Trik Melacak HP yang Hilang, Pakai WhatsApp dan Google

Trik Melacak HP yang Hilang, Pakai WhatsApp dan Google

tribunwarta.com – Jangan dulu panik jika tiba-tiba ponsel menghilang. Anda masih bisa mencarinya dengan berbagai cara.

Ponsel kini adalah barang yang tidak bisa lepas dari genggaman. Pasalnya, HP bukan sebatas alat komunikasi saja. Kini, HP juga menjadi alat hiburan hingga cara membayar untuk menggantikan dompet.

Oleh karena itu, HP yang hilang tentu sangat merepotkan. Apalagi, HP juga menyimpan banyak informasi berharga dan privat yang pasti tidak bisa dilihat oleh sembarang orang.

Namun, untungnya smartphone selalu terhubung dengan internet. Karena itu, ponsel milik kita selalu menyiarkan lokasi mereka. Bahkan dalam keadaan mati, ponsel masih bisa dilacak dengan mencari posisi terakhir mereka.

HP yang hilang dapat dicari mulai dengan menggunakan Google, IMEI, nomor telepon, hingga menggunakan WhatsApp. Seluruh cara itu akan memperlihatkan lokasi terakhir ponsel berada.

Berikut beberapa cara untuk mencari HP yang hilang:

Selain menggunakan aplikasi seperti Google dan WhatsApp, Anda juga bisa memanfaatkan cara lain untuk melacak HP yang hilang.

Jika HP Anda masih aman di genggaman, cobalah untuk mengaktifkan fitur “sharing location” atau “berbagi lokasi” menggunakan aplikasi Google Maps dengan orang tepercaya atau akun Google Anda lainnya. Anda bisa melacak titik akurat HP berada ketika hilang asalkan fitur tersebut masih aktif. Simak langkah-langkah berikut ini:

International Mobile Equipment Identity alias IMEI adalah tanda pengenal yang dimiliki oleh setiap HP. Nomor IMEI tidak bisa diubah atau dihilangkan dan akan berbeda satu sama lainnya.

Nomor IMEI memberikan Anda peluang lebih besar untuk menemukan HP yang hilang, asalkan sudah tersambung dengan email. Untuk mengetahui nomor IMEI, Anda bisa mengetahuinya dengan cara-cara berikut ini:

Terakhir, Anda dapat menggunakan akun khusus sesuai merek smartphone untuk melacak HP yang hilang. Pengguna iPhone bisa menggunakan iCloud dan user Samsung bisa mengandalkan Samsung Find My Mobile. Sementara, pengguna Xiaomi bisa melacak HP yang hilang dengan bantuan Mi Cloud.

Berikutnya log in di browser dan masukkan alamat email atau data akun khusus yang terkoneksi dengan HP yang hilang tersebut. Anda akan bisa melacak lokasi terkini HP yang hilang hingga mengamankan data-data pada smartphone tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!