Sejarah Facebook, Langkah Mark Zuckerberg Membangun Media Sosial

Sejarah Facebook, Langkah Mark Zuckerberg Membangun Media Sosial

tribunwarta.com – Facebook , salah satu media sosial yang terkenal di dunia. Platform jejaring sosial ini didirikan oleh Mark Zuckerberg .

Media sosial tersebut mendukung pengiriman pesan, unggahan media, panggilan suara, video, dan lain-lain. Awalnya, media sosial ini diluncurkan dengan nama FaceMash pada 2004.

Akses ke Facebook tidak dikenai biaya. Perusahaan memperoleh sebagian besar uangnya dari iklan di situs web.

Daya tarik Facebook berasal dari transparansi data penggunanya. Karena, sejak awal pengguna dilarang menggunakan data palsu.

Selain itu, manajemen perusahaan berpendapat bahwa transparansi diperlukan untuk membentuk hubungan pribadi, berbagi ide dan informasi, dan membangun masyarakat secara keseluruhan.

Lalu, seperti apa sejarah dan perkembangan Facebook sebenarnya? Simak selengkapnya berikut ini.

Sejarah Berdirinya Facebook

Mark Zuckerberg awalnya membuat situs layanan online bagi mahasiswa Harvard University pada tahun 2003 bernama Facemash. Situs tersebut menampilkan foto dan informasi pribadi penggunanya.

Perkembangan Facemash pun cukup pesat. Dalam beberapa jam, 450 orang berbondong-bondong mengunjunginya..

Tetapi, Facemash ditutup beberapa hari kemudian oleh administrasi Harvard . Karena, dalam mencari sumber data, Mark meretas jaringan komputer Harvard . Sehingga ia didakwa atas pelanggaran keamanan, melanggar hak cipta, dan melanggar privasi individu, meskipun akhirnya tuduhan itu dibatalkan.

Tak menyerah, Mark kemudian membuat situs web baru pada Januari 2004. Ia meluncurkan situs The Facebook dan mendaftarkan URL https://www.thefacebook.com. Keberhasilan The Facebook tak main-main. Dalam sehari, situs itu memiliki 1000-1500 pendaftar.

Keanggotaan The Facebook awalnya dibatasi hanya untuk mahasiswa Harvard . Dalam bulan pertama, lebih dari setengah populasi sarjana di Harvard terdaftar di situs tersebut.

Mark pun segera menggandeng beberapa rekan untuk bekerja sama, seperti Eduardo Saverin (aspek bisnis), Dustin Moskovitz (programmer), Andrew McCollum (seniman grafis), dan Chris Hughes.

Pada Maret 2004, akhirnya Facebook diperluas ke universitas lain, yakni Stanford, Columbia, dan Yale. Lalu berlanjut ke semua sekolah Ivy League dan wilayah Boston, dan secara bertahap ke sebagian besar universitas di Kanada dan Amerika Serikat.

Kepopuleran Facebook terus meningkat dari tahun ke tahun. Bahkan, perusahaan langsung menerima investasi pertama sekitar tujuh miliar rupiah dari salah satu pendiri PayPal Peter Thiel.

Perusahaan kemudian menghapus ‘The’ dari namanya setelah membeli nama domain facebook.com pada tahun 2005 sekitar tiga miliar rupiah.

Perkembangan Facebook

a. Dekade 1 (2004 hingga 2013)

Jejaring sosial TheFacebook.com diluncurkan pada Februari 2004. Awalnya, keanggotaan hanya berlaku pada mahasiswa Harvard yang mendaftar. Mereka dapat mengunggah foto, informasi pribadi seperti jadwal kelas dan lainnya.

Popularitas The Facebook pun semakin meningkat. Pada Juni 2004, lebih dari 250.000 mahasiswa dari universitas bergengsi lainnya bergabung.

Selain itu, pada tahun yang sama, perusahaan besar seperti perusahaan kartu kredit MasterCard mulai membayar untuk eksposur di situs tersebut.

Pada bulan September, The Facebook mengembangkan fitur baru untuk mengunggah informasi. Selain itu, situs tersebut diperluas bagi siapa saja yang memiliki alamat email valid dan berusia minimal 13 tahun. Sehingga, pada akhir tahun, The Facebook telah mencapai satu juta pengguna aktif.

Facebook akhirnya menjadi situs media sosial yang banyak dipakai pada tahun 2008 dan menyingkirkan Myspace sebagai situs media sosial yang paling banyak dikunjungi.

Pada Februari 2012 Facebook mengajukan untuk menjadi perusahaan publik. Penawaran umum perdana (IPO) pada bulan Mei mengumpulkan 16 miliar dolar AS, memberikan nilai pasar sebesar 102,4 miliar dolar AS. Pada akhir hari pertama perdagangan saham, kepemilikan Mark Zuckerberg diperkirakan lebih dari 19 miliar dolar AS.

b. Dekade 2 (2014 – sekarang)

Pada tahun 2014, Facebook mengembangkan aplikasi iOS dan Android lainnya, Facebook Lite, yang memungkinkan pengguna mengakses platform mereka dengan data yang lebih sedikit.

Selanjutnya, pada tahun 2015, lebih dari 900 juta orang di seluruh dunia menjadi pengguna aktif Facebook . Hal itu menghasilkan rata-rata 154 triliun sebagai pendapatan tahunan sejak pembuatannya.

Saat ini, ada lebih dari 2 miliar pengguna aktif di Facebook , dua kali lipat sebagai jaringan media sosial terbesar di seluruh dunia.

Pada November 2021, Mark Zuckerberg mengumumkan bahwa mereka mengubah nama perusahaan induknya menjadi Meta Platform. Perubahan nama mencerminkan penekanan pada ‘metaverse’, di mana pengguna akan berinteraksi dalam lingkungan realitas virtual.

Fitur-Fitur Facebook

Facebook memiliki banyak fitur atau komponen, di antaranya Timeline, ruang di setiap halaman profil pengguna untuk mengunggah konten; Status, yang memungkinkan pengguna memberi tahu tentang lokasi atau situasi mereka saat ini; dan Umpan Berita, yang memberi tahu pengguna tentang perubahan pada profil dan status teman mereka.

Pengguna juga dapat mengirim pesan pribadi pada pengguna lain. Selain itu, pengguna dapat memberi like maupun komentar pada postingan teman.

Penemuan Penting Facebook

a. Facebook Notes

Facebook Notes dibuat pada tahun 2006 sebagai platform mini-blogging. Selama bertahun-tahun, penemuan ini memungkinkan pengguna untuk mengimpor konten pribadi dari situs web lain, seperti Blogger, Xanga, dan LiveJournal.

b. Facebook Messenger

Facebook Messenger awalnya diluncurkan pada tahun 2011 sebelum diperkenalkan kembali pada tahun 2014. Penemuan ini memungkinkan pengguna Facebook untuk mengobrol satu sama lain, baik di web maupun seluler. Facebook Messenger menampilkan beberapa aplikasi lain yang menyertainya, termasuk Strobe, Stickered, Sound Clips, Shout for Messenger, dan Selfied.

c. WhatsApp

WhatsApp merupakan aplikasi populer yang dibuat oleh Jan Koum dan Brian Acton pada tahun 2009. Namun, aplikasi itu dibeli oleh Facebook pada tahun 2014 dan menjadi akuisisi yang paling berharga.

WhatsApp memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan menerima pesan teks, pesan suara, konten media, dokumen, lokasi, dan membuat atau menerima panggilan video dan suara. (Fian Prahesti)***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!