Pasar Smartwatch Global Tumbuh 30 Persen, India Terbesar di Dunia

Pasar Smartwatch Global Tumbuh 30 Persen, India Terbesar di Dunia

tribunwarta.com – Pasar arloji pintar ( smartwatch ) dilaporkan tumbuh signifikan pada 2022 kuartal tiga (Kuartal-III/Q3) 2022 ini. Pertumbuhan pasar smartwatch secara global mencapai 30 persen.

Pertumbuhan ini berasal dari berbagai negara, termasuk India, Amerika Utara, dan lainnya. Menurut laporan Global Smartwatch Model Tracker yang dirilis firma riset Counterpoint Research, harga murah dan sistem operasi (OS) ringan merupakan dua faktor pendorong naiknya pangsa pasar smartwatch

Smartwatch dengan OS “ringan” yang dimaksud yaitu smartwatch yang tidak memiliki dukungan aplikasi pihak ketiga dan hanya menjalankan fungsi dasar.

Berbeda smartwatch yang mendukung aplikasi pihak ketiga, seperti smartwatch dengan sistem operasi Watch OS atau Wear OS. Arloji pintar dengan OS tersebut biasanya disebut sebagai “HLOS smartwatch”.

“Dari berbagai jenis arloji pintar, smartwatch ‘reguler’ dengan OS yang relatif ringan dan harga lebih terjangkau menjadi pendorong utama meningkatnya pasar global,” kata Woojin Son, analis Counterpoint Research , dikutip KompasTekno dari situs Counterpoint, Kamis (1/12/2022).

Menurut Counterpoint, pengiriman smartwatch model basic ini naik dua kali lipat dibanding periode yang sama tahun 2021, atau menyumbang 35 persen di pasar smartwatch global. Sementara smartwatch HLOS tumbuh 23 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Meski pengiriman smartwatch HLOS lebih rendah dibanding smartwatch model basic, pendapatan vendor dari smartwatch HLOS ini, menurut Son, lebih tinggi dibanding model basic karena harga jual rata-ratanya yang lebih tinggi pula.

India dongkrak pasar smartwatch global

India menyumbang kontribusi terbesar untuk pasar smartwatch global pada kuartal III-2022. Pasar smartwatch di India tumbuh 171 persen dibanding kuartal yang sama tahun sebelumnya (year-on-year/YoY).

Faktor pendorong pertubuhan pasar smartwatch di India yaitu adanya musim perayaan di negara tersebut.

Selain itu, sejumlah merek smartwatch juga memperluas portofolio produk mereka dengan harga yang murah. Belum lagi dorongan manufaktur lokal yang turut berperan mendongkrak pertumbuhan pasar arloji pintar India.

” Pasar smartwatch India tumbuh 171 persen YoY pada kuartal III-2022 dan menjadi pasar terbesar di dunia. Faktor utama di balik rekor pertumbuhan itu adalah musim perayaan di India,” kata analis senior Counterpoint Research, Anshika Jain.

Amerika Utara juga masih cukup berkontribusi besar ke pasar smartwatch dengan pertumbuhan 21 persen YoY.

Amerika Utara sebelumnya merupakan pasar smartwatch terbesar sejak kuartal IV-2020 hingga kuartal II-2022. Pada kuartal III-2022 Amerika Utara disalip India.

Berbanding terbalik dengan India dan Amerika Utara, pasar smartwatch di China justru turun 28 persen YoY karena adanya lonjakan kasus Covid-19.

5 merk smartwatch terlaris

Apple

Apple menyumbang sekitar 50 persen dari total pengiriman smartwatch global pada kuartal III-2022 ini. Persentase pertumbuhannya mencapai 48 persen YoY berkat penjualan Apple Watch 8 yang dirilis September lalu bersamaan dengan iPhone 14 series.

Meski pertumbuhannya lebih tinggi dibanding tahun lalu, persentasenya justru turun bila dibandingkan dengan kuartal II-2022, karena pangsa pasar Apple saat itu 54 persen.

Samsung

Pengiriman smartwatch Samsung tercatat tumbuh 62 persen dibanding kuartal II-2022 berkat Galaxy Watch 5, sehingga pangsa pasarnya untuk kategori smartwatch HLOS naik 5 persen (QoQ).

Adapun pertumbuhan tahunan Samsung hanya 6 persen karena pangsa pasarnya di India menurun. Meski demikian, Samsung menjadi merek smartwatch terlaris kedua setelah Apple.

Noise

Noise tumbuh hingga 218 persen YoY dan menjadi merek teratas di India. Pertumbuhan ini juga mendorong Noise menjadi merek ketiga terlaris di pasar smartwatch global setelah Apple dan Samsung.

Fire Boltt

Fire Boltt merupakan merek smartwatch yang populer di India. Pertumbuhannya pada kuartal ini cukup stagnan, namun merek ini mampu bertahan pada posisi keempat pada pasar global dengan persentase pengiriman 24,6 persen untuk kategori smartwatch model basic.

Huawei

Serupa dengan Fire Boltt, Huawei juga mempertahankan posisinya pada peringkat kelima di pasar smartwatch global. Huawei berkontribusi mengirimkan 6,4 persen smartwatch HLOS dan 3,2 persen smartwatch reguler.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!