Travel  

10 Daftar Rincian Biaya Hidup di London, Salah Satu Kota Termahal Dunia Untuk Mahasiswa

10 Daftar Rincian Biaya Hidup di London, Salah Satu Kota Termahal Dunia Untuk Mahasiswa

tribunwarta.com – Dari sejak lama, Inggris atau United Kingdom telah menjadi tujuan favorit atau impian bagi sebagian besar mahasiswa internasional untuk kuliah. Kualitas pendidikan yang bagus di berbagai universitas bergengsi di dunia adalah salah satu alasan terkait hal ini.

Selain itu, bahasa yang digunakan juga merupakan bahasa internasional yang hampir semua orang bisa gunakan. Hal ini membuat beban para mahasiswa semakin ringan karena tidak ada kendala bahasa yang akan menghalangi untuk berkomunikasi dengan warga lokal.

Sayangnya, biaya hidup di Inggris adalah kendala utama untuk kuliah di negara ini, terutama di Kota London. Dari semua kota di Inggris, London adalah kota yang memiliki biaya hidup paling mahal, bahkan ibukota England ini adalah salah satu kota termahal di dunia lho!

Nah, sebenarnya berapa sih biaya hidup di London 2022 untuk mahasiswa dalam sebulan? Yuk, kita simak dulu rinciannya:

1. Sewa Tempat Tinggal

Hal paling utama yang harus kalian pikirkan ketika merantau ke London adalah tempat tinggal. Ada beberapa macam hunian yang bisa ditemukan di London, dan setiap macamnya memiliki harga yang berbeda-beda.

Tipe-tipe hunian yang biasa ditemukan di Inggris antara lain detached house yang merupakan jenis rumah paling mahal, semi-detached house, apartment atau flat, dan terrace house atau town house.

Sistem pembayarannya pun berbeda-beda, kalian bisa sewa, beli langsung buat kalian yang punya budget lebih, dan mortgage alias KPR. Bagi para mahasiswa, sewa apartemen adalah pilihan yang paling tepat.

Harga sewa apartemen pun berbeda-beda, tergantung letaknya, luas hunian, dan fasilitas yang disediakan. Harga sewa di Kota London tentunya lebih mahal daripada di kota lain, yakni dalam kisaran GBP 400 – 1.200 per bulan.

Namun, biasanya hunian dengan harga sewa di bawah GBP 1.000 menawarkan fasilitas yang sangat standar, bahkan biasanya hanya kamar tidur saja. Apartemen mewah tentu harganya mahal.

Satu tips yang bisa dilakukan untuk menghemat pengeluaran tempat tinggal yaitu berbagi dengan orang lain.

Bagi para mahasiswa yang ingin tinggal di asrama juga bisa, tentunya dengan harga yang berbeda-beda tergantung kebijakan setiap kampus ya.

2. Tagihan Utilitas

Dengan memiliki tempat tinggal, ada biaya utilitas yang harus dibayarkan. Biaya ini mencakup listrik, wi-fi, air, dan tagihan televisi. Nah, jumlah biaya ini juga berbeda-beda untuk setiap orang karena tergantung pemakaian ya.

Beberapa hunian juga ada yang sudah memasukan biaya utilitas ke dalam harga sewa per bulannya. Jika kasusnya seperti ini, kalian tidak perlu lagi untuk membayar tagihan per bulan.

Rata-rata, biaya listrik bisa mencapai GBP 60 per bulan sementara untuk air di kisaran GBP 30-40. Namun, perlu diketahui bahwa angka ini tidak mutlak ya karena tergantung pemakaian setiap orang.

3. Makan dan Minum

Kebutuhan pokok lain yang tidak kalah penting adalah makan dan minum. Pengeluaran untuk pangan setiap orang juga bisa berbeda-beda, tergantung dari gaya hidup. Tentunya, makan di luar akan jauh lebih mahal daripada masak sendiri.

Jika kalian masak sendiri, maka hanya perlu belanja bahan-bahan mentah. Nah, untuk belanja bahan makanan, diperlukan setidaknya GBP 50-100 per bulan, tergantung dari tempat belanja kalian ya. Harga beras berkisar dari GBP 12-15 per 10 kg.

Sementara itu, untuk makan di luar setidaknya kalian perlu mengeluarkan GBP 10-15 buat satu porsinya. Jika kalian makan di luar dua kali dalam satu hari, maka minimal pengeluaran adalah GBP 20-30 untuk konsumsi.

Dalam satu bulan, jika kalian terus menerus makan di luar, maka bisa menghabiskan GBP 600-900!

4. Biaya Transportasi

Untuk menunjang mobilitas kalian, tentunya biaya transportasi adalah pengeluaran lain yang tidak kalah penting. Bagi kalian yang memiliki mobil pribadi, tentunya akan perlu uang untuk bensin sekitar GBP 60 per minggu atau GBP 240 per bulan.

Selain itu, pemilik mobil di Inggris harus memiliki asuransi. Nah, biaya asuransi juga sangat variatif nih. Beberapa faktor penentunya adalah usia mobil dan keamanan kota tempat tinggal kalian.

Buat para mahasiswa, naik transportasi umum adalah pilihan yang paling banyak digunakan. Biaya untuk naik kendaraan umum juga berbeda-beda, tergantung jenis transportasinya, tempat tinggal kalian, dan jarak yang ditempuh.

Tarif untuk kereta bawah tanah sangat tergantung dari rute yg kalian tempuh, sehingga tidak ada angka yg mutlak. Berbeda dengan double decker yg menjadi ikon Inggris, karena tarif bus hanya GBP 1.5 untuk satu kali jalan.

Jika kalian sangat sering bepergian, kalian bisa langganan kartu transportasi bulanan yg memakan biaya sebesar GBP 57 per bulan.

Satu tips untuk menghemat uang transportasi bagi para mahasiswa adalah cari tempat tinggal yg tidak terlalu jauh dari kampus kalian.

5. Komunikasi

Untuk bisa tetap berkomunikasi dengan keluarga di tanah air dan teman-teman, kalian perlu membeli SIM card. Nah, biaya untuk hal ini juga tergantung dari provider dan paket yang kalian pilih ya.

Namun, biaya untuk SIM card mulai dari GBP 10 per bulan yang sudah mencakup paket data, telepon, dan SMS.

6. Biaya Kuliah

Buat para mahasiswa aktif, biaya kuliah adalah pengeluaran lain yang harus dibayar secara rutin. Biaya untuk kuliah kalian juga tergantung dari program studi, kampus tempat menempuh studi, dan jumlah SKS yang diambil.

Bagi penerima beasiswa, biaya ini pastinya sudah terpenuhi, sehingga tidak akan menjadi beban kalian.

7. Belanja Bulanan

Sebagai anak rantau, tentunya kalian juga perlu untuk berbelanja kebutuhan bulanan seperti bahan-bahan masak, persediaan camilan, alat-alat kebersihan, dan lain-lain. Biaya ini juga berbeda-beda ya, tergantung kebutuhan dan gaya hidup setiap orang.

Rata-rata belanja bulanan akan memakan biaya sekitar GBP 250. Untuk perlengkapan kebersihan mungkin tidak akan dibeli setiap bulan jadi hanya perlu paling banyak GBP 15 untuk satu orang.

8. Pakaian

Inggris adalah negara yang terletak di Eropa Utara, sehingga memiliki empat musim yg berbeda-beda. Nah, untuk menghadapi pergantian musim, beberapa dari kalian memerlukan persiapan dari segi pakaian.

Untuk belanja pakaian, rata-rata kalian akan memerlukan budget sekitar GBP 25, tergantung jenisnya dan tempat membeli. Asiknya lagi, banyak toko di Inggris yg menerapkan 30-day policy.

Apa itu 30-day policy? Sebuah regulasi yg memperbolehkan pembeli untuk mengembalikan atau menukar pakaian yg dibeli dari toko tersebut apabila kalian merasa tidak puas!

9. Hiburan dan Rekreasi

Sebagai mahasiswa dan juga anak rantau, tentunya beberapa dari kalian membutuhkan hiburan dan rekreasi di waktu luang. Nah, ada beberapa jenis rekreasi yang bisa dilakukan di kota ini ya, dan beberapa di antaranya berbayar.

Untuk nonton bioskop, kalian perlu membeli tiket seharga GBP 6,74 hingga 18,5 tergantung dari tempatnya. Buat kalian yg suka nonton teater harga tiketnya sekitar GBP 15-250.

Selain itu, buat kalian yg suka nonton konser artis favorit diperlukan kurang lebih GBP 80-100. Untuk yg suka traveling di London juga banyak tempat atau obyek wisata yang bisa dilihat lho.

Jika kalian ingin rekreasi yg gratis di London pun ada lho, misalnya dengan mengunjungi taman-taman kota.

10. Total dan Kesimpulan

Jadi, minimal biaya yg dibutuhkan untuk hidup di London adalah GBP 1.327 atau 25.138.396 dalam Rupiah jika 1 GBP sama dengan Rp. 18.943. Perlu diketahui bahwa angka ini tidak mutlak, tergantung dari gaya hidup setiap orang ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!