Ingat, Mau Akuisisi Zipmex dan Tokocrypto Harus Izin Bappebti

Ingat, Mau Akuisisi Zipmex dan Tokocrypto Harus Izin Bappebti

tribunwarta.com – Dua perusahaan kripto Zipmex dan Tokocrypto dikabarkan akan diakuisisi. Perusahaan yang melakukan aksi akuisisi harus mengajukan persetujuan kepada Bappebti jika ada perubahan dalam pemegang saham atau pengurus.

Exchanger atau pedagang aset kripto maksudnya, ya diajukan ke Bappebti untuk disetujui kalau perubahan pemegang saham dan/atau pengurus, sesuai Perba baru no. 13/22, dirut wajib WNI [Warga Negara Indonesia], dan direksi/komisaris itu 2/3-nya harus WNI juga,” kata Kepala Biro Pembinaan dan Pengembangan Perdagangan Berjangka Komoditi Bappebti, Tirta Karma Senjaya kepada CNBC Indonesia, Rabu (7/12/2022).

Zipmex sebelumnya sempat menghentikan pencairan dana oleh nasabah. Ini dikarenakan perusahaan mengalami masalah pada arus kas.

Di tengah masalah tersebut, perusahaan modal ventura Thailand bernama V Ventures dilaporkan mengakuisisi Zipmex. Dalam laporan Bloomberg disebutkan pemegang saham Zipmex setuju menjual 90% kepemilikan bandar kripto pada V Ventures.

Coin Telegraph mencatat nilai akuisisi tersebut mencapai US$100 juta. Pembelian saham dilakukan dengan aset kripto dan uang tunai, dan menurut dokumen pengadilan di Singapura terbagi atas US$30 juta uang tunai dan sisanya aset kripto.

Sementara itu, Tokocrypto dilaporkan akan diakuisisi oleh Binance. Tech in Asia berdasarkan informasi dari sumber melaporkan hal tersebut.

Dalam laporan tersebut juga dikatakan CEO Tokocrypto Pang Xue Kai akan lengser dari posisinya setelah akuisisi selesai dilakukan. Aksi tersebut juga berpotensi adanya pemutusan hubungan kerja (PHK).

VP Corporate Communications Tokocrypto, Rieka Handayani mengatakan bahwa Tokocrypto tidak bisa memberikan komentar atas rumor dan spekulasi yang beredar.

“Saat ini Binance merupakan salah satu investor Tokocrypto yang telah bergabung sejak tahun 2020 yang bersama-sama mengembangkan perusahaan dan turut membangun industri aset kripto di Indonesia,” katanya dalam pernyataan kepada CNBC Indonesia, Rabu (7/12/2022).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!