Travel  

10 Bonsai Termahal di Dunia, Panggilan Buat Para Kolektor!

10 Bonsai Termahal di Dunia, Panggilan Buat Para Kolektor!

tribunwarta.com – Tanaman hias adalah salah satu jenis tanaman yang banyak disukai oleh masyarakat. Tentu saja, ada beberapa alasan mengapa orang bisa suka dengan tanaman hias antara lain karena bentuknya yang unik, warnanya yang menarik, kemudahan perawatan, serta bisa dijadikan sebagai ladang bisnis.

Salah satu tanaman hias yang memiliki banyak peminat adalah bonsai. Buat para pecinta tanaman hias, tentunya sudah tidak asing lagi dong dengan nama yang satu ini? Bonsai adalah tanaman yang dikerdilkan di dalam sebuah pot dangkal dengan tujuan membuat miniatur dari bentuk asli pohon besar yang sudah tua di alam bebas.

Meskipun berasal dari Jepang, tanaman bonsai sudah populer di Indonesia dari sejak lama. Cara pengembangbiakan tanaman tersebut pun cukup rumit, mulai dari proses pembibitan, pemupukan, hingga pemotongan bagian-bagian harus dilakukan secara sistematis menggunakan cara khusus yang tidak bisa dilakukan semua orang. Jadi, tidak heran apabila harganya cukup tinggi.

Nah, penasaran apa saja bonsai termahal di dunia 2022 beserta foto dan harganya? Yuk, simak dulu:

1. Shunkaen

Harga: 1,3 miliar rupiah

Di urutan pertama dalam bonsai paling mahal di dunia terdapat Shunkaen, yang merupakan milik Kunio Kobayashi, seorang seniman asal Jepang. Uniknya, nama tanaman ini berasal dari nama sebuah kota di Jepang, Shunkaen, yang jaraknya juga tidak jauh dari Tokyo, ibukota negara ini.

Umur pohon ini sudah mencapai 800 tahun. Wah, pastinya pohon ini sudah jauh lebih tua daripada kita semua ya! Tidak hanya itu saja, sepanjang sejarahnya, pohon ini juga telah memenangkan kejuaraan bonsai sebanyak empat kali berturut-turut lho. Jadi, tidak heran apabila harganya sangat fantastis hingga saat ini.

2. Goshin

Harga: Tidak Ternilai

Goshin adalah sebuah pohon bonsai yang dipelihara oleh John Y. Naka, sejak awal tahun 1948. Goshin sering mendapatkan julukan sebagai “Sang Pelindung Jiwa” dengan batang yang menjulang ke atas dan rimbunnya daun. Tidak hanya itu saja, tumbuhan yang satu ini juga kerap disebut dengan nama Hutan Sebelas Foemina Junipers lho.

Meski tidak diketahui secara pasti harganya, namun banyak yang menyebutkan bahwa Goshin adalah bonsai paling terkenal sekaligus termahal di Amerika Serikat. Kabarnya, setiap cabang yang ada merepresentasikan harapan pada masa depan. Kini, tumbuhan mahal ini diletakkan di National Bonsai and Penjing Museum di Washington D.C, Amerika Serikat.

3. Sang Shohin

Harga: Tidak Ternilai

Sang Shohin adalah sebuah bonsai yang memiliki bentuk anggun dengan ukuran 9,5 cm. Dapat kalian lihat pada gambar di atas, Sang Shohin berdiri di atas miniatur batu yang membuat tampilannya begitu elegan. Untuk umurnya, bonsai yang satu ini berusia 20 tahun lho.

Kalian juga bisa lihat pada gambar di atas, banyak bunga-bunga di pohonnya. Nah, bunga-bunga tersebut akan mekar di musim panas dan akan menjadi merah garis-garis pada saat musim dingin. Jadi, meskipun tidak ada yang tau pasti harganya, bonsai ini memiliki banyak peminat.

4. Silvestris Pinus

Harga: 111 juta rupiah

Selanjutnya, ada silvestris pinus yang masuk dalam daftar pohon bonsai termahal di dunia. Jika Shunkaen mahal karena umurnya yang sudah sangat tua, silvestris pinus mahal karena bentuknya benar-benar seperti miniatur pohon tua. Dengan daun-daun yang rimbun serta dasar yang rindang, tanaman ini benar-benar terlihat seperti tumbuh di alam aslinya.

Pohon ini awalnya dibeli oleh Stefano Frisoni, namun seiring dengan berjalannya waktu, kepemilikannya terus berpindah. Penampilannya pun sangat realistis, sehingga tidak heran apabila harganya mahal ya!

5. Penjing Landscape

Harga: Tidak Diketahui

Sesuai dengan namanya, ini merupakan sebuah pohon bonsai yg dimiliki oleh seorang kolektor dari Tiongkok, bernama Yee Sun Wu. Namun, kini telah berpindah kepemilikan pada seorang kolektor asal Hong Kong bernama Man Lung. Dapat kalian lihat pada foto di atas, bonsainya dibentuk dengan gaya khas Tiongkok.

Diletakkan di dalam pot persegi panjang yg terbuat dari marmer dan dipamerkan pada meja antik, tanaman ini pun semakin terlihat realistis dan anggun. Meski begitu, tidak ada yg tau secara pasti harganya.

6. Flowering Bonsai

Harga: Tidak Ternilai

Sesuai dengan namanya, pohon bonsai yg satu ini ditumbuhi bunga azalea di atasnya. Dengan ketinggian hanya 14 cm saja, tentunya tanaman ini akan terlihat sangat kecil. Dapat kalian lihat pada gambar di atas, bunganya memiliki warna putih dan merah muda. Daunnya agak meruncing serupa dengan tombak dan warnanya hijau gelap.

Tanaman ini merupakan milik Wolfgang Putz. Meskipun tidak ada yg tau persis harganya berapa, namun bisa dipastikan tinggi karena perawatannya cukup sulit.

7. Brazilian Rain Tree

Harga: Tidak Ternilai

Nah, kalo yg satu ini merupakan bonsai karya Budi Sulistyo, dengan nama “Brazilian Rain Tree“. Tanaman ini aslinya berasal dari Amerika Selatan dan dianggap sebagai salah satu bonsai tropis yg indah dan menjadi yg terkenal juga. Harganya mahal karena teknik pemotongannya yg sulit untuk bisa memiliki bentuk yg sempurna.

8. Japanese Maple

Harga: Tidak Ternilai

Pohon bonsai yg satu ini merupakan karya dari seniman Eropa, Walter Pall. Tentunya, dengan menggunakan pohon maple dari Jepang. Kalian bisa lihat sendiri pada gambar di atas, bentuknya memang sangat indah dan realistis. Ukurannya juga besar, yakni hampir satu meter. Umurnya pun juga tidak kalah tua, sudah lebih dari 100 tahun!

9. Master Kimura

Harga: Tidak Ternilai

Ada lagi nih, bonsai yg berasal dari Jepang, yaitu Master Kimura. Sesuai dengan namanya, pohon ini dirawat oleh seorang guru asal Jepang, yaitu Masahiko Kimura. Ini merupakan salah satu variasi yg paling terkenal sekaligus paling indah dan memikat di antara jenis lain di seluruh dunia.

Dapat kalian lihat pada foto di atas, kayunya dipahat secara artistik dan lebih rumit daripada yg ditemukan di alam liar. Jadi, meskipun tidak ada yg mengetahui secara pasti harganya, tetap saja nominalnya pasti mahal.

10. Ficus

Harga: Tidak Ternilai

Ficus adalah salah satu pohon bonsai yg terletak di Museum Bonsai Crespi, Italia. Usianya bahkan sudah 1.000 tahun dan diyakini sebagai salah satu yg paling tua di dunia. Sebelum berhasil diletakkan di museum, tentu saja kepemilikannya sudah berpindah-pindah. Wah, sangat keren ya ternyata!

Itulah daftar dari beberapa bonsai termahal di dunia hingga saat ini beserta gambar dan harganya. Wah, memang sangat fantastis ya nominalnya. Namun, semua itu sebanding dengan cara pengembangbiakannya yg sulit dan memakan waktu banyak.

Buat para kolektor bonsai, mungkin beberapa jenis yg ada di atas bisa dijadikan sebagai pilihan alternatif atau inspirasi untuk membuka usaha. Namun, buat kalian yg ingin cari tanaman lain yg lebih murah untuk dijadikan sebagai ladang usaha atau koleksi pribadi, masih banyak jenis yg lebih murah lho.

Selain dari nama-nama di atas, tentunya masih banyak tanaman lain yg bisa dijadikan bonsai. Mau tau apa saja? Yuk, cek beberapa jenis tanaman di bawah ini:

Adenium, bambu, beringin, kelapa gading, ileng-ileng, asem jawa, kimeng, kamboja, lantana, loa mame, pule, anting putri, serut, waru, asoka, arabika, bugenvil, cendrawasih, jalitri, kaliage, kawista, kingkit, kemuning, legundi, lohansung, murbei, mustam, rukem.

Santigi, sisir, sianci, trembelek, kemliki, boxus, bidara, belimbing, cemara udang, iprik, kelor, mirten, mentaos, randu, teh tehan, wahong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!