Travel  

10 Cara Ngabuburit di Bulan Ramadhan Yang Asyik dan Nggak Bikin Bosan, Simak Daftar Berikut Ini!

10 Cara Ngabuburit di Bulan Ramadhan Yang Asyik dan Nggak Bikin Bosan, Simak Daftar Berikut Ini!

tribunwarta.com – Mendengar kata “ngabuburit” mungkin bukan sudah hal asing lagi di Indonesia. Salah satu istilah tren yang digunakan untuk mengartikan kebiasaan menunggu berbuka di saat bulan Ramadhan.

Kata “ngabuburit” sendiri berasal dari bahasa Sunda yakni “burit” yang mana artinya adalah sore, senja ataupun menjelang adzan maghrib.

Dan masyarakat Indonesia sendiri percaya, dengan adanya ngabuburit waktu untuk menuju adzan maghrib pun tak akan terasa begitu cepat berlalu.

Untuk mengisi agenda ngabuburit ada banyak cara bermanfaat yang bisa kita lakukan agar waktu terasa singkat dan tanpa disadari saat berbuka telah tiba.

Nah, jika masih bingung ingin melakukan kegiatan apa untuk mengisi agenda ngabuburit, berikut ada sederet cara bermanfaat yang asyik, seru dan menarik, dijamin tidak membosankan.

1. Memasak Untuk Menu Berbuka Puasa

Memasak bukan hanya di khususkan untuk kaum wanita saja karena nyatanya kini sudah ada banyak lelaki yang juga jago masak.

Dan ternyata kini memasak termasuk sebagai salah satu cara paling seru untuk mengisi kegiatan ngabuburit loh saat bulan Ramadhan.

Dengan memasak bukan hanya waktu saja yang akan terasa cepat berlalu, namun kegiatan tersebut juga memberikan manfaat lain dimana kita bisa belajar mengasah keterampilan.

2. Berburu Ta’jil

Cara ngabuburit selanjutnya yang juga cukup menarik untuk kita lakukan sembari menunggu waktu berbuka puasa adalah berburu ta’jil.

Dengan mencari sana-sini mendapatkan menu yang enak untuk berbuka, waktu juga akan terasa begitu singkat dan tanpa kita sadari adzan telah tiba.

Untuk berburu menu berbuka sudah bukan hal sulit lagi karena saat bulan Ramadhan para penjaja ta’jil sudah menjamur dimana-mana.

3. Berbagi Ta’jil Gratis

Agar kegiatan ngabuburit terasa lebih seru dan bermakna, mengikuti kegiatan sosial yang diadakan oleh komunitas juga bisa menjadi cara menghabiskan waktu sore paling tepat.

Salah satu kegiatan sosial yang dimaksud disini adalah berbagi ta’jil gratis, dimana dengan kegiatan tersebut kita akan merasa sibuk dan waktu tak terasa cepat berlalu.

Selain waktu semakin terasa singkat, kita juga bisa dapat pahala yang besar di bulan suci Ramadhan ini. Menarik dan seru bukan?

4. Shopping

Mendengar kata Shopping atau berbelanja, siapa yang tak suka? Pasti semua orang menyukai hal satu ini baik itu kaum adam maupun hawa.

Melakukan kegiatan shopping atau berbelanja bisa dibilang sebagai salah satu cara ngabuburit yang paling menyenangkan dan dijamin tidak akan membuat kita bosan.

Karena di saat kita berburu barang-barang kesukaan, rasa lapar dan haus tidak akan terasa serta tanpa disadari waktu telah berlalu begitu singkat.

5. Main Game

Selain shopping, main game adalah cara ngabuburit seru berikutnya yang paling tepat dilakukan untuk mengalihkan pikiran dari rasa haus dan lapar.

Karena kegiatan main game ini bisa dikatakan sebagai satu cara paling simpel untuk dilakukan kapanpun dan dimanapun baik itu secara sendiri maupun bersama teman atau klan.

Ditambah lagi di zaman sekarang beraneka macam game bisa dengan mudah kita temukan di smartphone baik itu secara online maupun offline.

Namun perlu diperhatikan, ngabuburit sambil main game jangan sampai kelamaan dan lupa waktu sebab akan membuat puasa jadi sia-sia.

6. Hunting Foto

Untuk menambah koleksi di akun sosial media, hunting foto menjadi salah satu cara ngabuburit yang paling seru dan banyak digemari saat ini baik itu kalangan anak muda maupun dewasa.

Apalagi saat ini hampir semua smartpone sudah didukung kamera dengan resolusi tinggi, sehingga untuk mendapatkan hasil foto yang berkualitas tidak harus menggunakan alat potret canggih.

Dengan kehadiran kamera pada smartphone tak heran jika saat ini hampir semua orang semakin tertarik untuk mengabadikan setiap moment yang dilalui kemudian di unggah ke sosial media.

7. Membaca Buku

Dari zaman dahulu hingga sekarang, membaca buku adalah salah satu kegiatan ngabuburit yang dilakukan oleh orang banyak sembari menunggu waktu bedug.

Banyak jenis buku yang bisa kita baca untuk mengisi waktu ngabuburit mulai dari novel, komik, cerita fiksi hingga karya ilmiah.

Seperti kata pepatah “buku adalah jendela dunia”, semakin banyak kita membaca maka pengetahuan juga akan bertambah.

Jadi ngabuburit dengan membaca buku bisa dibilang cukup bermanfaat, sembari menanti adzan maghrib kita bisa menambah wawasan dan pengetahuan.

8. Nonton Film di Bioskop

Nonton film di bioskop adalah kegiatan ngabuburit paling menyenangkan berikutnya yang bisa kita lakukan untuk mengisi waktu menunggu berbuka.

Namun jangan sampai kegiatan satu ini membuat kita lupa diri ya kalau sedang berpuasa karena biasanya nonton film di bioskop itu sangat identik dengan makanan dan juga minuman.

9. Dagang

Nah, bagi yang ingin menambah uang jajan, berdagang bisa menjadi salah satu kegiatan ngabuburit paling pas untuk dilakukan.

Kegiatan dagang yang dimaksud disini yaitu membuka gerai menu berbuka puasa atau berjualan ta’jil di saat bulan Ramadhan saja.

10. Jalan-jalan Sore

Cara terakhir yang paling banyak orang lakukan dan juga cukup seru untuk mengisi agenda ngabuburit adalah jalan-jalan sore ke sejumlah spot menarik di sekitar daerah kita.

Taman rekreasi, pusat perbelanjaan (mall), objek wisata atau cafe adalah sederet contoh tempat menarik yang bisa kita kunjungi baik itu bersama keluarga maupun teman-teman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!