Travel  

10 Alasan Wajib Coba Liburan ke Swiss Saat Musim Dingin

10 Alasan Wajib Coba Liburan ke Swiss Saat Musim Dingin

tribunwarta.com – Memasuki bulan Desember, artinya musim dingin mulai tiba di negara-negara di Eropa. Salah satu negara yang cocok untuk menghabiskan waktu liburan musim dingin, adalah Swiss.

Swiss atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Switzerland, merupakan sebuah negara yang terletak di benua Eropa, tepatnya Eropa Barat.

Negara ini salah satunya terkenal akan udara dingin dengan wilayah salju. Sebab, sebagian besar wilayahnya berada di pengunungan Alpen.

“Banyak wisatawan yang mulai kembali melakukan perjalanan. Menjelang musim dingin, wisatawan bisa menemukan beberapa hal menarik di Swiss untuk liburan mereka,” ujar Marketing Representative Switzerland Tourism Vidia Panna dalam webinar, Rabu (30/11/2022).

Berikut beberapa alasan mengapa Swiss menjadi salah satu negara yang dinilai tepat untuk menghabiskan waktu liburan musim dingin.

1. Tuan rumah olahraga salju

Vidia mengatakan, Swiss sejak dulu identik dengan salju dan dikenal menjadi incaran wisatawan dari berbagai dunia, terutama penyuka olahraga es.

“Sejak 1864, Swiss telah menjadi tuan rumah untuk snow sport (olahraga salju). Sehingga, kami juga telah berpengalaman menyajikan aktivitas berbasis salju,” ujar Vidia.

Menurutnya, waktu terbaik mengunjungi pegunungan Swiss adalah saat musim dingin. Adapun salah satu kegiatan paling dicari yang harus dicoba saat datang ke Swiss di musim dingin adalah bermain ski dan snowboarding.

2. Memiliki pegunungan tertinggi di Alpen

Lebih lanjut, katanya, sekitar 60 persen atau sebagian besar wilayah Swiss merupakan bagian dari Pegunungan Alpen.

Tidak hanya diisi dengan pegunungan yang cantik, Swiss memiliki gunung-gunung yang sangat tinggi. Ada sekitar 48 puncak dengan ketinggian 4.000 meter di atas permukaan laut.

“Bisa dibayangkan indahnya pemandangan dari atas sana,” katanya.

3. Punya lereng terpanjang

Di samping puncak yang tinggi, pegunungan di Swiss juga dikatakan memiliki lereng (slope) yang sangat panjang. Inilah yang membuat bermain ski di Swiss terasa berbeda dibandingkan tempat lainnya, kata Vidia.

Swiss memiliki jalur ski terpanjang di dunia yakni dari Klein Metterhorn ke Valtournenche, yang panjang lintasannya mencapai 22 kilometer.

“Para pemain ski akan sangat menikmati bermain ski di Swiss. Tak hanya itu, lereng panjang bisa digunakan untuk bermain di area salju yang luas,” ungkap dia.

4. Banyak tempat kursus ski

Bagi yang baru pertama kali atau belum bisa bermain ski, tidak perlu khawatir. Sebab, kata Vidia, Swiss juga menyediakan banyak tempat kursus bermain ski bagi para pemula.

“Terdapat 172 sekolah ski untuk para pemula ataupun para pencinta ski,” tuturnya.

Selain itu, ada juga program sehari merasakan bermain ski dengan pendampingan dari pemandu.

5. Akses serba mudah

Berikutnya, resor-resor ski yang ada di Swiss memiliki lokasi yang berdekatan satu sama lain. Oleh karena itu, kata Vidia, wisatawan bisa dengan mudah mengakses dan mencoba beberapa resor berbeda dalam waktu beberapa hari.

Apalagi, ada berbagai tempat menarik yang bisa dijangkau dalam waktu singkat dan dalam jarak yang dekat.

6. Transportasi mudah dan aman

Vidia menyebut, wisatawan dapat bepergian menggunakan transportasi umum Swiss (Swiss Public Transportation).

“Transportasi publik di Swiss sangat terpercaya, aman, dan bisa menjangkau banyak tempat termasuk pegunungan, sehingga aksesnya sangat mudah,” tutur dia.

Ia juga merekomendasikan agar wisatawan memakai Swiss Travel Pass. Ini ibarat kartu transportasi serba guna yang bisa digunakan untuk naik kereta api, kapal, hingga bus di Swiss.

7. Menerapkan pariwisata berkelanjutan

Sustainable travel (pariwisata berkelanjutan) dikatakan Vidia menjadi hal yang banyak dicari oleh para wisatawan, terutama pasca-pandemi Covid-19.

Adapun pariwisata di Swiss, katanya, telah mengusung konsep keberlanjutan ini dengan menyajikan destinasi ramah lingkungan sekaligus pelayanan terbaik.

8. Resor sangat dekat dengan salju

Vidia menyampaikan, resor-resor yang ada di pegunungan Swiss rata-rata umumnya sangat berdekatan dengan tempat bermain salju.

Sehingga, sangat nyaman dan mudah dijangkau, terutama bagi wisatawan yang memang sengaja bermain ski atau aktivitas lainnya. Wisatawan juga tidak perlu menghabiskan waktu berlama-lama di jalan, sehingga liburan akan lebih berkualitas.

9. Tidak jauh dari kota

Masih terkait akses, para wisatawan yang mungkin mulai bosan dengan pegunungan, tidak perlu khawatir karena kota-kota di Swiss sangat mudah dijangkau dari gunung.

Para wisatawan tidak akan kesulitan mengakses pasar atau toko di tengah kota, salah satunya Christmas Market di Zuich, kata Vidia.

“Wisatawan bisa menikmati salju di pagi hari, kemudian pergi belanja di kota saat siang atau sore harinya,” ungkap dia.

10. Tidak hanya untuk pencinta ski

Terakhir, Vidia menyampaikan bahwa Swiss tidak hanya menyediakan tempat wisata untuk para pencinta olahraga musim dingin seperti ski dan sebagainya.

“Jika wisatawan hanya ingin bersantai menikmati keindahan musim dingin, tidak ingin bergerak aktif di luar, ada banyak fasilitas yang kami sediakan,” kata Vidia.

WIsatawan bisa mencoba pemandian air panas, spot foto Instagramble, aneka kuliner di restoran, serta pelayanan lain di resor-resor yang memberikan fasilitas kebugaran dan spa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!