Teknologi digital pengaruhi dunia jurnalistik

Teknologi digital pengaruhi dunia jurnalistik

tribunwarta.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika melihat teknologi digital berpengaruh terhadap berbagai sektor kehidupan, termasuk dunia jurnalistik.

“Dunia jurnalistik mengalami dampak dari ekstensifikasi teknologi digital, misalnya perubahan lansekap media yang makin variatif, model bisnis, norma, etika dan cara kerja dalam melaksanakan peliputan,” kata Menteri Kominfo Johnny G. Plate saat membuka acara pemberian Anugerah Jurnalistik Kominfo 2022, yang disiarkan secara langsung melalui media sosial resmi Kemkominfo TV, Rabu.

Teknologi digital memberi kemudahan bagi jurnalis yang meliput, misalnya terdapat alat untuk membuat transkripsi wawancara dan menganalisis gambar dan video. Keberadaan teknologi seperti itu, selain membuat pekerjaan menjadi cepat dan tepat, juga mampu membantu perusahaan media mengoptimalisasi biaya dan variabel.

Perusahaan media juga bisa menggunakan kecerdasan buatan untuk membantu mendeteksi topik yang sedang hangat dibicarakan dan “breaking news”.

“Teknologi juga mampu menjalankan ‘fact checking’ dalam mendeteksi kebenaran berita,” kata Johnny.

Menteri Johnny mencontohkan penggunaan kecerdasan buatan pada redaksi Associated Press membantu menghasilkan 40 ribu berita per tahun. Melihat kenyataan sekarang ini, teknologi memberikan peluang yang besar bagi dunia jurnalistik.

Perusahaan media bisa memanfaatkan teknologi supaya berita yang dihasilkan bisa tersebar ke publik yang lebih luas secara lebih efektif dan efisien.

Meskipun demikian, kehadiran teknologi juga menimbulkan tantangan bagi jurnalis yaitu bagaimana mereka menjaga kualitas konten dan akurasi informasi yang disampaikan.

“Kemajuan teknologi perlu diimbangi dengan kecepatan adaptasi dan ketangkasan,” kata Johnny.

Perusahaan media, menurut Johnny perlu segera menyesuaikan dengan perubahan itu sehingga teknologi bisa menjadi akselerator dan “enabler” dalam pekerjaan jurnalistik.

Kementerian Kominfo setiap tahun menggelar Anugerah Jurnalistik Kominfo, apresiasi kepada insan pers untuk liputan yang berkaitan dengan teknologi, telekomunikasi dan dunia digital.

Pada tahun penyelenggaraan kelima sekarang ini, Anugerah Jurnalistik Kominfo membuat lima kategori penghargaan yaitu liputan media online, media cetak, radio, televisi dan fotografi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!