Travel  

10 Daftar Rincian Biaya Hidup di Negara Amerika Serikat Ini Murah Atau Mahal Ya?

10 Daftar Rincian Biaya Hidup di Negara Amerika Serikat Ini Murah Atau Mahal Ya?

tribunwarta.com – Dari sejak lama, Amerika Serikat atau USA telah menjadi tujuan favorit bagi para imigran dari seluruh dunia. Banyak yang memilih untuk tinggal dan menetap di negara adidaya ini untuk mendapatkan kehidupan yang jauh lebih baik dari di negara asalnya.

Hal tersebut masih terus berlanjut hingga saat ini. Tidak hanya untuk bekerja dan menetap, banyak mahasiswa internasional dari seluruh dunia yang memilih untuk kuliah di Amerika Serikat. Sebab, negara ini merupakan rumah bagi beberapa universitas top di dunia!

Dengan memiliki banyak sekali kampus-kampus terkenal di dunia, banyak yang menganggap bahwa kuliah di Amerika Serikat adalah suatu pencapaian yang sangat hebat. Jadi, tidak heran ya apabila negara ini selalu kedatangan mahasiswa dari seluruh dunia setiap tahunnya!

Namun, hal ini membuat banyak orang berprasangka bahwa biaya hidup di Amerika Serikat sangat mahal. Nah, berapa sih sebenarnya? Berikut ini adalah rincian biaya hidup di Amerika Serikat per bulan untuk mahasiswa tahun 2022. Yuk, simak dulu rinciannya.

1. Tempat Tinggal

Tentu saja, hal paling utama yang harus kalian pikirkan ketika akan merantau ke Amerika Serikat adalah tempat tinggal. Biaya akomodasi akan menjadi pengeluaran terbesar setiap bulannya. Harga sewa akomodasi ditentukan oleh beberapa faktor.

Amerika Serikat adalah negara yang sangat luas dengan banyak sekali kota yang bisa ditinggali. Jika dibuat perbandingan, biaya akomodasi di kota besar akan jauh lebih mahal daripada di kota-kota kecil, apalagi yang kurang terkenal.

Beberapa kota yang terkenal di pesisir barat adalah Los Angeles, San Francisco, dan San Diego, dan di pesisir timur antara lain Boston, New York, Washington D.C dan lain-lain. Sementara itu, di bagian selatan ada Houston dan Dallas di Texas.

Ada dua pilihan akomodasi yang paling terkenal di kalangan mahasiswa, yaitu asrama dan apartemen. Harga sewa asrama biasanya sudah termasuk perabotan, tagihan utilitas, dan fasilitas yang bisa digunakan bersama-sama seperti kamar mandi, dapur, laundry.

Harga untuk sewa asrama biasanya berbeda-beda bagi setiap kampus dan dibayar per tahun. Tinggal di asrama memang pilihan yang praktis dan ekonomis, namun kalian harus berbagi kamar dengan setidaknya satu orang lainnya.

Pilihan alternatif yang lebih tepat adalah sewa apartemen. Nah, harga sewa rata-rata untuk setiap negara bagian juga bervariasi. Misalnya, di California minimal USD 1.500 per bulan, sementara di Texas hanya USD 800 hingga 1.000.

Jika kalian ingin membayar lebih murah, ajaklah minimal satu atau dua teman lain untuk tinggal bersama. Dengan begini, kalian bisa membagi biaya sewa sebulan secara rata.

2. Tagihan Utilitas

Dengan memiliki atau menyewa tempat tinggal, tagihan utilitas menjadi salah satu pengeluaran yang tidak bisa dihindari setiap bulan, terlebih bagi yang memilih untuk sewa apartemen.

Jumlah tagihan utilitas akan bervariasi untuk setiap orang, tergantung dari pemakaian. Setidaknya, kalian perlu menyiapkan USD 150 hingga 200 untuk membayar listrik, air, dan iuran kebersihan.

3. Makan dan Minum

Kebutuhan pokok lain yang tidak kalah penting untuk bertahan hidup adalah makan dan minum. Tentu saja, biaya yang dikeluarkan untuk konsumsi setiap orang akan berbeda-beda, tergantung dari gaya hidup.

Di kota-kota besar seperti Los Angeles, New York, San Francisco tidak akan sulit untuk menemukan makanan dari seluruh dunia, bahkan restoran Indonesia pun ada lho. Namun, tentu saja makan di luar harganya lebih mahal daripada masak sendiri ya.

Di kota besar, minimal pengeluaran untuk makan di luar berkisar dari USD 7 hingga 20 per porsi. Jika dalam sehari saja kalian makan dua kali, minimal pengeluaran adalah USD 14. Nah, dalam sebulan kalian perlu USD 420 untuk makan saja lho!

Tentunya, pilihan termurah adalah dengan memasak makanan sendiri. Di berbagai kota besar, tidak sulit untuk menemukan bahan masak makanan Asia lho, beberapa bahkan menjual bumbu masak khas Indonesia!

4. Biaya Transportasi

Untuk menunjang mobilitas dalam keseharian sebagai seorang anak rantau, kalian akan memerlukan transportasi. Ada dua pilihan transportasi yang bisa digunakan, yakni kendaraan umum dan pribadi.

Jika kalian memiliki mobil pribadi, pastinya kalian akan mengeluarkan biaya tambahan untuk bensin, parkir, dan asuransi. Jumlah biaya ini bisa bervariasi bagi setiap orang, tergantung mobilitas.

Selain itu, bagi sebagian besar mahasiswa internasional, pilihan yang paling banyak digunakan adalah transportasi umum. Ada berbagai macam moda transportasi umum di Amerika Serikat antara lain kereta, bus, taksi, dan lain-lain.

Di kota besar, kalian memerlukan setidaknya USD 100 hingga 130 untuk membeli tiket bulanan. Di kota kecil, tentunya akan lebih murah. Untuk menekan biaya transportasi, carilah akomodasi di dekat kampus kalian.

5. Komunikasi

Agar tetap bisa terhubung dengan keluarga dan teman-teman di tanah air, kalian perlu membeli paket data untuk ponsel. Harganya berbeda-beda, tergantung provider yang dipilih. Namun, rata-rata adalah USD 50 per bulan.

Pengeluaran ini bisa ditekan dengan memanfaatkan wi-fi di tempat-tempat umum, bahkan memasang sendiri di apartemen kalian. Biaya tambahan untuk wi-fi biasanya USD 50 per bulan.

6. Asuransi Kesehatan

Sebagai salah satu upaya antisipasi terhadap hal-hal tidak terduga yang dapat mengancam kesehatan, tentu saja kalian perlu memiliki asuransi. Tingginya biaya kesehatan di negara bekas jajahan Inggris ini juga menjadi alasan terkait hal ini.

Minimal pengeluaran untuk asuransi kesehatan adalah USD 350 per bulan. Namun, biasanya ada beberapa kampus yang sudah memasukkan biaya asuransi ke dalam bayaran per semesternya.

7. Belanja Bulanan

Sebagai seorang anak rantau, tentunya kalian perlu berbelanja kebutuhan bulanan seperti bahan-bahan masak, makanan instan, camilan, dan perlengkapan kebersihan. Budget untuk belanja setiap orang berbeda-beda, tergantung kebutuhan dan gaya hidup.

Setidaknya, kalian perlu menyiapkan dana sebesar USD 150 hingga 200 per bulan untuk belanja bulanan.

8. Hiburan dan Rekreasi

Untuk melepas penat dari rutinitas sebagai anak rantau, sebagian besar dari kalian pasti perlu hiburan dan rekreasi. Biaya yang dikeluarkan untuk hal ini bervariasi bagi setiap orang, tergantung dari gaya hidup.

Jika kalian ingin refreshing yang gratis, pergilah ke taman atau duduk-duduk di pinggiran sungai. Buat kalian yang suka baca buku, di Amerika Serikat ada banyak perpustakaan lho.

Namun, untuk hiburan lain seperti bioskop, makan di luar, jalan-jalan ke tempat wisata, shopping, pastinya membutuhkan biaya. Nah, setidaknya kalian memerlukan minimal USD 100 per bulan.

9. Kerja Sampingan

Meskipun Amerika Serikat adalah salah satu negara termahal untuk mahasiswa internasional, kabar baiknya kalian bisa bekerja paruh waktu di Negeri Paman Sam ini. Namun, peraturan pemerintah setempat cukup ketat terkait hal ini.

Mahasiswa yang baru masuk tahun pertama kuliah hanya boleh bekerja di sekitar kampus saja seperti perpustakaan dan kafetaria. Baru setelah memasuki tahun kedua, mahasiswa diperbolehkan untuk bekerja di luar kampus.

Gaji yang didapatkan minimal adalah USD 9 per jam dengan maksimal 20 jam per minggu saat kuliah. Sementara itu, saat liburan kalian diperbolehkan bekerja hingga 40 jam.

10. Total dan Kesimpulan

Jadi, jumlah minimal uang yang dibutuhkan untuk biaya hidup di Amerika Serikat adalah USD 2.180 atau setara dengan 32.233.698 dalam Rupiah. Wah, jika dibandingan Amerika Serikat vs Indonesia, perbedaannya sangat jauh ya!

Perlu diketahui bahwa angka di atas tidak mutlak karena jumlah biaya hidup ditentukan oleh gaya hidup dan kota.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!