Laptop Asus ExpertBook B3000 Meluncur, Pertama di Indonesia dengan Chip Snapdragon

Laptop Asus ExpertBook B3000 Meluncur, Pertama di Indonesia dengan Chip Snapdragon

tribunwarta.com – Asus resmi meluncurkan laptop berbasis ARM terbarunya yang bernama Asus ExpertBook B3000 di Indonesia.

Perangkat ini merupakan laptop teranyar Asus yang masuk ke dalam kategori laptop detachable, alias laptop yang layarnya bisa dilepas dari papan ketik (keyboard).

Commercial BDM Asus Indonesia, Yulianto Hasan mengatakan bahwa Asus ExpertBook B3000 hadir sebagai solusi untuk mempermudah pengguna bekerja atau belajar di manapun mereka berada.

Yulianto juga mengeklaim bahwa laptop ini merupakan perangkat pertama di Tanah Air yang ditenagai dengan salah satu chipset ARM terbaru dari Qualcomm.

“Laptop ini merupakan laptop pertama di Indonesia yang menggunakan Qualcomm Snapdragon 7c Gen 2 ,” klaim Yulianto dalam acara peluncuran Asus ExpertBook B3000 di Hotel Raffles Jakarta, Rabu (23/11/2022).

Di atas kertas, Snapdragon 7c Gen 2 dibekali dengan prosesor (CPU) delapan inti (octa-core, @2,55 Ghz), yang terdiri dari dua inti CPU performa tinggi Cortex-A76, serta enam inti CPU hemat daya Cortex -A55.

Adapun komponen CPU tersebut dipadukan dengan unit pengolah grafis (GPU) Adreno 618, RAM LPDDR4X 4 GB, dan media penyimpanan (storage) berjenis eMMC dengan kapasitas 128 GB.

Ringan dan mudah dibawa-bawa

Secara desain, Asus ExpertBook B3000 diklaim ringan dan mudah dibawa-bawa kemanapun. Pasalnya, laptop ini memiliki bobot 0,59 kg dengan dimensi ketebalan 0,9 cm.

Masih soal desain, Asus ExpertBook B3000 mengusung layar LCD layar sentuh (touchscreen) dengan ukuran 10,5 inci, resolusi WUXGA (1.920 x 1.200 piksel), dan tingkat kecerahan maksimal 320 nits.

Seperti disebutkan di atas, layar ini bisa dilepas dari keyboard-nya, sehingga fungsi Asus ExpertBook B3000 akan serupa seperti tablet PC.

Ketika layar tersebut kembali dipasangi keyboard, maka produk terbaru Asus ini akan memiliki form factor seperti layaknya laptop mungil.

Untuk mempermudah pengoperasia layar, Asus ExpertBook B3000 memiliki dua mode pemakaian, yaitu Horizontal Mode dan Vertical Mode.

“Mode ini bisa dipakai pengguna ketika ingin beralih dari penggunaan layar mode horisontal atau vertikal. Kedua mode ini bisa dipadukan dengan dudukan laptop yang disebut Expert Stand,” kata Product Manager Notebook Commercial Asus Indonesia, Verry Zhu di kesempatan yang sama.

Harga Asus ExpertBook B3000

Fitur pendukung lain yang ada di Asus ExpertBook B3000 mencakup Asus WiFi Smart Connect yang bisa mencari jaringan hotspot terkuat yang paling dekat, hingga Asus two-way AI Noise Cancelling Technology yang berguna untuk meredam suara bising di sekitar pengguna, ketika melakukan panggilan video.

Ada pula dukungan baterai dengan kapasitas 38 Whrs yang diklaim tahan seharian, satu buah konektor USB 3.2 Gen 2 Type-C, satu buah jack audio 3,5 mm, kamera selfie 5 MP, kamera belakang 10 MP, serta sistem operasi (OS) Windows 11 Home in S Mode yang dilengkapi dengan aplikasi Microsoft Office 365.

Bagaimana dengan harga Asus ExpertBook B3000? Di Indonesia, Asus ExpertBook B3000 dijual dengan harga Rp 6.999.000.

Laptop pertama dengan chip Snapdragon ini sudah bisa didapatkan secara offline dan online mulai hari ini di sejumlah toko mitra Asus di seluruh Indonesia.

Harga jual tersebut sudah termasuk aksesori pena digital (Stylus), dudukan Stand Cover yang berguna untuk sandaran layar ketika dipakai dalam mode laptop, serta garansi 1 tahun Asus Expert Warranty.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!