Pernah Jadi Miliarder, Ex Bos FTX Cuman Punya 1 Kartu Kredit

Pernah Jadi Miliarder, Ex Bos FTX Cuman Punya 1 Kartu Kredit

tribunwarta.com – Sam Bankman-Fried yang pernah menjadi salah satu orang kaya muda sekarang kekayaan itu tak bersisa. Dari kekayaan yang dilaporkan Forbes senilai US$26,5 miliar (Rp 413,9 triliun), sekarang pendiri FTX itu hanya memegang satu kartu kredit yang berfungsi sekitar US$100 ribu (Rp 1,5 miliar).

Selain mengaku isi kartu kreditnya, dia mengatakan kekayaannya ‘hampir tidak ada’ yang tersisa, dikutip dari Reuters, Kamis (1/12/2022).

Kerajaan FTX runtuh beberapa waktu lalu. Pengguna platform menarik US$6 miliar (Rp 93,7 triliun) hanya dalam waktu tiga hari. Ini ditambah Binance meninggalkan kesepakatan untuk menyelamatkan FTX.

Bahkan perusahaan telah mengajukan kebangkrutan. Bankman-Fried juga telah mengundurkan diri dari posisi kepala eksekutif pada 11 November.

“Minggu itu, begitu banyak terjadi,” ungkapnya.

Menurut dua sumber, krisis yang terjadi di FTX terjadi akibat dia memindahkan dana pelanggan senilai US$10 miliar ke Alameda Research, perusahaan lain miliknya. Sejumlah orang mengatakan uang nasabah sebanyak US$1 miliar telah lenyap akibat masalah ini.

Sejak saat itu, Bankman-Fried menjauhkan dirinya dari kesan penipuan. Dalam sebuah wawancara, dia mengaku tidak sengaja mencampurkan uang pelanggan di FTX dengan dana di Alameda Research.

“Saya tidak pernah mencoba melakukan penipuan,” tegasnya. Dia juga menambahkan tidak berpikir memiliki tanggung jawab pidana.

Hal serupa juga pernah disebutkan Bankman-Fried kepada Reuters pada bulan November. Dia mengatakan tidak diam-diam mentransfer uang itu. Namun apa yang terjadi adalah dia salah membaca ‘pelabelan internal yang membingungkan’.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!