“Kris” atau “Kiyuris”?, Ini Cara Membaca QRIS yang Benar!

“Kris” atau “Kiyuris”?, Ini Cara Membaca QRIS yang Benar!

tribunwarta.com – Indonesia punya sistem pembayaran yang saling tersambung yakni QRIS atau QR Indonesian standard yang dibuat oleh Bank Indonesia (BI).

Namun sering menjadi perdebatan di kalangan netizen bagaimana pengucapan QRIS yang benar. Ada yang menyebut QRIS jadi ‘kiyuris’, ‘kiris’ atau Oris.

Kepala Grup Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran (DKSP) BI, Fitria Irmi Triswati mengungkapkan pengucapan QRIS ini adalah Kris.

“Pengucapan QRIS yang benar adalah ‘KRIS’ bukan kiyuris, kiris atau Oris ya,” kata Fitria, dikutip dari Detikcom, Senin (28/11/2022).

QRIS ini diluncurkan oleh BI dan asosiasi sistem pembayaran Indonesia (ASPI) dan lembaga jasa keuangan pada 17 Agustus 2019 lalu.

Kala itu Gubernur BI Perry Warjiyo mengungkapkan QRIS ini memiliki tujuan untuk efisiensi transaksi, percepatan inklusi keuangan, memajukan UMKM yang bisa mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Perry menjelaskan QRIS adalah transaksi QR asli Indonesia. “Pertanda Indonesia negara maju modern akan lebih berpendapatan tinggi, suatu standar yang diterapkan secara nasional. Yang disebut QRIS Unggul,” ujarnya.

QRIS mengusung semangat UNGGUL yang mengandung makna UNiversal, GampanG, Untung, dan Langsung.

Masyarakat bisa menggunakan QRIS secara nasional akan berlaku efektif mulai 1 Januari 2020. Hal tersebut dilakukan dengan maksud memberikan masa transisi persiapan bagi Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!