Valuasi Jatuh, Investor Ramal Nasib Startup 2023

Valuasi Jatuh, Investor Ramal Nasib Startup 2023

tribunwarta.com – Di tengah tantangan ekonomi global, perusahaan venture capital (VC) melihat merger dan akuisisi di industri startup akan makin marak pada 2023.

“Mungkin kalau kita lihat itu pasti akan ada,” kata Partner East Ventures Melisa Irene saat acara Open Book East Ventures, di Jakarta.

Menurutnya sampai saat ini sudah ada beberapa yang sudah siap untuk merger, bahkan IPO. Melisa menilai, dari sisi IDX dan regulator perlu mengubah peraturan-peraturan untuk mempermudah salah satunya.

“Ya ini masih diperdebatkan tapi secara pondasi si sudah dilakukan dari sisi regulator, nah kalau emang bisa dan bersifat perusahaan masing-masing juga untuk market, itukan kita optimistis sih,” tuturnya.

Namun akan ada faktor penentu lainnya, baik itu potensi atau lanskap ke depan.

Ia menilai dari sistem ekosistem, saat ini sudah makin bagus untuk perusahaan-perusahaan besar melakukan merger dan akuisisi. Perusahaan besar dinilai memiliki kas yang cukup tebal, sedangkan valuasi perusahaan-perusahaan yang lebih kecil termasuk startup makin menarik untuk dicaplok.

“Jadi kalau kita lihat mungkin akuisisi dan merger di 2023 ini harusnya bertambah,” pungkasnya.

Partner di AC Ventures, Pandu Sjahrir meramalkan hal yang serupa. Menurutnya, 2023 bakal diwarnai oleh konsolidasi lagi.

Oleh karena itu, dia menyarankan startup tidak lagi terpaku untuk memenangkan pasar dengan segala cara. Namun, CEO startup juga harus mencari kesempatan untuk bekerja sama dengan startup lain atau perusahaan konvesional.

Selain itu, startup bisa memanfaatkan modal yang mereka punya untuk memperkuat posisinya dengan melebarkan sayap ke bisnis yang lebih stabil.

“Ambil, gunakan valuasi yang ada di bisnis Anda untuk konsolidasi posisi. Misalnya, Anda beli infrastruktur offline to online,” kata Pandu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!