JD.ID Disebut Mau Dijual, Kalah Saing Lawan Tokopedia-Shopee?

JD.ID Disebut Mau Dijual, Kalah Saing Lawan Tokopedia-Shopee?

tribunwarta.com – Perusahaan e-commerce JD.id kabarnya akan dijual. Menurut sebuah informasi, JD.com tengah mencari investor untuk mengambil saham bisnisnya di Indonesia itu.

Bukan hanya di Indonesia, JD.com juga dilaporkan akan keluar dari pasar Thailand. Di kedua negara, JD.com melakukan usaha patungan yakni dengan Provident Capital Partners untuk Indonesia dan JD Central Thailand bersama dengan Central Group.

Sumber menyebutkan alasan JD.com menjual bisnisnya di Indonesia dan Thailand. Salah satunya adalah mengurangi kerugian dari dua negara tersebut.

Selain itu, JD.com juga punya rencana untuk memperkuat operasional pasar dalam negerinya, dikutip dari SCMP, Kamis (1/12/2022).

Sumber tersebut juga mengatakan JD menghadapi tantangan pertumbuhan penjualan di Indonesia dan juga Thailand. Hal tersebut ternyata telah terjadi dalam beberapa tahun terakhir.

JD.com, Provident Capital dan Central Group tidak segera menanggapi permintaan untuk mengomentari laporan tersebut.

Keluarnya JD.com dari dua negara menjadi pertanda melambatnya pertumbuhan di industri e-commerce. SCMP menyebutkan alasannya karena peningkatan biaya hidup.

Pendiri dan kepala eksekutif Momentum Works, Jianggan Li mengatakan konsumen Asia Tenggara sedang berhemat. Ini disebabkan karena dolar AS yang menguat membuat mata uang lokal menjadi rugi dan pada akhirnya menyebabkan kenaikan harga produk impor dan bahan bakar.

Masalah ekonomi juga membuat perusahaan melakukan PHK pada lebih dari 200 orang, ungkap seorang karyawan. Selain itu perusahaan juga melakukan penekanan biaya dan membekukan perekrutan.

Pegawai tersebut juga menyatakan adanya penjualan stagnan terkait kampanye tidak efisien yang dilakukan perusahaan saat pandemi. Perusahaan juga dinilai melakukan pendekatan tidak tepat pada bisnis lokalnya.

Li menjelaskan banyak keputusan berdasarkan praktik pasar China, yang sayangnya tidak selalu berjalan di lokal.

Berdasarkan data iPrice, JD.ID kini e-commerce dengan trafik terbesar ke-10 di Indonesia. Selain Tokopedia, Shopee, dan Blibli di tiga besar, situs dan aplikasi lain seperti Klik Indomaret, Zalora, dan Orami juga ada di atas JD.ID.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!