YouTube Music 2022 Recap Meluncur, Bikin Daftar Musik yang Sering Didengar

YouTube Music 2022 Recap Meluncur, Bikin Daftar Musik yang Sering Didengar

tribunwarta.com – Meneruskan tradisi tahun lalu, Google kembali menghadirkan sebuah fitur yang berguna untuk melihat musisi atau lagu apa saja yang kita dengar di aplikasi YouTube Music sepanjang tahun.

Fitur ini bisa diakses dengan cara klik foto profil di kanan atas, lalu pilih Your Recap. Untuk tahun ini, fitur yang mirip “Spotify Wrapped” tersebut dinamai 2022 Recap dan hadir dengan beberapa hal baru yang bisa dijadikan ajang pamer bagi para pengguna.

Salah satunya adalah Top Trends, sebuah rangkuman kilas balik yang akan memperlihatkan aneka musisi favorit pengguna yang awalnya tidak terkenal, namun sekarang dikenal banyak orang.

Kemudian ada Identity, sebuah halaman yang bakal memperlihatkan selera musik pengguna berdasarkan kebiasaan atau genre lagu yang sering didengar.

Ada pula Hard-to-Find Content, suatu halaman yang bisa menampilkan konten-konten musik unik yang didengar pengguna sepanjang tahun yang hanya tersedia eksklusif di YouTube Music.

Selain ketiga elemen 2022 Recap di YouTube Music tadi, pengguna juga kini bisa melihat kilas balik konten musik atau video apa saja yang paling sering mereka tonton sepanjang 2022 untuk pertama kalinya di aplikasi YouTube.

Konten-konten tersebut bisa dilihat dengan mengetikkan kata kunci “2022 Recap” (tanpa tanda kutip) di kolom pencarian aplikasi YouTube.

Nantinya, konten yang paling sering ditonton di media sosial berbasis video itu akan dimuat dalam sebuah daftar putar (playlist), dan pengguna bisa menonton konten-konten tersebut kembali dengan mudah.

Di samping YouTube, fitur 2022 Recap juga kini terintegrasi dengan aplikasi Google Photos untuk pertama kalinya.

Fitur integrasi dengan Google Photos ini bakal bisa ditemui di aplikasi YouTube Music, di mana pengguna bisa memakai foto-foto yang tersimpan di galeri untuk menjadi sebuah sampul (cover) playlist lagu yang sering didengar setiap musim sepanjang 2022.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari , Rabu (30/11/2022), fitur 2022 Recap bisa dinikmati langsung di aplikasi YouTube dan YouTube Music versi Android dan iOS secara global mulai hari ini.

Nantinya, hasil kilas balik yang ditampilkan fitur 2022 Recap bisa diunggah ke beragam media sosial macam Instagram, Twitter, hingga Facebook sebagai ajang pamer.

Namun pantauan KompasTekno Rabu (30/11/2022) siang, fitur ini tampaknya belum bisa dijajal di Indonesia, baik itu di aplikasi YouTube maupun YouTube Music.

Hal ini bisa dibilang wajar, lantaran fitur-fitur baru biasanya memang digelontorkan Google secara bertahap ke seluruh pengguna di seluruh dunia. Kita nantikan saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!