Travel  

10 Daftar Pilihan Gunung di Sekitar Jember, Favorit Para Pendaki dan Memiliki Keindahan Luar Biasa

10 Daftar Pilihan Gunung di Sekitar Jember, Favorit Para Pendaki dan Memiliki Keindahan Luar Biasa

tribunwarta.com – Kebijakan diberlakukannya aturan New Normal sudah diterapkan di berbagai daerah di Indonesia. Masyarakat mulai diperbolehkan beraktivitas secara normal seperti sebelum pandemi terjadi.

Tapi dengan syarat tetap memperhatikan prokes atau protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah untuk menghindari penyebaran virus.

Setelah beberapa bulan menghabiskan waktu di rumah saja, kini sudah saatnya bagi kamu untuk memberikan hadiah kepada diri sendiri, salah satunya yakni dengan refreshing ke berbagai tempat menarik, mendaki gunung misalnya.

Nah, untuk kamu yang mungkin masih bingung hendak pergi ke gunung mana, baik buat pemula atau sudah biasa, rekomendasi gunung di kabupaten Jember dibawah ini bisa dijadikan pilihan.

Dilansir JejakPiknik dari berbagai sumber, inilah daftar gunung di sekitar Jember yang cocok untuk menyalurkan bakat mendakimu.

1. Gunung Gumitir

Gumitir adalah sebuah gunung yang terletak di wilayah perbatasan antara Jember dengan Banyuwangi, tepatnya berada diantara kecamatan Silo dan Kalibaru, Provinsi Jawa Timur.

Gunung tersebut terkadang juga dikenal dengan nama Gunung Mrawan tapi bukan desa Mrawan ya! Spot satu ini diketahui penuh misteri loh. Konon katanya, ada ular berkepala dua disini.

Namun begitu, Gumitir menjadi salah satu tempat pendakian favorit para wisatawan khususnya pecinta alam, karena memiliki panorama paling indah dan trek yg cukup menarik.

Selain menawarkan alam indah, di sekitar kawasan tersebut juga sudah ada banyak ditemui fasilitas umum seperti cafe, penginapan, dll.

2. Gunung Argopuro

Gunung Argopuro yg kerap masuk dalam soal TTS ini memiliki ketinggian mencapai 3.088 meter diatas permukaan laut (Mdpl). Berapi yang sudah tidak aktif tersebut menawarkan jalur tracking terpanjang di Pulau Jawa.

Dimana para pendaki diharuskan menempuh jarak sepanjang 63 kilometer untuk menuju ke puncak atau dibutuhkan waktu sekitar 4-6 hari perjalanan.

Gunung yang populer dengan nama puncak Rengganis tersebut berada di beberapa wilayah kabupaten, yaitu Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso dan Situbondo.

Posisi pegunungan Hyang tersebut terletak di antara Semeru dan Raung. Ia sendiri memiliki tiga puncak, yaitu Rengganis di Jember, Argopuro dan Puncak Arca. Tidak hanya terkenal akan pemandangan indah namun juga populer karena angker.

3. Gunung Raung

Memiliki ketinggian 3.332 meter diatas permukaan laut, Gunung Raung yg kerap masuk dalam soal TTS ini termasuk dalam daftar sebagai gunung tertinggi ketiga di Jawa Timur.

Letaknya sendiri berada di antara tiga kabupaten yakni Banyuwangi, Bondowoso juga Jember dan menjadi primadona bagi para pendaki setelah Gunung Semeru serta Arjuno.

Sampai hari ini, tipe stratovolcano ini masih berstatus gunung api aktif yang berbentuk kerucut. Itulah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pendaki ataupun wisatawan pecinta alam.

4. Gunung Lincing

Selain Gunung Gamping longsor, masih ada satu lagi destinasi pendakian yang cukup seru di Jember yakni Gunung Lincing, yg berhubungan langsung dengan pantai dan air terjun.

Di sini kamu bisa menikmati keindahan alam sembari bersantai-santai dan berfoto-foto. Lokasi objek ini terletak di Desa Umbulsari, Jember, Jawa Timur.

5. Gunung Betiri

Terletak tidak jauh dari Desa Gunung Malang, Gunung Betiri merupakan salah satu puncak tertinggi di kawasan Taman Nasional Meru Betiri.

Gunung Betiri sendiri masih merupakan bagian dari rangkaian zona Pegunungan Selatan Jawa. Secara Administrasi, terletak di perbatasan dua kabupaten yakni Jember dan Banyuwangi. Ketinggiannya yaitu1.233 meter di atas permukaan air laut.

6. Gunung Suket

Berdiri di dekat Gunung Raung, spot pendakian satu ini memiliki ketinggian 2.950 mdpl. Secara administratif memang masuk dalam wilayah Kabupaten Bondowoso, namun menjadi trek hiking favorit masyarakat Jember.

Untuk jalur pendakiannya bisa melalui Jalur Sumber Waringin yang mana juga merupakan jalur pendakian menuju Gunung Raung. Karena lokasinya berdekatan, maka kondisi alam dan treknya pun hampir sama yakni tebing dengan kiri kanan berupa jurang.

7. Gunung Butak

Jawa Timur terkenal sebagai salah satu daerah yang punya banyak destinasi menarik. Salah satu contoh seperti Gunung Butak yang tak pernah sepi dari kunjungan para pendaki.

Keindahan jalur pendakian dan puncaknya memang bisa bikin pengunjung betah. Gunung yang berada di antara Kabupaten Malang dan Blitar ini punya panorama alam yang sangat indah. Letaknya pun tidak begitu jauh dari Jember.

8. Gunung Semeru

Berjarak sekitar 80,6 kilometer, Gunung Semeru adalah salah satu spot pendakian favorit selanjutnya para pecinta alam di Jember.

Gunung tertinggi di Pulau Jawa ini memiliki puncaknya Mahameru yg terletak di atas 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl). Kawah di puncaknya sendiri dikenal dengan nama Jonggring Saloko.

Secara administratif, Semeru masuk dalam dua kabupaten, yakni Malang dan Lumajang, Provinsi Jawa Timur. Gunung tersebut masih masuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

9. Gunung Arjuno

Gunung Arjuno merupakan salah satu gunung bertipe stratovolcano (kerucut). Secara administratif, letaknya berada di antara wilayah Kota Batu, Malang, dan Pasuruan dengan pengelolaannya berada di bawah Taman Hutan Raya Raden Soerjo.

Meski dulu sempat memiliki image angker, kini lenyap dengan sendirinya karena Gunung Arjuno ini hadir menawarkan pesona alam yg begitu memukau.

10. Gunung Baluran

Terakhir gunung yang terletak tidak jauh dari Jember adalah Gunung Baluran dengan ketinggian yakni 1.247 meter di atas permukaan laut.

Gunung tersebut secara administratif masuk dalam Kabupaten Situbondo dan memiliki beberapa puncak yakni Puncak Aleng, Kacip dan Klosot. Untuk wilayahnya sendiri masih termasuk bagian dari Taman Nasional Baluran.

Selain daftar diatas, sebenarnya masih ada banyak lagi. Mungkin kalau kamu cari di internet, akan ada banyak muncul artikel lain terkait kata kunci gunung di Jember.

Misalnya seperti rumah dijual, cari perumahan di dekat, penjual harga emas murah 2022, jual perlengkapan naik gunung seperti sandal, sepatu, jaket atau sepeda, dll.

Nah, selain yang berkaitan dengan gunung, masih ada banyak lagi objek wisata yang terkenal memiliki pemandangan terindah di sekitar Jember, seperti:

    Bukit Batu Gambir

    Puncak B29

    Agrowisata Gunung Pasang

    Gumuk Sepikul Mayang

    Gunung Manggar di Glundengan

    Bukit Piramid

    Gunung Kapur Sadeng

    Gunung Tembok

    Gunung Watangan

Gimana, menarik semua kan daftar gunung diatas? Kamu tertarik mendakinya? Jangan lupa bawa alat-alat mendaki ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!