Leica Rilis Laser Scanner 3D Mungil BLK360 di Indonesia

Leica Rilis Laser Scanner 3D Mungil BLK360 di Indonesia

tribunwarta.com – PT Datascrip selaku distributor Leica di Indonesia resmi memperkenalkan perangkat 3D laser scanner terbarunya, Leica BLK360 , ke Indonesia, Rabu (7/12/2022).

Perangkat ini dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen terkait perencanaan desain konstruksi, arsitektur, interior, hingga keperluan di industri perfilman.

Menurut Presiden Direktur Leica Geosystems Indonesia, Busroni Arif Yanto, Leica BLK360 dapat menghasilkan gambar yang lebih cepat dan mudah. Hasil dokumentasi 3D yang dihasilkan juga diklaim dapat akurat.

“Misi kami menghadirkan solusi pemindaian dan dokumentasi 3D ke pengguna yang lebih luas. Hadirnya generasi terbaru dari BLK360 ini membuat pengguna semakin mudah dan cepat mendapatkan dokumentasi 3D yang akurat,” ujar Busroni dalam keterangan yang diterima KompasTekno, Minggu (11/12/2022).

Sebab, menurut Leica, di dunia konstruksi dan arsitektur memerlukan hasil dokumentasi visual 3D yang akurat dan detil. Misalnya, koordinat, volume, hingga kontur subjek yang dihasilkan harus dapat tergambarkan dalam hasil dokumentasi yang diambil.

3D laser scanner ini juga dibekali teknologi eksosistem software existing untuk memudahkan pengguna mentransfer data dan menciptakan pengalaman yang imersif. Dengan rasdius sejauh 45 meter, perangkat dapat memiliki pengukuran tinggi hingga 4 nm pada jarak 10 meter.

Fitur ini diklaim dapat memudahkan pekerja di industri film. Dikarenakan, sebelum memulai shooting, kru film akan melakukan pemetaan lapangan. Oleh karena itu, perangkat trersebut juga mendukung proses produksi visual effects (VFX).

“Pembuart film tidka bisa memprediksi ukuran suatu benda atau bangunan untuk membuat tampilan VFX secara proporsional. Untuk itu, dibutuhkan data yang akurat sehingga tampilan VFX dapa serupa dengan asli,” tulis perusahaan.

Leica BLK360 dirancang dengan ukuran bodi yang cukup ringkas dan desain yang minimalis, sehingga mudah di bawa ke mana saja. Perangkat tersebut juga di bekali satu tombol daya di bagian depan, tepatnya di bawah logo Leica.

Saat tombol tersebut dinyalakan, perangkat akan secara otomatis memindai struktur bangunan ataupun ruang dari lingkungan sekitar. Setelah selesai memindari, data yang tersimpan nantinya dapat ditransfer ke perangkat lain, seperti smartphone dan tablet melalui port USB-C yang tersedia.

Sensor kamera yang dimiliki terdiri dari empat. Keempat sensor kompak menggunakan sensor LiDAR yang beresolusi 13 megapiksel. Kamera tersebut juga mampu menangkap gambar sferis dengan sudut pandang 360 derajat, point cloud 3D secara penuh selama 20 detik.

Adapun sensor kamera perangkat mendukung 5 bracket High Dynamic Range (HDR) agar dapat menghasilkan gambar dengan akurasi warna yang detil dan kontras yang tinggi menyerupai bentuk yang asli.

Fitur pendukung lainnya, Leica BLK360 hadir dengan teknologi Visual Inertial System (VIS) yang dapat menggabungkan hasil pemindaian ruang di seluruh bangunan secara otomatis. Teknologi tersebut juga dapat langsung menyeleraskan dan menggabungkan gambar di tiap ruangan untuk dibuat menjadi point cloud.

3D laser scanner bikinan Leica ini juga dapat menangkap point clouds dengan kecepatan 680.000 poin per detik, lebih tinggi dari pendahulunya, Leica BLK360, yang mentok di 360.000 poin per detik.

Leica BLK360 dijual dengan harga Rp 500.000.000 di Indonesia. Pembelian dapat dilakukan di gerai PT Datascrip di seluruh Indonesia. Pembelian prangkat nantinya kan menjamin layanan purnajual (klaim garansi) dan trainning penggunaan alat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!