Startup Ini Bantu Kreator Konten Belum Terkenal Cari Uang

Startup Ini Bantu Kreator Konten Belum Terkenal Cari Uang

tribunwarta.com – Tidak semua kreator konten bisa mencari uang di media sosial besar seperti Instagram atau YouTube. Startup asal Indonesia ingin membantu kreator yang namanya belum terlalu tenar memonetisasi kontennya.

Pendiri TipTip Albert Lucius menyatakan banyak orang yang sebetulnya bisa mencari uang memanfaatkan talentanya, seperti koki atau musisi. Namun, mereka kekuatan mereka di media sosial tidak sekuat selebritas.

Menurut dia, perangkat monetisasi di platform besar seperti Youtube, Facebook, atau Instagram lebih pas untuk kreator yang sudah populer dengan jumlah view dan pengikut ribuan hingga jutaan.

Oleh karena itu, dia mendesain TipTip untuk kreator yang baru mulai membangun fans seperti koki, musisi, atau pelukis lokal.

TipTip membantu mereka untuk membangun komunitas fans, kemudian memonetisasi popularitas tersebut untuk menjual konten tanpa harus bergantung kepada algoritme iklan.

Rata-rata, kreator-promotor mendapatkan lebih dari US$200 (sekitar Rp 3,1 juta) dalam waktu 30 hari sejak aktif di TipTip. Pembuat konten dapat memperoleh penghasilan di platform dengan menjual konten digital mereka secara langsung atau melalui jaringan promotor TipTip, serta melibatkan penggemar melalui sesi langsung.

Albert sebelumnya sudah pernah mendirikan startup yang bernama Kudo. Perusahaan yang bergerak di bidang online-to-offline tersebut kemudian dicaplok oleh Grab pada 2017.

Platform saat ini menampung lebih dari 2.500 pembuat konten dan lebih dari 30.000 pengguna dan bertujuan untuk merekrut lebih dari 30.000 pembuat dan 300.000 pengguna pada awal tahun depan.

TipTip hari ini baru mendapatkan pendanaan Seri A senilai US$13 juta atau sekitar Rp 204 miliar. Pendanaan Seri A dipimpin oleh East Ventures dengan partisipasi berkelanjutan dari Vertex, SMDV, B.I.G. Ventures dan angel investor terkemuka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!