Oppo Reno 8 Z 5G Punya Fitur Smart Sidebar, Apa Fungsinya?

Oppo Reno 8 Z 5G Punya Fitur Smart Sidebar, Apa Fungsinya?

tribunwarta.com – Salah satu ponsel terbaru Oppo di Indonesia, Oppo Reno 8 Z 5G dibekali dengan berbagai fitur yang bisa meningkatkan produktivitas dan kenyamanan pengguna memakan smartphone.

Salah satu fitur yang bisa dibilang menarik adalah Smart Sidebar . Dengan fitur ini, pengguna bisa menambahkan beberapa pintasan aplikasi favorit mereka dengan sekali usapan (swipe) di bagian kiri atau kanan layar ponsel.

Fitur ini tentunya bisa menjadi sebuah solusi bagi pengguna Oppo Reno 8 Z 5G yang ingin membuat tampilan layar utama (home screen) perangkat ini lebih rapi.

Sebab, deretan aplikasi favorit atau yang sering dibuka bisa dipindahkan dari home screen ke dalam menu Smart Sidebar.

Ini juga bisa menjadi cara bagi mereka yang memiliki banyak aplikasi favorit yang tidak bisa dimuat di home screen. Pasalnya, tampilan home screen bisa dibilang terbatas dan hanya bisa memuat beberapa aplikasi saja.

Nah, cara mengaktifkan fitur Smart Sidebar di Oppo Reno 8 Z 5G cukup mudah. Pengguna ponsel tersebut bisa mengikuti cara-cara berikut ini:

  • Buka menu pengaturan (Settings)
  • Pilih menu “Special features”
  • Pilih menu “Smart Sidebar”
  • Aktifkan toggle fitur “Smart Sidebar” hingga berubah warna dari abu-abu menjadi hijau
Beberapa saat kemudian, pengguna bakal bisa melihat garis transparan (Floating Bar) di sebelah kiri atau kanan layar ponsel mereka, tergantung preferensi mereka.

Pengguna lantas bisa melakukan swipe ke kiri atau ke kanan pada garis ini untuk membuka tampilan Smart Sidebar.

Kembali ke pengaturan Smart Sidebar tadi, pengguna juga bisa mengatur tampilan dan desain Smart Sidebar mereka sesuai dengan keinginan.

Untuk sisi transparansi, misalnya, mereka bisa membuat latar belakang Smart Sidebar menjadi transparan, setengah transparan, atau berwarna putih dengan mengotak-atik opsi “Floating Bar”.

Kemudian, pengguna juga bisa menyembunyikan Floating Bar tadi dengan mengaktifkan opsi “Hide floating bar”, menyembunyikan nama aplikasi yang ada di Smart Sidebar untuk menghemat tempat dengan menonaktifkan opsi “Show app names”, dan lain sebagainya..

Cara menambah atau menghapus aplikasi dari Smart Sidebar

Seperti disebutkan di atas, Smart Sidebar di Oppo Reno 8 Z 5G bisa digunakan untuk menyimpan berbagai aplikasi favorit pengguna. Cara menambahkan aplikasi ke dalam Smart Sidebar bisa disimak dalam langkah berikut ini:

  • Buka tampilan Smart Sidebar dengan melakukan swipe kiri/kanan pada Floating Bar
  • Gulirkan tampilan Smart Sidebar ke bawah dan pilih tombol “Edit”
  • Klik tab “Apps” yang ada di tampilan sebelah kiri Smart Sidebar
  • Klik ikon “+” berwarna hijau yang ada di atas ikon tiap aplikasi untuk menambahkan aplikasi tersebut ke Smart Sidebar
  • Klik tombol “Done”

Jika aplikasi yang telah ditambahkan ke dalam Smart Sidebar ingin dihapus, pengguna Oppo Reno 8 Z 5G bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka tampilan Smart Sidebar dengan melakukan swipe kiri/kanan pada Floating Bar
  • Gulirkan tampilan Smart Sidebar ke bawah dan pilih tombol “Edit”
  • Klik ikon “-” berwarna merah yang terletak di bagian kanan atas tiap aplikasi
  • Klik tombol “Done”

Demikian penjelasan terkait fitur Smart Sidebar di Oppo Reno 8 Z 5G yang dilengkapi dengan cara mengaktifkan fitur tersebut.

Ingin menjajal fitur ini? Pengguna tentunya harus memiliki Oppo Reno 8 Z 5G, atau ponsel terbaru Oppo lainnya terlebih dahulu.

Di Indonesia, Oppo Reno 8 Z 5G sudah bisa didapatkan di seluruh toko offline atau online Oppo dengan harga Rp 6 juta (8 GB/256 GB).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!