kita tidak akan terjebak dalam bentuk, deskripsi, serta keindahan yang ditutup melalui beragam cerita hantu.

Kalaupun penasaran, kalian juga bisa membacanya di internet mengenai informasi tersebut. Diantaranya adalah mencari informasi kukar, lembuswana, lagu naga parai, patung terbaru, Belanda. Ada banyak artikel baik di website pribadi atau Wikipedia.

Selain itu, agar liburan kalian efektif, bisa juga dengan mengunjungi beberapa destinasi di sekitar Kumala Island. Diantaranya adalah Museum Mulawarman, yang diambil dari Raja terkenal Kerajaan Kutai, Kalimantan Timur.

Satu lagi tips terakhir kawan. Jangan lupa untuk terus menjaga kebersihan destinasi wisata di Indonesia dengan terus membuang sampah di tempatnya. Jangan juga mencorat-coret tembok dan malah membuat negara kita merugi ya.

Selalu peliharalah lingkungan kita kawan. Karena, jika bukan kita, masyarakat Indonesia, yang menjaganya, lalu siapa lagi? Mari terus budayakan untuk mendukung pariwisata Indonesia.

Kalian juga bisa mengunggah foto ataupun video di Pulau Kumala di sosial media. Hal tersebut tentu akan meningkatkan jumlah wisatawan yang datang ke area ini. Sudah siapkah untuk berlibur? Segera rencanakan liburan kalian ya kawan. Jangan lupa untuk tetap jaga kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!