Travel  

10 Gambar Ladang Budaya Tenggarong Balikpapan, Harga Tiket Masuk, Lokasi Alamat, Nomer Telepon, Penginapan di Sekitar Wisata + Jalan Menuju ke Sana

10 Gambar Ladang Budaya Tenggarong Balikpapan, Harga Tiket Masuk, Lokasi Alamat, Nomer Telepon, Penginapan di Sekitar Wisata + Jalan Menuju ke Sana

tribunwarta.com

Alamat: Jl. H. Bachrin Seman, Mangkurawang, Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur, Kode Pos: 75513Peta/Maps Online: Klik DisiniHarga Tiket Masuk (HTM): Rp5.000 (anak-anak), Rp10.000 (dewasa)Jam Buka-Tutup: Pukul 09.00-16.00 WITA

Kawan, objek wisata Pulau Kumala yang ada di tengah-tengah Sungai Mahakam, tentu sudah kalian dengar kisahnya bukan? Rupanya, Kabupaten Kutai Kartanegara atau juga biasa disebut Kukar, masih memiliki destinasi wisata lain yang patut dicoba.

Letak destinasi liburan kita kali ini tidak begitu jauh dari Pulau Kumala, jadi rekan-rekan bisa sekaligus memasukkan daftar lokasi ini dalam serangkaian kegiatan wisata, ya. Apa itu? Yuk, kita simak sedikit penjelasan serta deskripsi melalui artikel ini.

Lokasi

Namanya adalah Ladang Budaya. Letaknya ada di kawasan Kelurahan Mangkurawang, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi KalTim, Indonesia. Ladang Budaya atau juga disebut dengan Ladaya ini dikelola oleh Yayasan Lanjong.

Ladang Budaya, secara umum biasanya akan dilihat sebagai suatu kawasan outbond. Namun, berbeda dengan lokasi outbond pada umumnya yang berada di pinggiran kota, Ladaya ini berada tidak jauh dari pusat kegiatan masyarakat.

Rute Akses Perjalanan

Lokasi strategis ini tentu akan memberikan banyak keuntungan bagi wisatawan yang berkunjung. Baik rekan-rekan yang datang dari area dalam kota Tenggarong ataupun luar kota, akan sangat mudah mencapai lokasi Ladang Budaya.

Aksesnya sangat mudah, yaitu kalian hanya perlu mencari Jalan H. Bachrin Seman, Mangkurawang, Tenggarong melalui aplikasi maps kalian. Letaknya memang tidak begitu jauh dari kawasan Sungai.

Rekan-rekan juga tidak perlu khawatir kalau ternyata aplikasi maps online kalian tidak berfungsi. Di sekitar Tenggarong, Ladaya sangatlah terkenal. Sobat bisa bertanya kepada penduduk sekitar ataupun membaca petunjuk arah untuk menuju ke Ladang Budaya.

Daya Tarik

Daerah wisata ini memiliki berbagai wahana permainan ataupun outbond. Rekan-rekan bisa mengajak teman, keluarga, serta anak-anak untuk datang menikmati waktu liburan di sini. Salah satu permainan yang disukai adalah flying fox.

Tentu rekan-rekan sudah bisa membayangkan bukan bagaimana asyiknya menikmati flying fox atau juga ketika kita berjalan di atas papan atau titian tali? Permainan ini bisa melatih banyak hal dalam diri kita seperti ketangkasan untuk bergerak, keseimbangan, serta keberanian.

Apa lagi yang akan kalian temui di Ladang Budaya? Mini zoo kawan. Di tempat ini kalian bisa sekaligus menikmati dan berinteraksi dengan beragam binatang endemik dari Pulau Borneo, beberapa diantaranya adalah Beruang Madu, Burung Enggang, Uwa-uwa, dan Burung Merak.

Pengunjung Ladaya tidak hanya berasal dari sekitar wilayah Kukar (Kutai Kartanegara) saja, kawan. Banyak dari antara mereka yang datang dari Samarinda, ibukota Kaltim, Bontang, Sangata, ataupun Balikpapan.

Jarak untuk mencapai Ladaya memang cukup dekat juga strategis. Hal inilah juga yang menjadikan Ladang Budaya sangat eksis di kalangan masyarakat, terutama bagi wisatawan yang membawa anak-anak atau keluarga.

Di ladaya, rekan-rekan akan bisa menikmati Odah Rehat, yaitu suatu bangunan kecil yang dibangun sebagai lokasi untuk istirahat para pengunjung. Bentuknya sangat sederhana dengan arsitektur khas Rumah Tradisional Kutai.

Jumlah rumah odah rehat inipun tidak banyak, hanya sekitar 22 unit bangunan. Sementara itu, rupanya sangat banyak wisatawan yang mengantri untuk bisa menikmati Ladaya melalui odah rehat ini lho.

Daya tarik liburan berikutnya, tentu adalah budget yang murah. Siapapun pasti akan tertarik untuk datang ke lokasi yang menarik dengan harga murah, bukan? Ladaya memberlakukan tiket masuk mulai dari Rp5.000 untuk anak-anak dan Rp10.000 untuk dewasa.

Ketika rekan-rekan ingin menikmati wahana permainan lain, harganya juga tidak begitu mahal. Seperti contoh, untuk bisa menikmati flying fox, kalian hanya perlu membayar biaya sebesar Rp20.000 saja.

Bila rekan-rekan ingin menikmati serta menyewa starter kit di paint ball, harganya juga tergolong murah, yaitu sekitar Rp35.000.

Fasilitas

Denah kawasan liburan Ladaya umumnya dibagi menjadi tiga golongan. Area pertama adalah lokasi untuk outbond, yang berupa paint ball, play ground, serta camping ground. Terdapat juga area untuk penginapan serta fasilitas bersantai lain seperti kantin, toilet, mushola, dan kebun binatang.

Di sekitar Ladaya sudah tersedia warung ataupun restaurant serta café. Pengunjung tidak perlu repot-repot pergi jauh untuk mendapatkan makanan ataupun minuman. Harga yang dipatok untuk satu menu juga tidak begitu mahal, kawan.

Ladaya juga mempersilakan pengunjung untuk menginap. Terdapat rumah sewa yang dibangun dari kayu, yang disewakan kepada pengunjung Ladang Budaya dengan tarif bervariasi, yaitu antara Rp200.000-Rp250.000 per harinya. Bangunan ini disebut rumah odah rehat.

Rekan-rekan, kalian tidak perlu khawatir untuk mencari makan pagi juga bila menginap di rumah sewa ini. Harga penginapan ini sudah termasuk layanan untuk breakfast lho, sehingga kalian cukup menikmati liburan di Ladaya.

Fasilitas rumah sewapun tidak main-main. Luasnya cukup untuk ditempati oleh satu keluarga dan dilengkapi dengan toilet di setiap rumah. Kalian juga bisa mencobanya sebagai background untuk berfoto, mengambil beberapa gambar atau video sebagai momen kenangan.

Ladaya adalah salah satu alternative bijak bagi wisatawan untuk menikmati hari liburnya. Tidak perlu mengeluarkan uang mahal, namun tetap bisa menikmati keceriaan liburan dengan beragam permainan yang tidak kalah dengan mall ataupun pusat perbelanjaan lain.

Bagaimana kawan? Sudahkah kalian melakukan pinned location untuk menandai Ladaya sebagai the next holiday destination? Sampai jumpa di taman rekreasi Ladaya Lanjong Tenggarong kawan. Salam traveler.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!