Ngeri, Ini 5 Fenomena Alam yang Diramal Terjadi saat Kiamat

Ngeri, Ini 5 Fenomena Alam yang Diramal Terjadi saat Kiamat

tribunwarta.com – Banyak ilmuwan khawatir tentang skenario mengerikan yang akan terjadi saat kiamat. Beberapa di antaranya bahkan lebih menakutkan dari yang digambarkan lewat film.

Mulai dari asteroid hingga pemanasan global yang mengancam hajat hidup umat manusia. Berikut ini 5 fenomena alam yang diramalkan para ilmuwan, dikutip dari Live Science, Senin (31/10/2022).

Asteroid menjadi andalan yang digunakan pada film bencana, tetapi para ilmuwan memang khawatir bahwa batu ruang angkasa dapat memusnahkan Bumi.

Sebuah dampak meteor kemungkinan telah menghancurkan dinosaurus, dan dalam peristiwa Tunguska, sebuah meteoroid besar merusak sekitar 2.000 kilometer persegi dari hutan Siberia pada tahun 1908. Sedangkan para astronom hanya tahu tentang sebagian kecil dari batuan luar angkasa yang bersembunyi di tata surya.

Patogen mematikan baru muncul setiap tahun. Pandemi baru-baru ini termasuk wabah SARS, flu burung dan yang terbaru virus Corona. Dan karena ekonomi global kita yang sangat saling berhubungan, penyakit mematikan dapat menyebar seperti api.

“Ancaman pandemi global sangat nyata,” kata Joseph Miller, rekan penulis (bersama dengan Ken Miller) buku teks “Biology” (Prentice Hall, 2010).

Meskipun ancaman bakteri berbahaya, tapi ancaman jamur lebih mengerikan, kata David Wake, kurator di Museum Zoologi Vertebrata di University of California, Berkeley.

“Kami memiliki penyakit jamur amfibi baru yang memiliki efek menghancurkan,” kata Wake tentang jamur chytrid yang memusnahkan katak di seluruh Amerika Serikat.

Menurutnya, jamur yang sama fatalnya pada manusia akan menjadi bencana besar.

Penyakit alami bukan satu-satunya yang harus ditakuti, sebab manusia kerap kali eksperimen tentang suatu penyakit.

Pada tahun 2011, komunitas ilmiah marah karena para peneliti telah merekayasa versi mutan dari flu burung H5N1 yang dapat ditularkan pada musang dan ditularkan melalui udara.

Hasilnya memicu kekhawatiran bahwa penyakit mematikan yang direkayasa secara tidak sengaja dapat lolos dari laboratorium atau sengaja dilepaskan, yang bisa menyebabkan pandemi global.

Perubahan iklim adalah ancaman terbesar yang dihadapi planet ini, kata banyak ilmuwan. Perubahan iklim dapat membuat cuaca ekstrem menjadi lebih parah, meningkatkan kekeringan di beberapa daerah, mengubah distribusi hewan dan penyakit di seluruh dunia, dan menyebabkan daerah dataran rendah di planet ini tenggelam setelah naiknya permukaan laut.

Rangkaian perubahan dapat menyebabkan ketidakstabilan politik, kekeringan parah, kelaparan, keruntuhan ekosistem, dan perubahan lain yang membuat Bumi menjadi tempat yang sangat tidak ramah untuk ditinggali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!