Migrasi ke TV Digital, Resolusi Tayangan yang Kinclong Jadi Satu Keunggulan Paling Mentereng

Migrasi ke TV Digital, Resolusi Tayangan yang Kinclong Jadi Satu Keunggulan Paling Mentereng

tribunwarta.com – Pemerintah mulai memberlakukan pemberhentian siaran televisi (TV) dengan sinyal analog mulai hari ini Rabu, 2 November 2022.

Rencana peralihan TV Digital ini sudah digadang-gadang sejak jauh-jauh hari ini dan kini sudah mulai diterapkan di wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi).

Sedangkan hal yang sama juga akan berangsur-angsur diberlakukan di wilayah lain di seluruh Indonesia.

Beralihnya siaran televisi dari yang menggunakan sinyal analog ke TV Digital bukan tanpa alasan yang jelas.

Selain dinilai lebih efektif untuk perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, siaran televisi dengan menggunakan sinyal digital juga memiliki keunggulan lainnya dari segi tayangan.

Siaran TV digital memiliki tampilan siaran yang jauh lebih mulus dan kinclong dibandingkan dengan siaran televisi analog.

Jika siaran televisi analog hanya bisa menampilkan tayangan dengan resolusi layar yang seadanya (meskipun televisinya besar), maka siaran televisi analog dapat memberikan resolusi yang terbaik.

Siaran TV analog ditransmisikan mirip dengan radio, sehingga rentan terhadap gangguan seperti saat terjadi hujan, badai, dan lainnya.

Itulah sebabnya muncul istilah yang menyebutkan bahwa siaran TV Digital memiliki resolusi HD (High Definition).

Dari resolusi itu, tentunya tak hanya memanjakan mata Anda ketika menonton siaran televisi, namun memberikan pengalaman lain berupa kualitas tayangan yang berbeda dari televisi analog.

Berbicara tentang resolusi, maka berlaku pula untuk tampilan layar lainnya, misalnya perangkat handphone hingga komputer atau laptop.

Biasanya, pilihan kualitas tayangan video mengenai resolusi ini ditemukan di aplikasi maupun situs YouTube. Pilihan tersebut terbagi menjadi beberapa kategori dari yang paling rendah hingga kualitas tertinggi.

Pada pilihan kualitas tayangan tersebut biasanya tertulis 144p, 240p, 360p, 480p, 720p, 1080p, 1440p, dan seterusnya.

Keunggulan kualitas tayangan pada televisi digital ini didapatkannya dari sinyal digital yang digunakan.

Jika siaran televisi menggunakan sinyal dengan pancaran gelombang berupa naik dan turun, maka siaran televisi digital menggunakan sinyal digital yang terdiri dari angka 0 dan 1.

Dari perbedaan mendasar itulah pada akhirnya juga mempengaruhi kualitas tayangan yang didapatkan.

Selain daripada memiliki keunggulan pada kualitas tayangan gambarnya, siaran televisi yang menggunakan sinyal digital juga lebih efektif dibandingkan sinyal analog.

Sedangkan siaran televisi digital ditransmisikan sebagai bit data informasi, seperti halnya data komputer.

Selain itu sinyal digital juga memungkinkan pengguna tidak ada kehilangan sinyal bertahap karena jarak dari pemancar meningkat.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!