Travel  

10 Gambar Air Terjun Takapala Makassar, Lokasi Alamat, Sejarah Asal Usul, Nomer Telpon + Akses Jalan Menuju Wisata

10 Gambar Air Terjun Takapala Makassar, Lokasi Alamat, Sejarah Asal Usul, Nomer Telpon + Akses Jalan Menuju Wisata

tribunwarta.com – Lokasi: Bonto Lerung, Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan 92174Map: KlikDisiniHTM: Rp 2000Buka/Tutup: 08.00-17.00Telepon: 085242284161

Pulau Sulawesi memang memiliki banyak sekali tujuan wisata, utamanya adalah obyek wisata alam yang terkenal akan keeksotisannya. Lokasi yang paling umum dikunjungi adalah daerah Sulawesi Selatan, dengan tujuan utama Makassar.

Makassar termasuk pada salah satu kota besar di Indonesia, tak heran bila menjadi salah satu destinasi favorit. Tujuan wisata alam yang sangat terkenal adalah taman bawah laut Bunaken.

Sama dengan taman wisata bawah laut lainnya seperti karimun jawa dan Raja Ampat, Bunaken juga memiliki banyak keanekaragaman hayati laut yang menakjubkan.

Namun sekarang, ada tujuan wisata alam yang tak kalah menarik dengan bunaken, yaitu air terjun Takapala.

Lokasinya terletak di area dataran tinggin Malino, tepatnya sebelah barat Gunung Lompobattang-Bawakaraeng, kabupaten Gowa. Tempatnya berada pada ketinggian 880 mdpl yang dikelilingi bukit-bukit dan juga hutan yang sangat rimbun.

Alamat lengkapnya berada di Desa Bonto Lerung, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Ketinggian dari air terjun ini cukup tinggi, yaitu 109 meter, debit air yang dihasilkan pun sangat deras, terutama saat musim hujan.

Di bawahnya tentunya terdapat kolam hasil dari jatuhan air terjun. Airnya dingin menyegarkan dengan udara sejuk, sehingga cocok untuk pengunjung bila ingin berenang atau bermain-main air di sini. Kolamnya juga bersih.

Air terjun takapala yang juga sering disebut sebagai air terjun Malino ini memiliki asal usul tersendiri. Terbentuk akibat dari proses pendinginan lava atau leburan magma berasal dari Gunung Lompobattang. Sehingga memiliki jenis struktur batuan sangat unik pada dinding dasarnya.

Jenis struktur batuan yang terdapat di sini adalah columnar joint atau struktur batuan berbentuk pilar atau kolom batu yang tersusun sangat rapih. Inilah salah satu keajaiban yang dimiliki air terjun malino.

Bila Anda tertarik untuk berwisata ke lokasi air terjun dengan hawa sejuk ini, cukup datang ke kabupaten Gowa dan paling mudah memang menggunakan kendaraan pribadi. Jarak yang ditempuh cukup jauh, sekitar 90 km, dengan waktu tempuh sekitar dua jam.

Untuk pengunjung yang memilih menggunakan kendaraan umum, caranya adalah berangkat dari kota Makassar, tepatnya terminal Mallengkeri menuju terminal Sungguminasa. Kemudian dari Sungguminasa disambung dengan angkutan desa menuju Malino.

Harga tiket yang dikenakan untuk memasuki area wisata adalah sebesar dua ribu rupiah saja. Sangat murah, bukan, untuk menikmati keindahan alam yang sangat asri dan menyejukkan selama seharian.

Tahukah Anda, ternyata kawasan Malino sendiri ternyata memiliki banyak spot wisata menarik, tak hanya air terjun Malino. Spot tersebut adalah perkebunan teh Nittoh, yang ingin segar-segar bisa langsung menuju tempat pemandian lembah baru.

Bagi yang gemar ber-selfie, terdapat spot foto yang sangat menarik, yaitu bunker peninggalan Jepang. Area wisata lainnya masih berada di Malino, tentunya hutan wisata. Tujuan wisata ini memang dikelilingi hutan yang sangat rimbun, bahkan untuk menuju air terjun, harus melewati hutan dahulu.

Seru sekali menghabiskan waktu libur akhir pekan di sini. Bila di Bogor, terdapat puncak bogor yang terkenal sangat sejuk, di Makassar memiliki puncak Malino yang tak kalah sejuk juga. Bagi wisatawan yang sedang berkunjung ke Makassar, Malino dapat dimasukkan dalam daftar destinasi Anda.

Objek Liburan Favorit

Berbicara mengenai tempat berlibur yang pas di kantong, sudah tentu adalah obyek wisata alam. Memang untuk anak-anak, kawasan wisata alam masih agak kurang diminati. Melihat perjalanan panjang yang harus ditempuh dan juga hampir sebagian besar area wisata alam tersebut masih kurang ramah anak.

Namun, hal tersebut tentu tidak akan mengurangi minat wisatawan akan obyek wisata alam. Sulawesi Selatan sendiri memiliki banyak tempat wisata yang masih asri dan alami, tak kalah dengan daerah lainnya di Indonesia.

Mungkin untuk anak-anak dapat bermain di taman wisata anak yang tersebar di kota Makassar, sedangkan untuk wisatawan dewasa dapat mencoba menjelajah ke daerah-daerah di kota khas kuliner ekstrem ini.

Salah satunya adalah kawasan Malino. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Malino termasuk area wisata alam dengan udara dan atmosfer yang sangat sejuk. Daerah ini berada di Kabupaten Gowa.

Bagi penggemar fotografi, kawasan puncak ini dapat dijadikan sebagai background foto untuk hasil gambar paling menakjubkan.

Kawasan wisata yang sebagian besar diliputi hutan ini, menyimpan eksotisme alami dan unik. Air terjun Takapala termasuk pada tempat wisata yang paling sering dikunjungi.

Sejarah terbentuknya air terjun ini membuatnya menjadi lokasi wisata dengan objek air terjun paling tinggi dan curam. Akibat dari derasnya aliran air di sini, tak jarang pula terlihat pelangi di bagian dasar.

Bila Anda sedang berenang-renang di kolamnya, nantinya akan menemukan gua kecil dan pendek di balik pancuran air terjun. Namun, disarankan untuk tetap berhati-hati serta waspada, karena aliran air yang cukup deras, membuat batuan-batuan di sekitarnya sangat licin untuk dipijak.

Secara keseluruhan tempat ini termasuk unik dan menarik dari ketinggian air terjun, aliran derasnya air, sejuknya udara, hingga tebing di sekitarnya memiliki tekstur dan corak tersendiri.

Bagi para pengunjung yang ingin menghabiskan waktu liburan lebih lama di sini, tak perlu khawatir, karena telah tersedia banyak penginapan dengan harga yang relatif terjangkau. Warung makan juga sudah banyak terdapat di sekitar area wisata.

Jadi, sudah tidak ragu untuk menjelajah dan menikmati liburan di Sulawesi Selatan, bukan? Tunggu apalagi, kemasi barang Anda dan langsung terbang ke Malino..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!