Travel  

10 Gambar Pantai Sumur Tiga Aceh, Lokasi Wisata + Penginapan Hotel

10 Gambar Pantai Sumur Tiga Aceh, Lokasi Wisata + Penginapan Hotel

tribunwarta.com

Lokasi : Le Meule, Sukajaya, Sabang, Pulau Weh, Provinsi Aceh 23521Map : Klik DisiniHTM : –Buka/Tutup : Setiap hari (07.00-17.00)Telepon : –

Hawaii nya sabang. Begitulah pantai sumur tiga yang terletak di gempong le meulee, pulau weh ini dijuluki. Ia merupakan pantai berpasir putih yang sangat terkenal dan dikagumi oleh para wisatawan karena pesona keindahan panorama alamnya.

Pantai ini juga termasuk ke dalam jajaran pantai populer di banda aceh. Ia adalah “serpihan surga” tersembunyi di kota serambi makkah.

Lebih dekat dengan pantai sumur tiga

Apabila anda mendambakan lokasi wisata bahari yang benar-benar masih alami, maka pantai sumur tiga bisa menjadi salah satu pilihan.

Karena selain panorama lautannya yang indah dengan bentangan air laut biru dan bersih, pantainya juga dihiasi oleh hamparan pasir putih yang tampak seperti kilauan permata saat terkena sinar matahari.

Di pinggir juga terdapat jejeran pohon-pohon kelapa yang tumbuh dengan rindangnya. Tak terbayangkan betapa nyamannya menikmati suasana dengan duduk di bawah pohon-pohon kelapa ini.

Apalagi ditambah santapan lezat berpadu minuman segar, pasti akan membuat anda semakin betah dan hanyut dalam suasana liburan yang tak tergambarkan sensasinya.

Sementara itu jika menyasar kedalaman lautan, kita juga akan mendapati betapa pantai sumur tiga ini memiliki kekayaan bawah laut tak ternilai. Di sana ada beragam jenis ikan serta bermacam spesies terumbu karang berbagai bentuk.

Karena keindahan pesona bawah laut itulah, para wisatawan yang datang ke sini biasanya menjadikan aktivitas snorkeling sebagai aktivitas mereka sepanjang hari.

Terutama bagi para pelancong luar negeri, menjelajah semua spot bawah laut di pantai ini sepertinya telah menjadi kewajiban bagi mereka.

Tak hanya sampai di situ, keunikan tersendiri dari pantai sumur tiga ialah terdapatnya deretan 5 buah sumur di sepanjang bibir pantai, sumur ketiganya bahkan menjadi cikal bakal dari nama pantai ini.

Yang aneh dan cukup misterius dari sumur-sumur tersebut adalah rasa airnya, tidak ikut-ikutan asin meskipun terletak di pinggir pantai, airnya malah terasa tawar sehingga dijadikan sebagai sumber air minum bagi masyarakat sekitar.

Kemudian kita juga akan menemukan beberapa titik yang ternyata pernah dijadikan sebagai benteng pertahanan pada masa peperangan dahulu. Bekas-bekas dari benteng-tenteng tersebut, bahkan masih tersisa di beberapa lokasi.

Dengan kata lain, selain dapat menikmati wisata bahari anda juga secara tidak langsung telah mendapatkan pengetahuan sejarah di sini. Karenanya apabila anda sedang berada di aceh, maka sebaiknya sempatkan diri untuk berkunjung ke pantai sumur tiga ini.

Aktivitas di pantai sumur tiga

Banyak hal yang bisa kita lakukan ketika berada di pantai sumur tiga. Selain kegiatan khusus seperti snorkeling dan diving. Kita juga bisa melakukan aktivitas umum yang biasanya dilakukan ketika orang-orang berada di pantai.

Selengkapnya mari kita ulas sebentar mengenai aktivitas-aktivitas liburan yang bisa dilakukan di sini.

    Snorkeling

Snorkeling adalah aktivitas wisata bahari yang akhir-akhir ini mulai banyak digemari. Anda pun bisa mencobanya ketika berada di pantai sumur tiga.

Dan juga, snorkeling merupakan kegiatan yang sangat cocok untuk dilakukan di sini. Hal ini karena keindahahan pesona bawah laut dengan berbagai jenis ikan serta beragam warna dan spesies terumbu karang miliknya.

Selain itu, arus airnya juga tidak terlalu besar sehingga masih cocok untuk para snorkeling pemula. Meski minim pengalaman menyelam, dipastikan para pemula tidak akan kesulitan untuk melakukan snorkeling.

    Diving

Snorkeling dan diving sebenernya sama-sama menyelam. Namun keduanya dibedakan dari jarak atau tingkat kedalaman yang dicapai. Perlengkapannya pun tentu tidak sama.

Nah jika anda adalah seorang yang sudah berpengalaman dalam nge-diving, maka anda bisa melakukannya di sini. Menaklukkan dasar laut lebih dalam dan menyaksikan pesonanya tentu merupakan sebuah tantangan sekaligus godaan.

Bagimana untuk anda yang masih pemula ?

Tidak perlu khawatir, para pemula juga tentunya bisa diving di sini. mereka juga tak perlu takut karena di pantai ini telah disediakan jasa pandu diving untuk membantu para pemula.

    Menikmati sunrise

Banyak yang mengatakan bahwa sunrise terindah dapat disaksikan dari pantai sumur tiga. Apapun alasannya, tapi menyaksikan detik-detik terbitnya matahari dari sini memang terasa berbeda dengan di tempat lain.

Maka jangan heran jika tiba waktu pagi, para pengunjung biasanya berjejal di pinggiran pesisirnya untuk menimati ataupun mengabadikan sunrise.

    Berfoto

Hampir semua titik yang ada di pantai sumur tiga ini bisa dijadikan sebagai spot foto menarik.

Jika suka dengan foto berlatar laut, maka anda bisa berfoto membelakangi pantai dan meminta bantuan teman atau orang lain utuk memotret anda dari depan.

Selain itu anda juga bisa menjadikan lokasi bekas benteng pertahanan untuk spot foto. Anda bisa memanfaatkan puing-puing bangunan benteng sebagai latar untuk mendapatkan kesan unik dalam foto anda.

Yang juga menarik adalah berfoto dikala moment sunrise tiba. Anda juga bisa berselfie atau meminta orang lain untuk memotret anda dengan latar matahari terbit.

Fasilitas di pantai sumur tiga

Anda tidak perlu khawatir dengan fasilitas yang ada di pantai sumur tiga. Fasilitas di sini bisa dibilang sudah sangat memadai untuk menyandang status lokasi wisata populer.

Fasilitas umum seperti area parkir, tempat ibadah, kamar mandi/toilet serta warung makanan adalah beberapa contoh fasilitas yang sudah tersedia.

Ada juga fasilitas penyewaan perlengkapan snorkeling dan diving. Ini ditujukan untuk membantu para snorkeling atau diving pemula yang kebetulan tidak membawa alat selam.

Kemudian ada juga beberapa fasilitas penginapan yang berada tak jauh dari lokasi pantai. Biaya sewanya pun beragam, anda bisa memilih penginapan yang sesuai dengan dana liburan yang anda bawa.

Lokasi pantai dan rute menuju ke sana

Letak persis dari pantai sumur tiga ini ialah di sebelah timur pulau weh, tepatnya di kecamatan le meule, sukajaya, sabang, pulau weh, provinsi aceh. Dari sabang hanya dibutuhkan waktu tempuh sekitar 15 menit untuk sampai di sini.

Sedangkan rute perjalanan yang bisa dilalui jika datang dari kota banda aceh ialah dengan mengawali tujuan ke pelabuhan balohan, kemudian dari pelabuhan ini, para pengujung bisa menggunakan sarana transportasi umum seperti becak motor menuju lokasi.

Buka tutup dan harga tiket masuk

Saat ini pantai sumur tiga dibuka setiap hari baik hari libur ataupun hari kerja. Anda bebas untuk datang kapan saja anda mau. Namun jika anda menginginkan suasana liburan yang lebih ramai, maka datanglah saat weekend atau saat libur panjang.

Kelebihannya jika anda datang saat weekend atau hari libur ialah wahana atau fasilitas liburan akan lebih banyak dari hari biasanya.

Dan mengenai harga tiket masuk, masih belum ada informasi valid mengenai hal ini. Kemungkinan pengelola tidak memungut biaya untuk harga karcis. Anda hanya akan dipunguti biaya ketika menyewa atau menggunakan fasilitas di lokasi pantai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!